≡ Menu

Cara Memutar Video Dengan Subtitle pada TV

Memutar video dengan subtitle pada TV

Semakin bertambah tahun dan semakin banyak pula tehnologi yang dikembangkan dengan baik, bisa itu adalah sebuah elektronik ataupun yang lainnya. Mengingat 50 tahun yang lalu sejak 2016, tidak ada ponsel yang bisa digunakan dan hanya menggunakan telepon model lama dengan penggunaan yang beda dengan sekarang. Jika sekarang telah muncul alat elektronik modern dan dengan adanya alat tersebut, anak kecil bisa belajar lebih baik dengan peralatan yang modern. Ada berbagai macam hal yang bisa membuat orang senang ketika melihat jenis elektronik saat ini salah satunya ialah ponsel. Dan orang Indonesia khususnya remaja diperkirakan tidak bisa memutus hubungan dengan ponsel tersebut dan selalu melihatnya setiap hari.

Adanya ponsel pintar, begitu pula dengan elektronik yang lain seperti lemari pendingin, atau bahkan TV yang semakin baik pula. Apabila jaman dulu televisi memiliki bentuk tabung, namun sekarang sudah berevolusi dengan desain yang tipis dan mudah untuk dipindahkan karena tidak berat seperti TV tabung. Begitupula dengan fitur didalamnya yang saat ini kebanyakan TV sudah memiliki fungsi pintar yang bisa melakukan koneksi ke jaringan WiFi serta melakukan streaming di sebuah website dengan kualitas yang sangat baik. dan soal warna, tentunya TV model sekarang ini sudah memiliki warna yang lengkap tergantung kualitas video, apabila jika video yang ada adalah SD (Standar Definition) pasti warna tidak akan bisa lebih baik seperti video HD (High Definition) dan layar TV yang lebih besar harusnya menggunakan HD supaya tetap jelas apabila dilihat dari jarak yang cukup dekat.

Televisi saat ini memiliki ukuran yang mencapai sangat besar, dan jika digunakan pada rumah mungkin mmaksimal 32inch sudah cukup. 32inch kebanyakan sudah memiliki resolusi HD dan mendukung video dengan maksimal resolusi 1080p. Tidak lupa bahwa TV saat ini yang menggunakan tehnologi LED kebanyakan memiliki fitur untuk menancapkan USB port, dimana pengguna bisa memutar video, musik atau melihat gambar dari kabel USB tersebut. Jadi Saya contohkan ingin menonton sebuah video/film pada Flashdisk, dan Saya sarankan juga resolusi video minimal 720p supaya terlihat jelas. Tapi ada kendala saat melihat film, yaitu adalah terjemahan atau subtitle. Apakah bisa menonton film dengan subtitle pada TV? Dan jawabannya adalah mungkin bisa.

Saya menjawab mungkin, karena ada pula TV yang tidak bisa menampilkan subtitle dan harus melakukan penambahan subtitle sendiri dengan perangkat komputer. Untuk itu hal tersebut bisa dilihat dari buku manual, terkadang ada format yang didukung ataupun tidak dan kebanyakan yang didukung adalah format SRT. Format SRT memang bagus dan banyak yang membagikannya, namun subtitle tersebut lebih menampilkan teks dengan font light dan bukan bold, memungkinkan tidak bisa terlihat sempurna apabila pada cahaya yang sangat terang dari sebuah film. Untuk itulah kenapa banyak orang lebih menggunakan subtitle dengan format SSA atau ASS karena cocok untuk Televisi karena memiliki shadow pada tulisan dan bisa diatur sendiri bagaimana bentuk teks. Tapi disini Saya tidak membagikan tentang cara untuk melakukan konversi format tersebut dan lebih mengedepankan tentang bagaimana cara menghidupkan subtitle yang ada pada TV ini. Berikut ini tata caranya.

  1. Pertama – tama siapkan flashdisk dan sambungkan ke komputer. Pastikan telah memiliki file video dan subtitle. Misalkan disini Saya contohkan nama video adalah Inside Out.mp4 dan nama subtitle adalah Inside Out.srt
  2. Di beberapa televisi meski video dan subtitle memiliki nama yang sama, terkadang masih tidak terdeteksi. Jadi silahkan buat folder baru bernama Inside Out, lalu pindahkan kedua file tadi dan berikan nama untuk video sebagai 1.mp4 dan nama pada subtitle sebagai 1.srt.
  3. Sekarang coba hidupkan Televisi dan tancapkan flashdisknya. Mulailah memutar filmnya dan pasti akan sudah tampil terjemahannya. Tapi apabila tidak tampil, silahkan tekan tombol Tools, Opsi atau Menu yang ada pada remote TV. Pasti akan terdapat pengaturan dari video tersebut dan perhatikan pada bagian Pengaturan Layar Teks silahkan aktifkan, pasti sekarang akan muncul terjemahannya.

Mudah sekali bukan? Mungkin dibeberapa TV memiliki nama yang berbeda pada bagian pengaturan layar teks, karena terkadang masih tidak mendukung bahasa Indonesia seperti pada TV LG, sedangkan pada Samsung pasti memiliki pengaturan yang hampir sama seperti diatas. Jadi Saya lebih menyarankan untuk tidak menggunakan nama kedua file yang sama dalam bentuk kata/kalimat, dan lebih menyarankan untuk menggunakan satu karakter saja supaya lebih mudah terdeteksi oleh sistem dan tidak terjadi kesalahan yang menimbulkan terjemahan tidak akan tampil. Di beberapa TV juga telah disediakan mode khusus untuk menonton film dengan nyaman pada kondisi yang gelap dan terasa seperti menonton pada bioskop serta pengeluaran suara yang sudah disediakan untuk jenis film. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 10 comments… add one }
  • viviok October 31, 2017, 2:07 am

    gan.. subtitle ya udah gabung sama video nya gak pisah.. pas di laptop ada muncul tp pas di tv LG gak muncul… gmna tu gan??? bntuin

    • rrobyf October 31, 2017, 3:39 am

      Boleh Saya tahu jenis video apa yang tidak tampil subtitlenya? Biasanya video yang sudah tertanam subtitle, memakai video player apapun pasti akan tampil.

  • mateus June 24, 2017, 10:15 am

    Mau nanya gan, kenapa ko subtitle pas pake flashdick langsung ke TV ukurannya ko kecil. padahal kalau diplay di komputer standard ukurannya. Mungkin ada cara buat setting ukuran fontnya…thanks

    • rrobyf June 28, 2017, 4:28 am

      Maksudnya ukuran teksnya ya gan? Jika sebelumnya memakai format SRT, coba pake subtitle format ASS gan.

  • cutsuci June 6, 2017, 10:08 pm

    Kalo philips gimana ko gamau

    • rrobyf June 7, 2017, 4:55 am

      Mungkin tidak support format SRT gan, dan harus memakai format ASS atau SSA.

  • Nimatoka May 2, 2017, 12:04 pm

    Terima kasih banyak. Ini benar-benar membantu. 😀

  • Arankwok Rahmat April 30, 2017, 3:22 am

    Trmksh banget

  • andrew February 11, 2017, 11:49 am

    bro, kalau subtitle nya telat keluar bagaimana cara mengatasinya, info saja… video ini untuk diputar di TV LED, coz saya browsing2 yang keluar cuma di edit pake aplikasi untuk nanton di komputer, kalau tv LED belum ada yg bahas… thx

    • rrobyf February 13, 2017, 11:24 am

      Wah untuk mengatasi terjemahan yang telat timingnya harus dilakukan resync manual, dan ini tidak bisa dilakukan pada televisi. Jadi pastikan sebelum mengunduh terjemahan, ketahui jenis videonya. Misalnya BluRay, WEB-DL, DVDRip, dan lain-lain. Dengan begitu pengguna bisa mendapatkan terjemahan yang sesuai dengan video tersebut.

Leave a Comment