≡ Menu

Cara Merentangkan Video Pas ke Layar pada PC

Ada banyak hal yang bisa membuat pengguna ketika memutar sebuah video menjadi nyaman, dan itu tergantung dari alat yang digunakan dan kualitas video yang diputar. Semakin bagus kualitas video, maka pengguna bisa menontonnya dengan sangat nyaman tanpa ada masalah apapun. Ada berbagai macam program untuk PC yang dapat memutar sebuah video dengan berbagai macam opsi. Kebanyakan orang pastilah memiliki satu program yang digunakan terus menerus dan sudah menjadi layaknya teman tanpa ingin menggunakan program yang lainnya, contohnya pengguna yang telah menggunakan VLC Player untuk pertama kalinya, pasti akan terasa tidak nyaman ketika ingin mengganti ke program yang lainnya.

Pada dasarnya, semakin bagus kualitas video maka semakin tinggi pula ukuran yang ada pada berkas file tersebut. Contohnya pada kualitas video full HD 1080p dengan tambahan Dual Audio + Dolby Digital, tentu ukurannya bisa lebih dari 10Gb. Kebanyakan orang yang hoby menonton film biasanya mulai menabung untuk membeli sebuah perlengkapan untuk menonton supaya lebih nyaman dan layaknya pada bioskop, dan salah satu hal yang paling banyak dilakukan orang adalah membeli Headset yang cocok, Monitor yang lebih besar, dan tidak terlupakan adalah menyiapkan program untuk menonton supaya lebih mudah mengoperasikan segalanya.

Pada program VLC Player, meski memiliki pengaturan yang sangat banyak sekali termasuk bisa mengalihkan sendiri equaliser yang ada namun masih tidak bisa merentangkan ukuran video untuk pas ke layar layaknya MX Player yang ada di Android. Ada banyak cara untuk merentangkan video supaya pas ke layar, jika pada VLC Player mengharuskan untuk melakukan crop pada video tersebut, tentu itu bukan hal yang bagus karena seluruh video tidak akan kelihatan. Tapi apakah ada sebuah program di PC yang bisa digunakan untuk merentangkan ukuran video? Jawabannya adalah tentu ada, dan itu adalah KMPlayer.

KMPlayer adalah sebuah program pemutar video yang cukup populer dan bahkan bisa digunakan untuk menonton film 3D dengan bantuan program ini. Pada pengaturannya, KMPlayer tidak kalah banyak dengan VLC dan soal merentangkan video pas ke layar, pastinya KMPlayer bisa melakukan hal tersebut dengan sangat mudah. Jika pengguna pernah mengunduh sebuah film dengan resolusi 1080p, terkadang video yang dihasilkan tidak bisa pas ke layar, tapi itu juga tergantung dari resolusi pada bagian height, jika diatas 800 pasti bisa pas ke layar. Berbeda lagi jika mengunduh sebuah film seri TV sejenis Flash, Arrow, dan sebagainya pasti ukurannya sudah disesuaikan sebagai ukuran HDTV, jadinya akan pas ke layar. Berikut ini tata cara merentangkan resolusi video supaya bisa pas ke layar menggunakan KMPlayer, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan putar video melalui KMPlayer, apabila masih tidak memiliki KMPlayer, silahkan unduh pada bagian bahwa artikel ini.
  2. Jika sudah membuka KMPlayer dan memutarv videonya, selanjutnya silahkan klik kanan pada mouse dan klik pada menu Screen Control.

    Merentangkan Video pas ke layar dengan KMPlayer

  3. Akan ada beberapa submenu lagi dan pilih pada Keep 1.78:1 (16:9 HDTV) dan seketika video akan menjadi pas ke layar.

    Merentangkan Video pas ke layar dengan KMPlayer

  4. Untuk mengembalikannya cukup mudah, pada bagian submenu tadi, silahkan pilih Do Not Keep Ascpect Ratio dan resolusi video akan kembali seperti semula.

    Merentangkan Video pas ke layar dengan KMPlayer

Pada KMPlayer juga bisa mengatur sendiri lebar dan panjang video sesuka hati, juga bisa melakukan crop video jika memang diinginkan. Sudah banyak sekali orang yang menggunakan KMPlayer sebagai Video Player default dan Saya sendiri juga memakainya hingga sekarang ini. Ada banyak keunggulan yang ada di KMPlayer yang mungkin tidak banyak diketahui, untuk itu, silahkan coba menggunakan KMPlayer ini dan atur segalanya yang ada di video dengan lengkap tanpa ada fitur yang kurang.

KMPlayer Bisa diunduh langsung dari website KMPlayer.com dan semua PC bisa menggunakannya. Sekarang pastinya pengguna sudah bisa terbantu dengan KMPlayer dengan menonton video dengan ukuran pas ke layar. Tapi perlu diketahui juga bahwa tinggi video secara otomatis akan menambah dan bisa jadi semua orang yang ada di video akan terlihat kurus. Jadi sebagai saran Saya, silahkan atur widht dan height pada bagian custom aspect, dengan begitu resolusi video bisa dilihat dengan aturan pengguna sendiri dan buatlah senyaman mungkin.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment