≡ Menu

Tips Mengatasi Tidak Bisa Terhubung ke Jaringan WiFi

Atasi WiFi yang sulit terhubung

Membahas tentang koneksi jaringan memang selalu ada kesalahan, bisa dari perangkat ataupun jaringan itu sendiri dan bukan hanya sekedar jaringan seluler saja yang memiliki banyak masalah, namun jaringan WiFi juga memiliki permasalahan dan untuk megatasinya memang tidak dilakukan dengan satu cara saja. Penduduk di Indonesia saat ini sedang dihebohkan dengan koneksi fiber optik 4G yang menyebar lebih banyak seiring berganti tahun. Dan saat ini koneksi 4G sudah bisa ditemukan di beberapa wilayah salah satunya pusat kota. Ditambah banyak sekali semacam MiFi yang bisa menyalurkan koneksi 4G dan dengan begitu pengguna bisa mengakses internet tanpa takut terputus jaringannya.

Pengguna yang menggunakan WiFi terkadang berfikir tentang ponsel yang dipakai saat ini seolah terdapat perubahan yang ada pada suhu ponsel tersbeut. Jadi misalkan pengguna memakai koneksi jaringan seluler untuk membuka internet, suhu pada ponsel lama-kelamaan akan panas dan bisa jadi ini karena faktor signal juga atau kecepatan dan tida semua ponsel mengalami suhu yang naik apabila dilakukan koneksi ke jaringan seluler. Namun jika pengguna menggunakan jaringan WiFi, suhu yang ada pada ponsel tetap stabil atau bisa dikatakan hangat saja dan tidak terlalu panas meski dipakai sambil memainkan game.

Mengetahui bahwa koneksi WiFi ini terbilang stabil, maka tidak akan rugi jika pengguna menggunakan WiFi ketimbang jaringan seluler. Karena paket internet lebih mahal ketimbang WiFi yang tanpa batas kuota dan dengan begitu pengguna bisa melakukan browsing atau download sepuasnya pada semua situs web yang ada di internet. Yang dibutuhkan dalam memasang WiFi hanyalah router dan modem saja, tapi jangan harap dengan adanya WiFi menjamin bahwa koneksi akan tetap stabil dan tidak ada masalah, karena ada masalah yang banyak dialami pengguna lain salah satunya Saya sendiri dan hal tersebut ada kaitannya dengan 2 hal, yaitu perangkat atau router itu sendiri.

Salah satu masalah yang timbul adalah tidak bisa menghubungkan ke Access Point yang ada meski sudah dilakukan input ulang kata sandi dan hanya menampilkan teks “Disimpan”. Hal ini memang tida sering terjadi, karena Saya sendiri baru mengalami setelah menggunakan WiFi selama setahun dan untuk mengatasinya sendiri ada beberapa cara unik dan pengguna tidak perlu melakukan reset karena yang diperlukan hanyalah melihat kondisi pada router atau perangkat yang dihubungkan. Disini Saya akan membagikan cara untuk mengatasi maslah tersebut dengan mudah dan untuk itu jangan melakukan factory reset supaya tidak perlu mengatur kembali setelan yang ada. Berikut ini caranya.

  1. Restart Perangkat – Bisa jadi permasalahan ada pada perangkat yang memungkinkan masih menyimpan cache pada WiFi yang digunakan saat ini yang mengakibatkan gagal untuk terhubung, jadi silahkan coba untuk melakukan restart perangkat tersebut dan mencoba hubungkan kembali.
  2. Restart Router – Jika dengan melakukan restart perangat masih tidak ada hasil, silahkan coba untuk melakukan restart pada router. Siapa tahu terdapat kesalahan pada router yang mengakibatkan perangkat tidak bisa terhubung.
  3. Restart Adapter – Khusus untuk PC, silahkan coba dengan melakukan restart adapter WiFi yang digunakan saat ini, berguna layaknya melakukan penyegaran atau refresh ulang sehingga akan mudah terhubung ke jaringan tanpa ada hambatan.
  4. Diagnosa Jaringan dari Perangkat – Khusus untuk perangkat PC, silahkan coba untuk mendiagnosa kesalahan pada koneksi saat ini. Untuk melakukannya silahkan hubungkan ke jaringan WiFi dan tunggu hingga tampil pesan error dan klik pada menu Troubleshoot problems. Maka akan tampil kesalahan dari perangkat atau router.
  5. Ketahui Kesalahan yang Tampil – Ada beberapa kesalahan yang akan tampil pada beberapa perangkat, misalnya setelah muncul “Mendapatkan alamat IP” lalu tiba-tiba status berganti “nonaktif” Itu pertanda bahwa router telah difilter. Atau muncul notif “Security key mismatch” atau “Masalah autentikasi” itu pertanda kata sandi yang dituliskan salah.
  6. Sambungkan dengan Kabel LAN – Ini adalah cara terkahir apabila semua diatas tidak bisa mengatasinya, yaitu dengan mencoba dengan meyamungkan perangkat dengan kabel LAN dan silahkan lihat apakah koneksi bisa terjalin atau tidak. Apabila bisa terhubung, silahkan diagnosa langsung dari setelan router.

Memang rumit melihat mana yang memiliki kesalahan, apakah itu dari router atau dari perangkat, dan cara diatas Saya sarankan dilakukan dari yang paling atas. Berbeda jika masalah timbul ketika telah terhubung ke WiFi namun tidak terjalin koneksi internet dan salah satu mengatasinya yang paling ampuh adalah dengan melakukan ping pada IP saat ini atau menuju IP Gateway. Tapi gawat juga apabila IP tidak tampil dan memungkinkan terdapat orang lain melakukan flood ping atau memotong jaringan ke IP yang pengguna pakai saat itu memungkinkan perangkat tidak kuat untuk melakukan ping ke server dan terjadilah down. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 4 comments… add one }
  • ica November 23, 2017, 2:41 pm

    Ka ko wifi aku dihandphone vivo saya kan mau mengirim lewat ShareIt tapi gabisa terhubung dan setiap kali saya mau pakai wifi gabisa kira” kenapa ya ka?

    • rrobyf November 24, 2017, 10:43 am

      Bisa jadi hal tersebut dikarenakan kesalahan pada sistem ROM. Cobalah untuk melakukan flashing pada ponselnya.

  • Fitry October 3, 2017, 10:22 am

    Kak aku punya masalah jaringan wifi di hp Android xiaomi,yaitu wifi tidak bisa terhubung walaupun sandi ya sudah las dan hanya terdapat tulisan disimpan.. Itu cara agar wanita terhubung bagaimana kak?

    • rrobyf October 3, 2017, 11:59 am

      Yang pertama adalah pastikan signal diatas 1 bar, sebab jika hanya mendapat 1 bar saja maka jangkauan masih kurang. Dan yang kedua adalah pastikan router tidak diatur untuk menyambung dengan metode DHCP manual, dimana setiap pengguna harus mengisikan alamat IP gateway secara manual ketika akan menyambungkan.

Leave a Comment