≡ Menu

Tips Mengatasi dan Mencegah Akun Instagram Diretas

Mencegah dan Mengatasi Akun Instagram Diretas

Sekejap terlihat bahwa Instagram adalah sebuah kompilasi dari Twitter dan perbedaannya adalah Instagram lebih digunakan untuk menyimpan video dan foto saja, sedangkan Twitter bisa digunakan layaknya jejaring sosial microblog lainnya yang bisa membagikan suatu konten terbatas. Instagram yang dikembangkan oleh Facebook ini juga memiliki kelebihan yang hampir sama dengan Twitter, namun Instagram lebih menyesuaikan diri untuk bebas digunakan lebih baik pada perangkat mobile. Sebenarnya bisa juga langsung dibuka melalui browser dari ponsel maupun komputer, dan tentu ada kekurangan dan kelebihan tersendiri dari cara tersebut.

Membuat akun yang berbeda seharusnya memiliki kata sandi yang berbeda pula, dan apabila sekiranya aku Facebook telah diretas oleh orang lain maka akun sosial yang lain juga tidak akan ikut diretas. Terkadang orang tidak mementingkan kata sandi yang sama contohnya saja Email, sebaiknya untuk membuat kata sandi Email harus diperketat atau bisa dimaksudkan dengan simbol yang aneh-aneh supaya orang yang mencoba untuk masuk sangat sulit. Apabila kata sandi Email digunakan sama dengan akun sosial, maka hal ini akan sangat berbahaya. Dimana sekarang ini banyak orang yang melakukan transaksi pada akun sosial dan apabila akun tersebut telah diretas dan diambil alih orang lain, maka pemilik aun sebelumnya yang harus bertanggung jawab apabila terjadinya penipuan mengatasnamakan dirinya.

Ada 2 jenis peretas yang mungkin sering ditemui, yaitu orang yang merusak akun tersebut dengan contoh menghapus konten yang dibagikan, lalu ada juga orang yang memanfaatkan akun tersebut seperti digunakan untuk promosi produknya atau situs web yang menjual suatu produk yang kurang terpercaya. Setiap orang selalu membuat kesalahan yang membuat orang tersebut dituntut untuk menyelesaikannya, disini Saya mencontohkan sebagaimana akun Instagram yang dihack atau diretas dan cara memperbaikinya. Sebelum Saya membagikannya, ada 2 syarat opsional, yaitu akun Instagram harus telah terintegrasi dengan Facebook, atau telah memiliki Email yang belum diretas. Dengan kedua hal tersebut, kemungkinan besar akun Instagram bisa dipulihkan dengan baik. Berikut ini tata cara mengatasi akun Instagram yang diretas orang lain.

  1. Lupa Kata Sandi – Ini cara pertama yang Saya bagikan karena dengan melakukan ini, pengguna akn diberikan URL/Link khusus yang mengarah pada halaman pergantian kata sandi yang baru. Untuk melakukannya silahkan menuju Halaman Lupa Kata Sandi Instagram.
  2. Laporkan Langsung Ke Pihak Instagram – Setelah melaporkan akun yang sesuai dicantumkan, pihak Instagram akan langsung menganalisa semua hal yang mencurigakan pada akun tersebut, seperti IP yang masuk dari lokasi lain, dan jika memang terbukti bahwa akun diretas, maka pengguna akan dihubungi lewat Email yang terdaftar dan akan diberikan link untuk melakukan reset kata sandi. Untuk melaporkannya silahkan menuju Halaman Bantuan Instagram.
  3. Batalkan Akses Aplikasi Pihak Ketiga – Pengguna tidak mengetahui apakah pernah mengijinkan aplikasi untuk melakukan hal apapun seperti mengirim konten secara tiba-tiba. Dan apabila hal tersebut memang terjadi, silahkan batalkan akses aplikasi yang diijinkan pada Halaman Pengelola Aplikasi Instagram.

Ketiga cara diatas bisa digunakan apabila akun benar-benar diretas oleh orang lain, dan berbeda lagi dengan cara mencegahnya. Dan seperti kebanyakan kalimat bahwa “Mencegah lebih baik daripada Mengatasi”. Membuat akun tetap aman memang tidak mudah dan tidak harus dilihat setiap saat untuk mengantisipasi terjadinya hal yang mencurigakan, tapi dengan melakukan hal yang aman dan tidak ada hubungannya dengan akun tersebut! Kemungkinan diretas akan semakin sedikit. Akun yang diretas sebenarnya bukan dilihat dari aktif tidaknya akun tersebut, tapi akibat dari pemilik akun yang ceroboh dan tidak mementingkan akan terjadi selanjutnya. Berikut ini Saya bagikan cara untuk mencegah supaya akun tidak diretas, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pilih Kata Sandi Yang Kuat – Dengan memakai kata sandi yang kuat, peretas akan kesulitan untuk masuk akun dengan kata sandi yang dimilikinya. Contoh kata sandi yang kuat ialah memiliki 8 angka minimal dan tergolong dari simbol yang rumit, ditambah ukuran teks besar dan kecil.
  2. Jangan Pernah Memberikan Kata Sandi – Kepada siapaun termasuk kerabat, jangan memberikan kata sandi kecuali pada orang yang benar-benar dipercaya seperti keluarga atau komunitas grup yang mengelola akun bersama. Jika terdapat website yang meminta kata sandi Instagram, sebainya diabaikan saja.
  3. Keluar Dari Instgram Melalui Browser – Jika pengguna pernah membuka akun Instagram melalui komputer atau browser dari perangkat lain, sebaiknya dilakukan logout atau keluar supaya tidak ada orang jail yang mengirim konten yang tidak diinginkan. Contohnya saja komputer dari Warnet, karena Instagram memiliki cookies yang bertahan sangat lama apabila tidak dihapus atau dilakukan logout
  4. Cek Akun Email Apakah Aman – Silahkan menuju Email yang didaftarkan dan apakah akun Email masih dalam kondisi bisa terbuka atau jangan-jangan telah diretas, apabila akun Email telah diretas, maka kemungkinan besar peretas akan lebih mudah mendapatkan akun pengguna, dan untuk mencegah hal ini silahkan ganti alamat Email
  5. Tentang Aplikasi Pihak Ketiga – Pikirkan terlebih dahulu sebelum mengijinkan aplikasi yang ada untuk suatu website, silahkan lihat perijinan yang ada, dan jika terbilang sangat konyol seperti bisa melakukan semua hal contohnya melakukan like, komentar, mengkuti, dan lain-lain sebaiknya jangan diijinkan.

Hanya beberapa cara diatas sudah bisa mencegah adanya peretas yang masuk. Saya sendiri pernah mengalami hal serupa dan itu karena ulah Saya sendiri yang membuat kata sandi yang sama dengan kata sandi yang Saya buat pada website lain. Jadi Saya ingatkan sekali lagi, lebih baik jangan pernah membuat kata sandi yang sama dengan akun sosial lain yang ada pada website, karena siapa tahu suatu saat terdapat orang jail yang mencoba-coba masuk dengan kata sandi yang dia dapatkan dari akun sosial lainnya. Saya ulangi lagi seperti diatas tadi, jangan pernah memberikan akses pihak ketiga yang tidak mengikuti aturan atau ketentuan Instagram termasuk website yang menjual atau menjanjikan Follower atau Like secara cuma-cuma, karena ini kemungkinan merupakan upaya untuk menggunakan akun pengguna dengan tidak semestinya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 24 comments… add one }
  • Rafi DA November 20, 2017, 8:35 am

    Knp ya kok di hp tmn ane bisa baca chtn ane di ig, pdhl dia gatau pw ane..
    Tolong dijawab

    • rrobyf November 20, 2017, 11:04 am

      Bisa jadi akunnya tertaut dengan akun Facebook, sehingga itu akan membuat pintasan untuk masuk tanpa kata sandi. Dan kondisi di ponsel milik temannya telah masuk ke akun milik agan. Solusinya adalah mengganti kata sandi Facebook dan juga alamat email yang ada di Instagram.

  • Ds September 13, 2017, 6:55 pm

    Malam, saya mau tanya kenapa saya tidak bisa meganti password instagram keterangan nya “terjadi kesalahan tidak di ketahui” pedahal saya bisa log in instagram cuma kejanggalannya saya hanya tidak bisa merubah password instagram saya. Saya sudah coba berkali2 bahkan menggunakan handphone lain tetap tidak bisa ganti password, pliss bantuanyaa… Thanks

    • rrobyf September 14, 2017, 11:07 am

      Mohon diberitahukan, notif error yang disebutkan apakah tampil pada Instagram atau ketika menekan link konfirmasi reset sandi di email?

  • Anggi August 23, 2017, 2:21 am

    Mau nanya kenpa akun instagram saya gk bisa di buka di hp saya tpi akun yg lain bisa di buka, akun saya bisa di buka di instagram.com sama di hp orang lain baru bisa di buka. Setiap mau login ada kata2 “maaf terdapat masalah pada permintaan anda”

    • rrobyf August 24, 2017, 8:12 am

      Perbarui aplikasi instagram. Dan jangan lupa hapus data di manajer aplikasi. Lalu coba masuk kembali.

  • Vee August 9, 2017, 4:18 am

    Gan, saya punya satu IG yg jarang dibuka. Tapi, pas saya buka, ada follow request tapi enggak ada notifnya, gan ( biasanya kan ada tanda merah di hati IG ). Pas saya buka email, banyak notif ‘see what you’ve missed ) yang terkirim, beda empat sampai dua belas hari tiap pesan. Saya positive thinking aja, saya refoll pake acc saya yang lain, langsung saya buka tuh IG saya yang jarang dibuka. Eh, ada notifnya. Itu notifnya yang error atau IG saya yg ke-hack, ya? Tapi info2 pribadi masih ada, gan ( email dll ) Trims

    • Vee August 9, 2017, 4:25 am

      Maksud saya, apakah ada pihak ketiga atau emang notifnya error 🙂

      • rrobyf August 9, 2017, 8:43 am

        Pertama, cek apakah baru-baru ini mengijinkan aplikasi pihak ketiga? Lalu mengubah kata sandi supaya lebih aman. Kemudian yang paling terpenting adalah mencoba untuk melakukan logout dan login kembali pada akun Instagram tersebut. Karena adanya pemberitahuan yang tak terkirim dikarenakan sesi yang bermasalah dan harus keluar dan login kembali supaya mendapat sesi yang baru.

  • viyan July 16, 2017, 12:53 am

    Gan kok punya saya muncul tulisan “upaya mencurigakan” hbis itu harus ngirim verifikasi dri no telepon tpi no tlpn sya sdah tidak aktif
    mohon pencerahan nya please

    • rrobyf July 16, 2017, 8:50 am

      Baik, Saya sudah membuat artikel khusus untuk mengatasi hal tersebut dan akan segera di terbitkan dalam beberapa hari ini. Silahkan tunggu terus ya update terbaru di Blog Second.

  • dian david June 28, 2017, 4:33 pm

    Saya mau tanya nih akun ig saya berada di perangkat hp orang lain dan sering di bajak klo ganti sandi ig apa langsung kluar dari smua perangkat klo tidak tolong kasih saya cara kluarkan ig dari smua perangkat

    • rrobyf June 29, 2017, 12:17 pm

      Setelah mengganti kata sandi, maka akun Instagram akan langsung keluar dari seluruh perangkat yang terhubung saat ini. Sebaiknya pengguna mengamankan akun email juga dengan cara mengganti sandi akun email yang didaftarkan ke Instagram.

  • Fauzan June 23, 2017, 6:03 am

    selamatsiang , maaf mau tanya nih , kenapa ya pas mau login instagram selalu ada “Upaya Mencurigakan” dan selalu saja disuruh untuk mengirim verifikasi ke nomer hp, akan tetapi nomer hapenya sudah tidak aktif lagi, mohon bantuannya kak. Terimakasih.

    • rrobyf June 23, 2017, 11:27 am

      Ya, Saya akan bagikan tata cara untuk mengatasi hal tersebut di artikel yang akan datang, sebab jika dijelaskan dikomentar ini akan sangat sulit dipahami.

  • Sonya June 20, 2017, 10:19 pm

    Sorry mau nanya, saya ga buka akun instagram saya di hp saya pribadi atau diperangkat lain tapi instastory teman2 yg saya follow telah terlihat seakan2 itu saya yg melihat padahal saya pribadi belum dan bahkan tidak melihat. Saya mengira ada pihak ketiga yg menjalankan instagram saya, bagaimana solusinya untuk mengetahui diperangkat manakah akun instagram saya terhubung? Terimakasih.

    • rrobyf June 21, 2017, 3:07 am

      Paling tidak solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah mengganti kata sandi pada akun Instagram dan jika mendaftar Instagram memakai alamat Email, sebaiknya ganti juga kata sandi yang ada pada akun Email. Saat ini masih tidak ada fitur untuk melihat perangkat mana yang telah terhubung pada akun tersebut.

  • Pipit May 4, 2017, 4:47 am

    Hai ka!slmt siang. Kak,saya mau nanya. Gini,hp saya kan tdk bisa live trs saya mutusin buat on ig di hp temen,nah itu sdh saya logout tp smpe skrg saya msh kepikiran kayaknya temenku msh nggunain ig aku. Solusinya gimana kak?? Tanpa harus minjem hp temen ya,kak.. tengkyu

    • rrobyf May 4, 2017, 11:51 am

      Jika sudah menekan tombol logout atau mengeluarkan akun dari aplikasi, secara otomatis cookies akan terhapus kok di Instagramnya dan akun akan tetap aman.

  • Rinadonghae April 11, 2017, 7:00 pm

    Aku mau nanya. Aku g bisa ngelike postan ig orang lain. Trus aku coba ganti kata sandi, eh tapi g bisa juga. Aku kira krna ada pihak ketiga. Waktu aku mau copot aplikasinya, d situ d tulis “anda belum mengizinkan aplikasi apapun” solusinya gimana ya?

    • rrobyf April 12, 2017, 11:59 am

      Sepertinya ini tidak menyangkut adanya peretasan dalam akunnya, tapi memungkinkan akun pengguna sedang diblokir sementara oleh Instagram. Dan solusinya adalah cobalah menunggu setidaknya maksimal seminggu dan coba memberi like lagi, pasti sudah bisa. Jangan menggunakan fitur Instagram terlalu berlebihan karena berpotensi diblokir sementara.

  • annisa January 26, 2017, 8:25 am

    selamat sore saya mau tanya , gimana cara nya mengganti password ig yg lupa , apakah kalau sudah diganti ig yg dihp msh bisa log in ?
    sedangkan hp nya dicuri orang

    terima kasih

    • rrobyf January 26, 2017, 10:51 am

      Sebelumnya mendaftar menggunakan alamat email atau akun Facebook? Jika menggunakan alamat email, coba untuk mengingat alamat email tersebut dan masuk pada akun email, setelah itu gunakan opsi lupa kata sandi pada Instagram.

Leave a Comment