≡ Menu

Inilah Aplikasi Recycle Bin untuk Android

Recycle Bin biasanya akan ditemukan pada perangkat PC yang digunakan sebagai wadah semua jenis berkas yang telah dihapus dan fitur tersebut digunakan layaknya sebuah sampah atau sama seperti fitur trash yang ada pada kebanyakan email. Sangat disayangkan karena fitur Recycle Bin tersebut masih tidak tersedia untuk smartphone Android saat ini dan harus menggunakan bantuan dari sebuah aplikasi untuk melakukannya. Ada satu aplikasi yang bisa menjadi sebagai wadah sampah dan tidak perlu akses root untuk menggunakannya. Mungkin jika pengguna mencoba untuk mencari aplikasi Recycle Bin di Play Store akan tersedia sangat banyak sekali, namn aplikasi yang akan Saya bagikan ini berbeda.

Nama dari aplikasi ini adalah Dumpster. Memiliki tampilan hijau dan digunakan khusus untuk mengembalikan file yang terhapus atau sekedar digunakan sebagai sampah dan bisa mengatur schedule waktu penghapusan otomatis. Aplikasi ini akan selalu berjalan pada latar belakang dan tidak perlu khawatir karena ukuran dari aplikasi ini tergolong kecil dan tidak membuat ponsel menjadi lambat. Pada setiap model penghapusan file, pasti dumpster akan mendeteksi dan layaknya langsung memindahkannya ke tempat yang baru dan jika dilihat lebih teliti, sepertinya Dumpster hanya menyembunyikan file sementara hingga file tersebut dihapus otomatis atau secara manual.

Pada Dumpster juga diberikan fitur premium yang bisa melakukan sinkronisasi pada penyimpanan cloud dan tentunya ini bukan ide yang bagus karena setiap file yang dihapus akan dilakukan upload pada jaringan saat ini. lalu fitur premium yang pastinya diminati oleh banyak orang adalah fitur untuk mengunci aplikasi, jadi hanya pemilik ponsel yang bisa membuka aplikasi Dumpster dan mengelola file yang telah dihapusnya. Tidak semua format bisa dicekal oleh Dumpster dan hanya format file yang telah dituliskan pada pengaturan saja dan tidak perlu khawatir karena semua format file sudah terlihat sangat lengkap.

Misalnya pengguna pernah kehilangan file secara tiba-tiba, baik itu terkena virus atau tidak sengaja, pasti akan selalu terdeteksi dengan Dumpster. Jika pada ponsel yang tidak memiliki ijin root kemungkinan aplikasi Dumpster terkadang akan hilang pada latar belakang dan harus dibuka kembali suatu waktu, terkadang hilang sendiri pada ponsel yang memiliki ram 512Mb. Saya sendiri telah menggunakan Dumpster dan terbukti bisa mendeteksi segala aktivitas yang dihapus, baik itu dari Gallery, Video Player, File Manager, atau bahkan ketika mencopot pemasangan sebuah aplikasi. Berikut ini gambaran dari aplikasi Dumpster.

Dumpster - Aplikasi Recycle Bin untuk AndroidDumpster - Aplikasi Recycle Bin untuk AndroidDumpster - Aplikasi Recycle Bin untuk AndroidDumpster - Aplikasi Recycle Bin untuk Android

Sangat sederhana dan mudah untuk digunakan. Terdapat iklan kecil dibagian bawah dan itu tidak terlalu mengganggu dan apabila ingin menghilangkan iklan tersebut cukup melakukan membeli versi premium pada pengaturan. Banyak yang mengatakan bahwa file yang dulu pernah terhapus, maka ketika memasang Dumpster ini filenya bisa kembali lagi, dan tentu saja hal tersebut tidaklah nyata karena Dumpster hanya akan bekerja ketika telah dipasang saja. Aplikasi ini memiliki rating yang tinggi yaitu 4.1, dibanding aplikasi Recycle Bin yang lainnya, Dumpster jauh lebih baik dan memiliki fitur yang cukup banyak. Untuk mengunduhya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Aplikasi Dumpster membutuhkan Android versi 2.3 keatas, memiliki ukuran sekitar Mb. Untuk file sejenis video dan foto, pengguna bisa melakukan review terlebih dahulu sebelum ingin megembalikannya, jadi Dumpster akan memberikan sebuah slider yang akan menampilkan foto tersebut dan detailnya secara lengkap. Untuk mengembalikan banyak file juga bisa dilakukan sekali tekan, tentu ini akan memudahkan sekali ketika pengguna tidak sengaja menghapus banyak file. Koneksi internet pada aplikasi ini sama sekali tidak dibutuhkan kecuali membeli versi premium dan suatu saat aplikasi ini akan bisa menyadangkan data dari SMS yang terhapus dan Nomor Telepon yang terhapus, fitur tersebut akan hadir pada versi yang akan datang.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment