≡ Menu

Cara Menambah IDM Secara Manual di Opera

Internet download manager atau yang lebih dikenal sebagai IDM dipercaya adalah sebuah software yang dapat mempercepat proses pengunduhan dan selalu terintegrasi pada semua jenis browser yang ada. IDM memiliki fitur khusus yang bisa mempercepat proses unduhan serta bisa mengontrol kecepatan ketika digunaan bersamaan browsing. Tentu IDM saat ini adalah alat downloader paling utama dan terbaik dari yang lainnya. Menggunakan sistem memecah file menjadi beberapa bagian untuk mempercepat dan pada akhirnya akan disatukan kembali. IDM adalah software premium dan bukanlah dibagikan gratis, namun kebanyakan orang mencuranginya dengan berbagai metode yang tidak patut untuk dilakukan.

IDM bisa mempercepat proses pengunduhan lebih dari 20% dari pengunduhan yang dilakukan browser. Ada berbagai fitur yang membuat pengguna tetap nyaman meski mengunduh dalam koneksi yang tidak bagus yaitu adanya fitur pause dan resume. Tapi jangan salah sangka dulu, disetiap browser pada bagian unduhan pastilah memiliki fitur tersebut namun IDM jauh lebih berbeda, karena meski file tidak diunduh beberapa hari dan link telah berstatus expired (tidak bisa digunakan), masih bisa diperbarui link tersebut dengan yang bar dan apabila pada browser biasanya apabila link telah expired dan pengguna mencoba untuk menyambungkan kembali atau resume, maka bisa jadi menemukan peringatan “Download Gagal”.

Pada IDM, pengguna tidak akan menemukan download gagal lagi karena bisa melakukan pergantian link dengan sangat mudah sekali. Tapi sayangnya ada satu hal yang membuat IDM ini tidak selalu kompatible pada semua browser yang menggunakan Chrominium (bantuan sistem Chrome). Jadi kebanyakan browser sejenis Chrominium harus melakukan secara manual untuk menambahkan IDM sebagai alat pengunduh utama. Ada beberapa browser yang masih tidak mendukung IDM sepenuhnya yaitu Opera dan UC Browser. Namun pada UC Browser cukup menyetel pada halaman pengaturan download pada IDM untuk menambahkan file format EXE secara manual. Sedangkan Opera, perlu melakukan yang lebih daripada itu.

Meski Opera sudah tampak pada halaman pengaturan Download di IDM, tapi saat pengguna mencoba mengunduh apapun dengan memakai browser Opera tidak akan menuju pada software IDM ini dan untuk itulah harus dipaksa sedikit supaya bisa menjalankan program IDM pada Opera, dan tidak perlu khawatir tentang paksaan yang diberikan karena cara yang akan Saya bagikan ini sangatlah aman dan telah dibagikan langsung dari website IDM, jadi disini Saya membagikan ulang supaya sekiranya lebih mudah untuk dimengerti. Berikut ini tata cara membuat IDM bisa digunakan pada browser Opera.

  1. Pertama – tama silahkan buka IDM dan klik tab Download dibagian atas lalu pilih menu Opsi.

    Cara menambah IDM ke Opera

  2. Lalu pada tab Umum silahkan centang pada bagian “Gunakan integrasi browser lanjutan” dan jangan lup untuk centang Opera pada bagian “Tangkap download dari browser berikut”. Jika terdapat 2 nama Opera, cukup centang salah satu saja.

    Cara menambah IDM ke Opera

  3. Masih belum selesai, sekarang silahkan buka browser Opera dan masuk pada halaman Extension dengan cara klik Opsi lalu klik Extension Manager. Setelah itu minimize terlebih dahulu.

    Cara menambah IDM ke Opera

  4. Selanjutnya buka windows explorer dan menuju direktori “C:\Program Files\Internet Download Manager”. Temukan file bernama IDMGCExt.crx silahkan tekan file tersebut dan geser pada halaman extension Opera, atau bisa dikatakan drag and drop. Maka pada Opera akan muncul extension baru bernama IDM Integration Module, silahkan klik tombol Install untuk mengaktifkan.

    Cara menambah IDM ke Opera

  5. Sekarang silahkan coba untuk mengunduh sesuatu menggunakan Opera, dijamin pasti sekarang IDM sudah bisa terintegrasi dengan baik.

Jika hanya dilihat saja, cara diatas tergolong rumit dan membingungkan, namun cobalah untuk langsung mencobanya dan Saya bisa jamin akan mengerti dan berhasil melakukannya. IDM memang sudah menyiapkan extension khusus yang digunakan browser sejenis Chrominium, dan jika dicari pada halaman extension pasti tidak akan ketemu apabila tidak mencari langsung pada direktori pemasangan software IDM, file berformat crx tersebut adalah sebuah extension yang membantu mengalihkan downloader menuju IDM dan tanpa adanya itu, IDM tidak akan terdeteksi dengan baik meski nama browser telah tampil pada opsi download.

Memang benar jika dibilang bahwa dialog download yang muncul itu bahwa IDM telah melakukan pengunduhan dalam koneksi saat ini, dan ketika pengguna melakukan klik pada tombol Download maka proses download layaknya sudah dimulai sejak tadi. Pengaturan seperti itu masih bisa dirubah pada setelan jaringan yang dipakai saat ini, jika memilih untuk memakai WiFi, tentu hal tersebut akan muncul, tapi tidak jika mengatur sebagai modem jaringan yang lebih rendah. Layaknya mengisi bensin yang mengisi dari 0, namun IDM terlihat langsung mengisi dari 5 atau 10 tanpa pengguna mengetahuinya. Jika ada yang ingin ditanyakan lebih tentang diatas silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 31 comments… add one }
  • aa August 25, 2017, 1:51 pm

    makasih bro

  • Bakwanreloaded July 12, 2017, 7:45 am

    Thanks gan… jadi bisa lagi nih download langsung pake IDM

  • gubuk June 21, 2017, 12:40 pm

    thank keren

  • ardi June 17, 2017, 5:43 pm

    sumpahhh krennn

  • Mesakh Tiris June 10, 2017, 8:24 pm

    thank you Bang, buat artikelnya…
    sangat membantu skali…

  • Rokie May 4, 2017, 5:37 pm

    ty gan work 😀

  • irfan April 20, 2017, 4:25 am

    nice info….boleh dikirim file idm installer nya gan?

    • rrobyf April 20, 2017, 1:27 pm

      Maksudnya file IDM Extension untuk opera ya gan? Kalo installer IDM bisa diunduh dari situs aslinya hehe.

  • jumaril April 15, 2017, 3:52 pm

    file idmny nggak ketemu

    • rrobyf April 17, 2017, 12:25 pm

      Ingin Saya kirim filenya melalui email yang dituliskan? Jika iya, silahkan balas komentar ini dan akan segera Saya kirimkan file extension IDM ini untuk Opera.

  • abid March 22, 2017, 3:46 am

    punya saya gak ada file idm cc nya ,soalnya instalan idm nya langsung dari org yang berikan bukan dikirimi file instalannya mohon bantuannya

    • rrobyf March 22, 2017, 10:12 am

      Baik, Saya bisa kirimkan file CRX ini melalui email, apakah ingin dikirimkan ke email yang tertera ketika memberikan komentar ini? Jika iya silahkan balas dan akan segera Saya kirim.

  • berdaya February 27, 2017, 9:28 pm

    saya sudah instal & ceklist extension nya. downloadnya sudah muncul di youtube.
    tp stelah itu computer error. bgaimana ngatasinya? tolong…!

    • rrobyf February 28, 2017, 10:27 am

      Sepertinya ini bukan dari penyebab cara diatas karena sangat aman untuk dilakukan. Intinya hanya menambah extension secara manual supaya dapat memakai program IDM. Bisakah dijelaskan error dari komputernya seperti apa?

  • TRUE STORY February 25, 2017, 4:39 am

    WORK GAN THANKS

  • putra December 14, 2016, 4:00 pm

    Ane udah install IDM Integration Module nya, IDM juga udah connect dgn Opera Browsernya, checklist dua duanya udah install extention IDM juga

    Tapi tetep ga muncul IDM nya di Opera

    • rrobyf December 15, 2016, 7:57 am

      Sudah diaktifkan belum pada Add-Ons Opera??

  • Andra December 7, 2016, 4:34 pm

    Saya sudah coba, install idm extension, tapi dialog download nya tidak keluar juga. Mohon pencerahannya

    • rrobyf December 7, 2016, 10:41 pm

      Kira-kira jenis file apa yang diunduh jika boleh tahu? Untuk mencoba berhasil tidaknya bisa juga dengan mengunjungi salah satu video di Youtube dan nantinya akan terdapat sebuah menu kecil untuk mengunduh video tersebut.

  • dewa November 20, 2016, 4:57 pm

    trim’s gan sangat membantu

  • wisnu October 15, 2016, 8:42 am

    kalo file *.crk-nya hilang gimana gan?

    • rrobyf October 16, 2016, 11:16 am

      Saya bisa berikan gan, silahkan kirim pesan pada halaman ini, dan akan Saya bagikan melalui alamat email.

  • beyong September 24, 2016, 5:44 am

    luar biasa selama ini susah bingit bnyak artikel yang membingungkan.tapi kali ini ane sudah bisa.trims

  • Sepper Cell September 23, 2016, 3:01 pm

    Terima kasih… help fully

  • Aegois September 8, 2016, 7:59 am

    Thanks suhu, sangat2 membantu…

  • anchu mrt August 26, 2016, 1:57 am

    Makasih gan sangat membantu

  • davidz August 10, 2016, 6:32 am

    Matur suwun gan…. sangat membantu (Y)

  • reds July 20, 2016, 4:37 pm

    thanks min, sangat2 membantu

  • suher July 13, 2016, 4:26 pm

    makasih gan

  • jodi July 4, 2016, 11:53 pm

    trimakasih,, infonya sangat membantu

  • Tukiran June 14, 2016, 9:56 am

    Trimakasih …. sangat membantu

Leave a Comment