≡ Menu

Cara Mudah Konversi Subtitle Secara Online

Subtitle terbagi dalam banyak format dan saat ini terlalu banyak digunakan untuk menerjemahkan sebuah film supaya penonton memahami alur cerita dengan baik. Untuk saat ini format subtitle yang paling banyak digunakan orang adalah SubRip atau memiliki extension SRT. Format tersebut memiliki tampilan rapi dan menggunakan font opsional light dan bukan bold, memungkinkan melihat terjemahan sambil menonton bisa lebih nyaman. Berbeda dengan format lain seperti SUB, SSA, dan lain-lain yang jarang sekali digunakan padahal beberapa orang membutuhkan itu untuk beberapa perangkat karena merasa tidak kompatible dengan format SRT.

Ada berbagai software untuk melakukan edit subtitle dan bisa melakukan konversi dengan baik dan lengkap, salah satunya adalah Subtitle Edit. Namun bagaimana jika saat ini tidak menggunakan PC dan hanya memakai ponsel saja? Apakah mungkin bisa melakukan konversi subtitle dengan mudah dan tanpa sebuah alat yang perlu dipasang? Dan jawabannya adalah tentu saja bisa karena sudah terdapat situs web khusus yang bisa melakukan konversi subtitle dengan baik dan bisa melakukan untuk beberapa format subtitle yang populer digunakan saat ini. Website yang akan Saya bagikan ini berbeda dengan yang lainnya dan sangatlah sederhana dari tampilan dan cara penggunaanya.

Situs web yang akan Saya bagikan ini bernama Subtitle Converter. Persis seperti judulnya bahwa website ini didirikan hanya untuk mengembangkan fitur tersebut dan terbukti bahwa banyak orang yang terbantu melakukan konversi subtitle disitus tersebut karena sangat mudah untuk dilakukan. Meski untuk pertama kalinya mungkin salah dalam menggunakan fitur, namun disini akan Saya bagikan juga cara menggunakan pada website Subtitle Converter tersebut.

Format subtitle yang didukung pada website ini untuk melakukan konversi ialah SRT, STL, SCC, SSA, ASS, dan TTML. Sangat disayangkan bahwa format SUB masih tidak ada, dan pengguna bisa melakukan konversi apapun yang diinginkan sesuai format yang didukung. Selain itu pengguna juga bisa menambah waktu atau menguranginya pada fitur yang sudah disediakan, tentu ini akan membantu pengguna apabila memiliki kesalahan waktu atau tidak selaras dengan apa yang dikatakan karakter pada film yang ditonton. Berikut ini tata cara melakukan konversi pada website Subtitle Converter.

  1. Pertama – tama silahkan buka browser dan menuju website SubtitleConverter.net dan tunggu hingga loading selesai.
  2. Pastikan telah memiliki file subtitle yang hendak di konversi. Apabila sudah disiapkan, pada halaman Subtitle Converter, silahkan klik pada tombol Choose File dan pilih file subtitle yang akan dikonversi. Disini Saya contohkan akan melakukan konversi SRT ke SSA.
  3. Jadi apabila sudah dimasukan filenya, sekarang cukup centang pada format file subtitle saat itu, dan ini masih belum melakukan konversi. Lalu silahkan klik tombol Upload.

    Melakukan Konversi Subtitle Dengan Mudah

  4. Lalu sekarang akan dialihkan ke halaman baru dan sekarang saatnya melakukan konversi. Dan pada bagian “Select your ouput file format”, silahkan pilih format yang ingin dikonversi.. Apabila ingin melakukan konversi ke SSA, silahkan centang juga pada bagian “Transform to .SSA” dan setelah itu klik tombol Convert dan file subtitle dengan format baru siap untuk diunduh.

    Melakukan Konversi Subtitle Dengan Mudah

Jika pada website lain mungkin perlu melakukan berbagai hal yang mungkin tidak dimengerti penonton film seperti framerate dan apabila tidak cocok bisa mempengaruhi timing itu sendiri yang kurang pas. Pada smartphone salah satunya Android juga sudah ada beberapa aplikasi untuk melakukan edit subtitle dengan mudah, akan tetapi masih belum ada aplikasi untuk melakukan konversi dengan banyak format. Dan bagi pengguna komputer, silahkan unduh software Subtitle Edit untuk melakukan pengalihan subtitle atau sekedar ingin melakukan konversi, karena pada software tersebut mendukung format subtitle lengkap dan mudah untuk digunakan, serta memiliki versi portable. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment