≡ Menu

Fitur Baru Browser Opera pada PC

UC Browser Animation

Opera saat ini menjadi salah satu browser yang paling ringan dibanding yang lainnya. Dibanding dengan Mozzila ataupun Chrome, Opera jauh lebih ringan ketika diakses walaupun pada PC dengan spesifikasi rendah. Opera saat ini masih menjadi browser Chromium, layaknya UC Browser juga sama, namun Opera memiliki perbedaan tersendiri dan itu ada pada fiturnya. Mengetahui bahwa program Opera selalu memperbarui tanpa mengirimkan notifikasi, ini membuat beberapa pengguna akan bingung ketika mengalami keanehan yang ada ketika mengunjungi suatu website, dan versi terbaru ini terdapat perbedaan pada sebuah font, dan pengguna bebas memilih font yang disukai.

Dulu, browser Opera sangatlah sederhana dan memiliki fitur yang sedikit, akan tetapi sekarang ini telah dilakukan pembaruan hingga versi 37.0.xx dan terus diperbarui untuk ditambah fitur yang lebih banyak. Salah satu fitur terbaru yang disukai oleh banyak orang termasuk Saya sendiri adalah Live Wallpaper, jadi pengguna tidak akan bosan menggunakan Opera karena disediakan banyak sekali wallpaper HD yang bisa bergerak. Pada bagian navigasi juga telah disematkan fitur news yang membuat pengguna terus melihat informasi terbaru dan tidak akan pernah ketinggalan update dari sosial media.

Ada banyak sekali topik berita yang bisa dipilih, begitu pula dengan negara yang bisa diubah, memungkinkan pengguna bisa menelusuri setiap informasi berita pada negara tertent. Fitur news tersebut bisa ditampilkan langsung ataupun disembunyikan pada sebuah menu pada sidebar. Untuk bagian Extension masih tetap sama penempatannya dan seluruh Extension Chrome juga bisa dipasang pada Opera. Kembali lagi pada bagian tema atau wallpaper, pengguna bisa membuat sendiri wallpaper dengan gambar yang sudah disiapkan dan sebagai saran adalah dengan resolusi full HD supaya lebih terlihat bagus dan tidak buram.

Kurang lebih sudah 2 tahun Saya menggunakan Opera dan tidak pernah mengalami kesalahan apapun dan tetap nyaman menggunakannya, jadi ketika Saya menggunakan Opera ini dan melakukan multitasking dengan program ukuran besar sejenis Photoshop dan memutar video pada VLC masih berfungsi dengan baik tanpa ada lag meski RAM yang Saya gunakan hanyalah 2GB. Untuk fitur download masih sama sejak dulu dan belum ada perkembangan untuk membuatnya lebih baik lagi, untuk itulah mengapa banyak orang yang menggunakan IDM pada seluruh browser karena fitur download yang ada di semua browser masih tidak memiliki fitur yang lebih banyak. Berikut ini beberapa fitur baru yang ada pad Opera 37.0.xx.

  1. Penambahan Wallpaper dan Live Wallpaper – Jika dulunya Opera hanya menampilkan wallpaper sederhana saja, tapi sekarang pengguna bisa menggantinya dengan Live Wallpaper atau bisa dikatakan gambar yang bisa bergerak dan pengguna bisa mendapatkan itu langsung pada menu Theme yang ada pada Opera. Terdapat banyak sekali gambar HD dan untuk satu gambar kemungkinan bisa mencapai 1Mb keatas.

    Fitur Baru Opera pada PC

  2. Menyesuaikan Font Sendiri – Sekarang pengguna bisa menyesuaikan sendiri font yang tampil pada website sesuai keinginan, namun tidak semua website bisa berganti fontnya, karena banyak sekali website yang menggunakan font sendiri langsung dari template, sedangkan Opera hanya bisa mengganti beberapa font pada website yang tidak menerapkan font sendiri. Jika belum mengetahui apa itu font? Font adalah tulisan.

    Fitur Baru Opera pada PC

  3. Memisah Video – Dengan fitur yang dinamakan “Detached video” ini pengguna bisa mengatur segalanya yang ada pada video tersebut. Contohnya melebarkan mengecilkan dan lain-lain. Fitur ini akan tampil pada bagian atas ketika video sedang diputar, ketika kursor ada pada video maka akan tampil tombol kecil dibagian tengah atas dan kegunaannya untuk memisah video. Ini sangat cocok pada website yang memberikan frame ukuran kecil pada video, jadi pengguna bisa melebarkannya dengan fitur ini.

    Fitur Baru Opera pada PC

  4. AD Block – Jika sebelumnya Opera hanya memberikan fitur untuk memblokir iklan popup saja, tapi sekarang sudah dibenamkan fitur AD Block yang bisa memblokir seluruh konten iklan supaya menelusuri website dengan cepat. Fitur AD Block ini bisa dihidupkan ataupun dimatikan pada pengaturan Privacy dan itu adalah hak setiap pengguna. Jika dilihat lebih lanjut, AD Block yang ada pada pengaturan Opera ini masih perlu gabungan dengan Extension ADBlock Plus supaya lebih benar dalam memblokir iklan ganda.

    Fitur Baru Opera pada PC

  5. Bentuk Navigasi Baru – Sekarang pengguna bisa mengatur bentuk navigasi supaya terlihat lebih rapi dari sebelumnya. Seperti menghilangkan tombol Add a Site, tidak menampilkan History, Bookmark dan lain-lain. Pada pengaturan Navigasi juga disediakan fitur untuk mengganti wallpaper secara langsung, jadi pengguna tidak perlu menuju pengaturan lagi apabila ingin mengganti wallpaper secara cepat.

    Fitur Baru Opera pada PC

Sebenarnya masih ada fitur lagi yang belum disebutkan diatas, namun sayangnya fitur tersebut masih belum sepenuhnya mendukung untuk diaktifkan. Jadi pada perbaruan yang akan datang akan disediakan fitur VPN langsung dari pengaturan yang menggunakan website SurfEasy milik Opera. Dengan begitu pengguna bisa menjelajahi internet dengan aman tanpa khawatir ada yang mengintip. VPN ini sangat diperlukan sekali bagi pengguna yang tiap harinya menggunakan jaringan WiFi, sebab pada jaringan tersebut bisa dilakukan penyadapan yang membuat pengguna kecurian suatu data ketika membuka sosial media maupun akun penting.

Dengan bantuan VPN juga bisa memanipulasi lokasi saat ini menjadi pada luar negri, tentu dengan begitu privasi pengguna akan aman dan tidak ada yang bisa melacak meski itu sebuah alat tracker yang ada pada website. Tapi jika pengguna tidak ingin menunggu fitur ini dan ingin mencobanya sekarang ini juga bisa, dan yang diperlukan hanya menuju halaman extension Opera dan memasang SurfEasy. Memang pada dasarnya proses extension ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang fitur pada pengaturan langsung, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba dan menunggu hingga fitur VPN ini telah tersedia pada perbaruan yang akan datang.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Banner Bawah Artikel

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • Muzaku May 22, 2016, 3:00 pm

    fitur baru untuk memblokir semua jenis konten iklan ini pasti akan sangat membantu sekali, menginggat banyak banget iklan mengganggu yang ada di situs-situs website 😀

Leave a Comment