≡ Menu

Cara Mengatasi Foto Tidak Tampil pada Gallery

Gallery Menu pada Android

Gallery yang ada di ponsel Android bisa digunakan untuk menyimpan 2 jenis media diantaranya adalah foto dan video. Semua konten yang ada pada Gallery tersebut didapatkan dari penyimpanan, baik itu dari internal maupun external semuanya digabung menjadi satu. Setiap orang pastilah memiliki sebuah foto pada ponselnya dan foto tersebut pasti akan tampil pada Gallery walalupun ada di folder manapun, kecuali jika folder diatur untuk disembunyikan, tentu hal tersebut mempengaruhi proses index sistem yang mengakibatkan tidak bisa menelusuri folder tersebut dan melakukan skip ke folder yang lain.

Tidak banyak orang yang mengalami konten di Gallery tidak muncul, dan hal ini tidak hanya disebabkan oleh folder yang tersembunyi tidak sengaja atau disembunyikan, tapi hal ini biasa ada kaitannya dengan ponsel Android yang telah dilakukan root. Secara harfiah ponsel yang telah dilakukan root akan terbuka seluruh sistem yang bisa diubah-ubah oleh pengguna, dan salah mengubah sedikit pasti akan berpengaruh pada ponsel dan bisa-bisa mengalami soft brick. Tapi jika ini berpengaruh pada konten di Gallery yang tidak muncul berarti memang ada masalah pada beberapa hal dan ini mengacu pada sistem.

Kebanyakan orang pasti khawatir jika ponselnya tidak bekerja dengan normal seperti yang diinginkan, dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah melakukan reset factory, dimana seluruh data dan setelan ponsel akan kembali seperti ponsel baru. Namun saat ini pengguna tidak perlu lagi cemas jika masalah hanya ada di konten yang tidak muncul pada Gallery dan beberapa hal yang Saya maksud tadi, salah satunya sudah Saya sebutkan yaitu folder yang tersembunyi, lalu terdapat file yang membuat proses index gagal, dan yang paling salah dinonkatifkan oleh pengguna advanced, dengan maksud sudah mengerti mengoprek ponsel, yaitu menonaktifkan proses scanner dari media.

Memang ada aplikasi yang bisa membantu untuk itu, dan aplikasi ini bisa digunakan untuk ponsel yang belum diroot, jadi sangat aman untuk digunakan. Tidak pelru khawatir lagi tentang konten yang tidak muncul, sebab aplikasi ini sudah berfungsi dengan baik seperti yang Saya coba dan meski ponsel telah diroot, aplikasi ini tidak pernah meminta perijinan root. Nama dari aplikasi ini adalah media Re.Scan. Saat ini Saya tidak akan membagikan review tentang aplikasi scanner tersebut dan lebih mementingkan cara yang lengkap untuk mengatasi foto atau video yang tidak tampil pada Gallery. Silahkan simak beberapa caranya dibawah ini.

  1. Cek File/Folder Tersembunyi – Pengguna bisa mengecek menggunakan aplikasi sejenis ES File Manager atau X-Plore untuk mengetahui seluruh file dan folder yang tersembunyi. Jika benar file konten tersembunyi, berarti pengguna cukup mengubah perijinan atau chmod dari file tersebut menjadi 644 dan apabila folder yang mencakup seluruh konten itu tersembunyi, silahkan atur chmod menjadi 755.
  2. Hapus File Bernama .nomedia – File tersebut yang mengakibatkan proses index gagal oleh sistem, karena sistem mematuhi file format .nomedia yang tidak akan bisa mengindex seluruh folder itu oleh penyimpanan media. Dengan menghapusnya, proses index akan berjalan lagi dengan baik tanpa ada pengecualian.
  3. Mengaktifkan .MediaScannerService – Biasanya hal ini terjadi pada pengguna yang menggunakan aplikasi untuk mengaktifkan wakelock seperti Amplify, silahkan matikan untuk “com.android.providers.media/.MediaScannerService” dan setelah itu lakukan reboot ponsel.
  4. Menggunakan Aplikasi media Re.Scan – Cara terakhir adalah menggunakan aplikasi kecil ini untuk menyuruh sistem untuk melakukan scan pada seluruh penyimpanan, jadi pengguna cukup membuka aplikasi dan memilih konten apa yang ingin dilakukan scan, misalnya gambar, jadi centang bagian Image dan klik tombol “Start Mediascan” dan tunggu hingga memuat selesai.

Hanya 4 cara saja sudah bisa mengatasi konten yang tidak muncul pada Gallery dan Saya lebih menyarankan untuk menggunakan cara dari atas apabila ponselnya telah dilakukan root, namun jika ponselnya merasa belum diroot silahkan coba langsung cara ke empat, karena sangat jarang sekali ponsel yang belum diroot konten pada Gallery tidak tampil. Biasanya membutuhkan proses beberapa detik setelah sebuah konten dibuka, misalnya foto atu video dan setelah dibuka akan tampil pada Gallery kecuali folder yang menyimpan file tersebut memiliki file bernama .nomedia tentunya tidak akan bisa tampil meski menunggu sangat lama.

Pengguna bisa mencari aplikasi media Re.Scan pada Play Store dan aplikasi tersebut memiliki ukuran kecil serta gratis, ditambah tampilan dalam yang sederhana membuat pengguna akan mudah mengoperasikannya. Dan untuk bagian ketiga mungkin tidak perlu dijelaskan karena pengguna yang telah sering mengoperasikan ponsel yang telah diroot pasti akan mengerti cara mengaktifkan atau menonaktifkan proses service tersebut, sebab jika proses itu dinonaktifkan maka media storage atau penyimpanan media tidak akan bisa melakukan scan terhadap segala konten termasuk musik dan lain-lain. Memang ada banyak aplikasi Gallery lain yang memiliki fitur terbaik dan tidak butuh untuk melakukan scan, namun bagaimanapun juga aplikasi Gallery yang ada di sistem meski sangat sederhana tapi jauh lebih berarti dibanding yang lainnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment