≡ Menu

Trik Jitu Mempercepat Proses Download di Android

Percepat Proses Download dengan Mudah

Mengunduh konten sudah menjadi kebiasaan orang yang memiliki perangkat pintar. Kebanyakan orang tersebut mengunduh bergai macam konten dan yang paling sering sekitar 70% adalah lagu dan video. Para orang yang mengunduh file yang ada di internet masih tidak mengetahui bahwa file yang mereka unduh kebanyakan bajakan, contohnya seperti musik ataupun film yang diberikan secara cuma-cuma. Adapula website yang membagikan musik yang selalu diperbarui dengan harga promo atau secara gratis dan hal tersebut adalah suatu yang bagus, membuat orang mengerti bahwa lagu yang ada di internet tidak bisa seenaknya diunduh tanpa membeli kaset CD yang asli. Namun hampir 90% orang yang mengunduh konten musik dari internet secara gratis lebih menolak untuk membeli kaset CD yang asli karena ia sudah mendapatkannya di internet.

Jika pengguna membeli kaset atau paket musik yang ada di internet seperti pada Amazon, tentu akan mendapatkan kualitas musik yang bagus dan kebanyakan diberikan format flac yang termasuk kualitas audio dengan bitrate tinggi lebih dari mp3, jadi memutar lagu meski dalam kondisi volume penuh tidak akan ada brebet pada alunan musik dan tetap terdengar nyaman. Pengguna juga bisa memutar musik tanpa harus melanggar undang-undang, yaitu pada Youtube, karena pada website tersebut yang mengunggah musik atau video kebanyakan langsung dari penyedia musik itu sendiri dan dengan begitu tidak akan ada hal yang berunsur ilegal atau merugikan orang lain.

Mengunduh konten video maupun musik tetap harus menggunakan koneksi yang lancar supaya proses lebih cepat. Mengenang lebih lama dari sekarang yang masih menggunakan jaringan edge, mungkin itu terlalu lambat sekali dan saat setelah itu muncul jaringan 3G yang luar biasa cepatnya tergantung signal, dan sekarang muncul lagi 4G yang membuat kecepatan 2x lipat dibanding 3G dan itu juga tergantung signal yang diperoleh. Di Indonesia sendiri sudah terdapat jaringan 4G pada beberapa wilayah dan biasanya akan tercover lebih baik pada pusat kota. Jadi untuk pengguna desa, hanya bisa menikmati jaringan 3G saja dan hal tersebut masih bisa dimaksimalkan supaya lebih cepat jika digunakan untuk mengunduh konten yang besar.

Memaksimalkan koneksi tidak hanya melakukan tweak pada aplikasi yang ada pada Play Store saja, dan disini akan Saya bagikan cara memaksimalkan koneksi supaya lebih cepat digunakan untuk mengunduh segala konten yang ada di internet termasuk game, musik, video, dan lain sebagainya, dan proses download ini terkadang juga mempengaruhi server yang ada pada website. Jadi jika pengguna memutuskan untuk mengunduh konten besar dari website file hosting, biasanya kecepatan akan diturunkan jika mengunduhnya secara gratis, namun akan lebih cepat jika mengunduhnya secara berbayar, maka itulah kenapa pengguna tidak bisa menyalahkan koneksi dan harus mengetahui yang terjadi akibat server dari website yang diunduh. Baik, berikut ini tata cara untuk percepat proses download khusus pada ponsel Android, silahkan simak dibawah ini.

  1. Ganti Mode Jaringan ke WCDMA Only – Terkadang pengguna tidak tahu mengatur jaringan saat ini apakah yang dipakai 3G atau 2G, bisa jadi mengaturnya secara otomatis. Untuk itu silahkan ganti ke mode WCDMA Only dengan cara, ketikan *#*#4636#*#* lalu klik Informasi Telepon, dan skroll kebawah terdapat pilihan jaringan, silahkan pilih sebagai WCDMA Only.
  2. Mengubah DNS – Supaya performa koneksi lebih lancar, silahkan ganti DNS dengan milik Google, yaitu untuk primary silahkan isikan 8.8.8.8 dan untuk secondary silahkan isikan 8.8.4.4 dan simpan. Hal ini juga patut diterapkan untuk pengguna jaringan WiFi.
  3. Cobalah Memakai VPN – Terkadang jika akses dibatasi untuk negara tertentu, koneksi juga akan dikurangi kecepatan untuk mengunduhnya. Disini Saya menyarankan untuk menggunakan VPN server US atau UK.
  4. Jangan Mengunduh Sambil Bermain Game Online – Hal ini bisa menyebabkan putus ketika proses pengunduhan karena koneksi dipakai untuk bermain game online. Pada dasarnya game online akan terus mengirim PING ke server supaya tetap stabil, dan meski itu tidak memakai banyak kuota, namun proses PING tersebut yang membuat proses download semakin tidak stabil.
  5. Melakukan PING ke DNS – Cara ini banyak sekali diterapkan pengguna internet yang mengunduh konten besar, jadi dengan melakukan PING ke DNS yang dipakai saat ini bisa meningkatkan performa koneksi, dan jangan sampai melakukannya untuk melakukan PING selain IP DNS. Contohnya seperti ini. ping 8.8.8.8 menggunakan Terminal Emulator.
  6. Menggunakan UC Mini – Pecaya ataupun tidak bahwa browser mini bisa melakukan akurasi download file dengan kecepatan tinggi, karena melakukannya secara terpisah, jadi layaknya IDM pada komputer yang memisah file hingga ke beberapa bagian, dan UC Mini juga melakukan yang seperti itu, untuk memakai browser ini silahkan KLIK DISINI.
  7. Reboot Ponsel – Cara terakhir yang merupakan yang paling ampuh, yaitu melakukan restart ponsel tersebut. Dengan begitu jaringan akan diperbarui atau disegarkan supaya proses latar background yang memakai koneksi akan berhenti.

Beberapa cara diatas patut diterapkan untuk menikmati kecepatan maksimal dalam proses download berkas yang diinginkan. Dan sebagai saran Saya silahkan gunakan browser UC Mini seperti saran diatas karena selain ukurannya yang kecil, saat melakukan download konten juga terasa lebih cepat dibanding browser asli yang ada di ponsel. Dan bagi pengguna yang menggunakan koneksi WiFi, pada dasarnya kondisi pada koneksi WiFi akan stabil apabila tidak ada yang memotong koneksi, maka sebaiknya menerapkan cara yang ke 2 dan 5, dan 6 saja. Menggunakan VPN sebenarnya tidak bagian dari mempercepat koneksi, akan tetapi kebanyakan website sejenis file hosting akan menambah kecepatan apabila diunduh dari negara Amerika, untuk itulah kenapa VPN disini berguna. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment