≡ Menu

Cara Mengganti Nama Komputer di Windows 7

Ganti nama komputer pada Windows 7

Komputer adalah salah satu perangkat pintar saat ini yang memiliki banyak sekali kegunaan penting. Komputer banyak digunakan untuk pekerjaan dalam segala hal, bisa dari membangun sebuah fungional mesin, ataupun sebuah projek pintar seperti demo atau simulasi. Ada beberapa tipe komputer yang ada dan paling banyak digunakan mungkin adalah Windows karena mudah untuk dipahami dan memiliki banyak sekali cara yang dibagikan oleh guru di sekolah maupun pengguna Internet. Setiap komputer pastilah memiliki nama dan kegunaanya untuk membuktikan bahwa itu adalah komputer milik sendiri, ada banyak kegunaan yang ada pada nama dan mungkin tidak banyak orang yang mengetahui lebih lanjut.

Nama yang ada pada komputer bisa juga tampil pada hostname yang terdapat pada jaringan WiFi, jadi ketika ada orang yang ingin mengetahui sipa saja yang memakai jaringan WiFi tersebut, maka akan tampil nama komputer yang sudah disetel sama halnya pada perangkat laptop juga. Jika dibandingkan dengan ponsel Smartphone, hampir sama kegunaanya pada peranti iPhone maupun Windows Phone yang bisa mengatur nama ponsel tersebut, jika pada Android masih tidak diberikan fitur untuk mengatur nama perangkat dan masih menggunakan sejenis kode hash, mungkin kedepannya akan digunakan metode sejenis itu supaya mengetahui siapa pemilik perangkat yang asli.

Apabila masih belum mengetahui nama komputer saat ini, silahkan klik START lalu klik kanan pada menu Computer dan klik Properties. Maka akan muncul halaman baru dan perhatikan pada bagian Computer Name adalah nama komputer saat ini. Biasanya nama tersebut kadang berasal langsung dari toko apabila membeli komputer langsung dilakukan instalasi dari toko, namun berbeda lagi apabila melakukan proses instalasi sendiri pasti bisa memakai nama sendiri, dan untuk itu disini Saya membagikan tata cara mengganti nama komputer, dan khusus untuk Windows 7 saja. Berikut ini tata caranya silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan hidupkan komputer dan klik START dan ketikan sysdm.cpl lalu tekan ENTER.
  2. Maka akan tampil sebuah popup kecil, silahkan klik pada tombol Change pada bagian “To rename this computer…..”

    Mengganti nama komputer dengan mudah di windows 7

  3. Selanjutnya akan tampil sebuah popup lagi, pada bagian Computer Name silahkan isikan dengan nama komputer yang ingin diganti. dan untuk dibawahnya silahkan pilih WORKGROUP saja. Dan jika selesai, cukup klik tombol OK

    Mengganti nama komputer dengan mudah di windows 7

  4. Sekarang akan tampil popup kecil pemberitahuan yang memerintahkan pengguna untuk dilakukan restart PC, silahkan klik tombol OK dan tutup semua windows/tab yang ada, lalu restart PC. Setelah itu nama komuter pasti sudah berganti yang baru

Dengan mengganti nama komputer, tidak akan ada efek samping karena hanya seperti mengganti nama berkas file biasa. Cara diatas sangat aman untuk dilakukan dan Saya menggunakan metode sysdm.cpl supaya cepat untuk menuju popup/tab pergantian nama komputer dan pengguna tidak perlu menuju pengaturan atau menu yang rumit. Perlu diketahui juga bahwa nama komputer dan ID komputer adalah hal yang berbeda, dan cara diatas khusus untuk mengubah nama saja, dan bukan sebuah ID.

Kini pengguna tidak perlu bingung untuk mengganti nama komputer karena bisa melakukannya dengan mudah dan cepat, jadi apabila membeli komputer yang baru dan sudah terinstall dari toko, masih bisa diganti nama pemilik dengan cara seperti diatas. Kebanyakan nama komputer memiliki akhiran “PC” dan hal tersebut bisa juga dihilangkan, namun menurut Saya sendiri sebaiknya diberi akhiran PC supaya tetap mengetahui yang mana nama komputer dan yang bukan. Karena pergantian nama komputer akan mempengaruhi semua yang ada seperti nama folder dan mengganti nama sebelumnya menjadi yang baru. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment