≡ Menu

Cara Perkecil Ukuran Gambar GIF Secara Online

Cara mudah perkecil ukuran gambar GIF

Banyak alasan mengapa orang ingin memperkecil ukuran gambar dari format GIF dan salah satunya yang paling banyak adalah hanya karena digunakan untuk mengunggah gambar GIF tersebut menjadi sebuah foto profil BBM. Pada BBM sendiri hanya memperbolehkan ukuran persegi saja untuk file GIF, sedangkan jika file selain GIF misalnya JPG atau PNG masih bisa menggunakan gambar yang lonjong. Ada beberapa cara untuk membuat ukuran gambar semakin kecil, salah satunya adalah memperkecil resolusi dari gambar itu sendiri. Namun adapula yang lebih sederhana dan proaktis yaitu mengurangi kualitas dari warna gambar yang dimiliki.

Salah satu software untuk mengedit gambar paling baik adalah PhotoShop, memang sangat mudah untuk mengalihkan gambar biasa, namun jika mengalihkan gambar berbentuk GIF yang memiliki banyak frame, ada banyak hal yang harus dilakukan dengan teliti karena cara untuk mengedit gambar GIF pada PhotoShop termasuk rumit. Jadi jika pengguna tidak ingin cara yang rumit, hal tersebut masih bisa dimengerti oleh sebuah alat otomatis yang bisa dilakukan dengan sekali klik saja. Bukan alat yang akan Saya bagikan kali ini, namun sebuah website yang bisa memperkecil ukuran gambar berformat GIF dengan cara yang sangat sederhana.

Jika pengguna membuat file GIF dari sebuah software pastilah memiliki ukuran yang besar seiring banyaknya frame yang ada pada suatu gambar itu, dan untuk mengurangi ukuran yang ada, satu cara yang pasti adalah mengurangi resolusi. Misalnya jika resolusi gambar pada aslinya adalah 300px persegi, maka bisa dikurangi menjadi 200px persegi dan tentu ukuran akan berkurang beberapa persen. Untuk menguranginya lagi bisa mengurangi kualitas warna yang ada. Jadi jika diatur semakin kecil, maka gambar yang dihasilkan akan buram dan bisa saja terdapat glitch yang mengakibatkan gambar tidak terlihat begitu jelas.

Website yang akan Saya bagikan ini sangat spesial untuk file dengan format GIF saja dan memiliki banyak varian untuk memilih kualitas gambar yang dihasilkan. Jadi pengguna tidak hanya mengunggah gambar dan menerima hasilnya saja, melainkan pengguna akan mengunggah gambar dan memilih gambar mana yang akan disimpan sesuai ukuran yang ditampilkan. Ini adalah salah satu situs terbaik dibanding lainnya yang bisa menampilkan hasil lebih dari 1 dan tentunya sangat membantu sekali untuk pengguna yang ingin membuat gambar GIF itu sebagai Display Picture pada BBM. Berikut ini tata caranya.

  1. Pertama – tama silahkan menuju situs web GIF Reducer. Silahkan skrol kebawah dan perhatikan pada bagian kolom untuk mengunggah gambar.
  2. Silahan pilih gambar GIF yang dimiliki atau bisa juga langsung menempel URL dari gambar GIF. Pada bagian “Dithering Option” silahkan pilih sebagai No Dithering, lalu klik Reduce It.

    Cara Memperkecil Ukuran Gambar GIF

  3. Tunggu hingga muncul seperti gambar dibawah ini, kemudian cukup klik pada teks View the reduced images.

    Cara Memperkecil Ukuran Gambar GIF

  4. Maka akan tampil beberapa gambar GIF yang telah dunggah tadi dan dibawahnya terdapat ukuran setelah dilakukan kompressi. Silahan pilih gambar sesuai ukuran yang diinginkan dan untuk menyimpannya, cukup “klik kanan” pada mouse dan klik “Save As”

Mudah sekali bukan? Hanya dengan cara diatas pengguna bisa mendapatkan hasil yang banyak sekaligus hanya dengan sekali klik saja, jadi pengguna tidak perlu mencoba untuk mencoba mengkonversi sendiri yang membutuhkan waktu berlipat-lipat dibanding dengan cara otomatis ini. Semakin besar resolusi gambar jika ukurannya semakin kecil, maka kualitas gambar akan sangat buruk. Namun jika gambar yang kecil memiliki ukuran yang sedikit besar, tentu kualitas gambar tidak akan begitu buruk. Saya sendiri selalu menggunakan website ini untuk mengecilkan ukuran GIF yang terlalu besar dan sekarang giliran pengguna yang akan mencobanya. :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment