≡ Menu

Buat Catatanmu Lebih Berwarna dengan Aplikasi Color Note

Tidak semua orang selalu memiliki sebuah buku jurnal yang diisi setiap harinya untuk mengenang apa saja yang telah ia lalui. Dan memikirkan tentang buku jurnal itulah beberapa orang ingin memiliki sesuatu yang hampir sama seperti itu dan lebih sederhana. Salah satu cara membuat buku jurnal paling sederhana adalah menggunakan ponsel, dengan begitu semua riwayat yang telah dituliskan akan ada diponsel itu selamanya sampai pengguna menghapus sendiri aplikasi tersebut. Memang sangat banyak jika dihitung sebuah aplikasi nota atau catatan, namun ada satu aplikasi yang patut untuk dicoba ketimbang yang lain, sebab dalam hal desain, aplikasi yang akan Saya bagikan ini sangatlah bagus dan memang persis menyerupai buku tulis.

Melihat dari aplikasi nota yang lain seperti Evernote, memang aplikasi tersebut yang terbaik saat ini karena memiliki fitur yang sangat banyak dan mendukung pada banyak jenis perangkat, namun ada satu aplikasi yang berbeda dari yang lain dan ukurannya pun juga tidak begitu besar, akan tetapi fungsional dari aplikasi ini sangatlah bagus dan patut untuk dimiliki sebagai buku catatan utama pengganti pada perangkat. Nama dari aplikasi ini adalah Color Note. Disebut Color Note, disebabkan ada banyak pilihan warna yang membuat pengguna tidak selalu bosan ketika ingin menuliskan sesuatu pada aplikasi tersebut.

Pada aplikasi Color Note memiliki kelebihan yang tidak banyak dimiliki aplikasi nota, salah satu fitur yang Saya sukai selain pada bagian catatan adalah bisa membuat sebuah checklist, jadi ini sangat cocok bagi pengguna yang sering lupa ketika akan membeli sesuatu, dan pengguna cukup menuliskan daftar belanja pada aplikasi ini dan ketika barang telah dibeli, cukup klik pada menu dan kemudian secaa otomatis menu tersebut akan dicoret menandakan barang telah dibeli. Mungkin penjelasan Saya masih kurang begitu bisa dimengerti, namun ada baiknya silahkan mencoba aplikasi Color Note ini sendiri supaya bisa merasakan pengalaman baru dalam sebuah aplikasi nota.

Jika pengguna memikirkan data yang hilang, hal tersebut masih bisa diminimalisir karena adanya Online Backup, dimana pengguna masih bisa menyimpan atau menyingkronisasi setiap data nota pada akun Google atau beberapa website penyimpanan cloud yang telah disediakan. Untuk pilihan tema dari aplikasi Color Note ini juga termasuk banyak dan lagi-lagi sangat berbeda dari yang lainnya. Karena pada aplikasi Color Note, setiap warna disebutkan sebagai sebuah kategori, jadi pengguna bisa membuat setiap kategory berdasarkan warna dan untuk beralih ke kategori yang lain cukup klik Opsi dan pilih Color lalu klik warna yang ingin dipilih. Berikut ini beberapa cuplikan gambar dari Color Note.

Aplikasi Color Note untuk AndroidAplikasi Color Note untuk AndroidAplikasi Color Note untuk AndroidAplikasi Color Note untuk Android

Memang sangat sederhana sekali, akan tetapi jangan meremehkan dari luar saja jika belum mengetahui dalamannya, sebab aplikasi ini telah mendapatkan rating 4.5 pada Play Store dari jutaan orang yang telah menilai. Pada bagian pengaturan Color Note, pengguna bisa menambah sebuah Master Password untuk mengamankan aplikasi tersebut apabila ingin digunakan secara pribadi. Lalu juga ada pengaturan untuk melakukan backup otomatis dan hal itu bisa dihentikan jika diinginkan, dan pengaturan lain juga bisa dilihat dari sub menu, misalnya Auto Link untuk membuat seluruh teks berawalkan nomor ponsel atau sebuah URL website secara otomatis akan dibuat sebuah link yang mengarah ke peramban. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Aplikasi Color Note membutuhkan Android 2.2 keatas, dan memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu 1Mb, tidak membutuhkan data atau cache tambahan. Tidak hanya pada aplikasi saja pengguna bisa melihat setiap catatan yang telah dibuat, namun bisa juga melihat langsung dari sebuah widget dan untuk melakukan hal itu, aplikasi ini harus dipasang pada internal memory, sebab jika ada pada SDCard tidak akan bisa membuat widget. Dan kembali lagi pada tema, memang ada banyak warna dan meski terlihat mencolok masih bisa dikurangi dengan 2 pilihan mode yaitu soft atau dark. Untuk mode soft, warna akan sedikit memudar seakan saturasi dikurangi, dan untuk mode dark adalah mode gelap/malam khusus, pastilah sudah tau kegunaan untuk mode ini yaitu supaya tidak terlalu silau untuk membaca, contohnya bangun tidur ingin membaca catatan, pastilah tidak bisa membaca lebih baik apabila terlalu terang. Buat catatanmu sekarang juga dan warnai segalanya dalam berdasarkan kategori. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment