≡ Menu

MSQRD: Aplikasi Kamera Live Filter dan Face Swap

Ada banyak kegunaan dari kamera depan yang ada di ponsel Android. Salah satunya adalah melakukan komunikasi video call (face to face) dan juga digunakan untuk melakukan selfie. Beberapa waktu yang lalu sudah Saya bagikan sebuah aplikasi yang bisa menggunakan live sticker dengan berbagai keunggulan. Apalagi sticker yang ada sangatlah banyak dan diperbarui setiap minggunya pastilah pengguna tidak akan bosan untuk menggunakan aplikasi itu hanya untuk suka-suka. Tapi yang akan Saya bagikan kali ini bukanlah seperti itu dan jauh lebih baik lagi, karena ini jauh lebih keren dan seperti nyata, tentunya sangat berbeda dengan yang lainnya.

Aplikasi yang akan Saya bagikan kali ini bernama MSQRD yang dalam artinya adalah Masquerade. Tidak hanya sekedar memberi suatu stiker yang berbeda, namun pada aplikasi ini memberikan live filter yang bisa dibilang nyata, sebab gerakan yang ada diwajah juga akan menimbulkan suatu yang berbeda dengan apa yang ada di filter tersebut. Layaknya sebuah topeng nyata dan pengguna juga bisa merekam langsung videonya dan membagikannya ke sosial media seperti Facebook atau Instagram. Bandingkan saja dengan aplikasi Masquerade yang lain, pasti hanya satu ini saja yang memiliki grafik yang nyata dan unik.

Tidak hanya topeng saja yang ada di aplikasi MSQRD, namun 2 orang bisa dilakukan face swap dan hal ini tergolong sangat bagus sekali asalkan penempatan kamera ada di kecerahan yang baik. Sebelum ingin menggunakan aplikasi ini, akan lebih baik meninjau terlebih dahulu apakah kamera depan yang ada di ponselnya saat ini telah mendukung face detection (Deteksi Wajah). Meskipun kamera depan belum mendukung face detection, pengguna masih bisa menggunakan kamera belakang dan kebanyakan kamera belakang dengan resolusi minimal 5Mp telah mendukung face detection. Bagian yang akan diambil dari aplikasi ini hanyalah muka, jadi akan diganti dengan sebuah topeng seperti nyata dan apabila pengguna mencoba menggerakan mulut, maka secara otomatis topeng yang ada di aplikasi ini akan menirukannya.

Telah Saya bandingkan sendiri dengan aplikasi sejenis ini yang ada di Play Store, dan face detection yang dihasilkan jauh lebih baik dan sayangnya hanya untuk 1 wajah saja yang bisa dideteksi. Apabila ingin 2 wajah hanya bisa dilakukan untuk face swap saja. Pada Play Store sendiri, aplikasi MSQRD telah mendapati rating 4.2 dan mungkin terus bertambah, dan jika ditanya kenapa masih belum 4.5 atau lebih meski fitur yang ada sangat bagus? Hal ini dikarenakan topeng atau mask yang disediakan tidak terlalu banyak dan masih terus diperbarui beberapa topeng suatu waktu. Berikut ini beberapa cuplikan gambar dari aplikasi MSQRD.

Aplikasi Live Filter Selfie AndroidAplikasi Live Filter Selfie AndroidAplikasi Live Filter Selfie Android

Menarik sekali bukan? Wajah bisa berubah menjadi muka binatang dan kamera ini bisa digunakan untuk menjahili teman supaya kaget akan rupa wajah yang dihasilkan dari aplikasi yang luar biasa ini. Awal mencoba pasti akan terkesan menarik sekali dan Saya jamin pengguna akan langsung menyukai aplikasi MSQRD. Supaya hasil scan wajah yang dihasilkan lebih baik, Saya lebih menyarankan untuk menggunakan aplikasi ini pada cahaya yang normal, dengan maksud tidak terlalu cerah ataupun gelap supaya aplikasi bisa menampilkan topeng pada area yang benar. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Aplikasi MSQRD membutuhkan Android 4.3 keatas, memiliki ukuran 34Mb, dan tidak membutuhkan data/cache tambahan. Sayangnya aplikasi ini masih tidak mendukung versi Android versi lama yaitu Gingerbread dan ICS, kemungkinan ada suatu program yang membuat crash atau tidak bekerja apabila digunakan pada perangkat dengan OS tersebut. Untuk Android kitkat tentu sudah bisa dan bahkan sudah Saya coba dan hasilnya sangat bagus sekali. Dan layaknya sebuah buffer, pada aplikasi ini juga menggunakan cara seperti untuk membuat gerak wajah dengan topeng menjadi seperti nyata. Coba saja gelengkan kepala dan lihatlah topengnya, pasti akan tetap menyatu dengan wajah layaknya topeng asli. Pakai sekarang juga vitual topeng nyata hanya dengan aplikasi MSQRD.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment