≡ Menu

Beberapa Keunggulan Dari Aplikasi BBM Mod

BBM Mod logo

Melakukan percakapan saat ini lebih mudah dan gratis melalui internet. Dimana tidak ada biaya setiap pengiriman setiap pesan dan hanya memotong kuota atau bandwidth internet saja. Tentu dengan hal ini pengguna semakin banyak yang menggunakan internet sebagai cara mereka melakukan komunikasi cepat. Meski sebenarnya melakukan komunikasi dari internet sudah tergolong dari dulu, akan tetapi masih banyak juga yang tidak mengetahui atau memahami tata cara penggunaannya khususnya orang tua yang ingin melakukan hal tersebut, dan yang paling ahli bahkan dimiliki oleh anak remaja ketimbang orang tua untuk mengoperasikan perangkat mereka.

Salah satu aplikasi percakapan gratis adalah BBM (BlackBerry Messenger). Dulu aplikasi tersebut hanya ada pada ponsel BlackBerry saja. Namun pada tahun 2014 mulai menyebar pada smartphone lain untuk mencari keuntungan yang lebih tinggi. Fitur yang ada pada BBM juga masih tergolong terlihat biasa-biasa saja, berbanding balik dengan aplikasi se-kelas Line, Whatsapp yang lebih mementingkan segala hal yang bisa dilakukan secara mudah dan tidak rumit. Meski fitur BBM tidak terlihat banyak, tapi hanya aplikasi percakapan tersebut yang menjadi nomor 1 pada wilayah Indonesia.

Setiap pembaruan yang dimiliki BBM masih kurang begitu mengesankan. Dilihat dari aplikasi sejenisnya sudah sangat jauh memiliki fitur yang lebih banyak seperti menambahkan cover, like, dan komentar. Tapi tentunya apabila itu ada pada BBM, maka bukan lagi terbilang aplikasi percakapan dan akan berubah segalanya menjadi Sosial Media. Fitur yang masih tergolong kurang adalah fitur unggah DP (Display Picture) yang masih terbatas, namun ada cara untuk melewati hal itu dan tetap bisa mengunggah gambar penuh, hal ini menggunakan aplikasi BBM Mod yang dibagikan gratis oleh pengguna di Internet.

BBM Mod adalah kompilasi dari sebuah BBM yang dialihkan oleh pengguna lain untuk menambah fitur yang baru, tidak banyak yang bisa melakukan hal ini kecuali mahir tentang ilmu program Android. Fitur yang ada pada Mod tersebut bisa dikatakan lebih banyak dan sebuah pembentukan modern dari aplikasi BBM normal. Akan tetapi hal ini masih tidak bisa dipecaya penuh apabila aplikasi BBM Mod tersebut tidak lulus tes pemeriksaan virus, karena aplikasi tersebut bukan berasal dari Play Store dan dibagikan dari publik melalui situs web. Disini Saya tidak ingin membagikan aplikasi BBM Mod, tapi membagikan seluruh fitur yang membuat orang ingin mencoba, silahkan simak berikut ini.

  1. DP Bisa Panjang – Diketahui bahwa pada BBM Original hanya bisa mengunggah foto dengan ukuran kotak, tapi jika pada BBM Mod ini bisa langsung menunggah sesuai resolusi foto asli dan bisa tampil panjang ketika dilihat, jadi pengguna tidak perlu melakukan pemotongan (crop) pada setiap gambar yang ingin diunggah.
  2. Memiliki Tampilan Bermacam – Macam – Jika dilihat pada BBM menggunakan warna biru sebagai UI dasar, berbeda lagi jika pada BBM Mod yang memiliki tampilan yang berbeda. Kadang bisa berbentuk gambar yang bisa diubah, ataupun latar belakang gambar permanen yang tidak bisa diubah.
  3. Menghilangkan Seluruh Iklan – Mungkin tidak bisa diucapkan dengan kata menghilang karena pada dasarnya BBM Mod ini hanya menyembunyikan iklan saja. Tentu hal ini terbilang tidak baik, tapi pada pengaturan masih terdapat pilihan untuk tetap menampilkan iklan ataupun menyembunyikannya.
  4. Menghilangkan Atau Memperbesar Gambar DP Obrolan – Pada BBM Original terlihat pada bagian daftar obrolan hanya disediakan tampilan icon berbentuk round (bundar) dan hanya menampilkan gambar kontak yang kecil. Nah gambar tersebut bisa diperbesar lagi ataupun dihilangkan jika memakai BBM Mod.
  5. Membuka Akun BBM Ganda – Saat ini BBM Mod terdiri dari 2 jenis, yaitu Clone dan Unclone. Apabila Clone memiliki package name yang berbeda, memungkinkan satu perangkat bisa memasang 2 aplikasi BBM, dan apabila Unclone mengharuskan pengguna untuk mencopot aplikasi BBM lama dan memasang yang baru.
  6. Membuat ENTER Sebagai Baris Baru – Ketahuilah bahwa BBM Original akan langsung mengirim pesan apabila pengguna menekan tombol ENTER pada keyboard, tapi pada versi Mod ini pengguna bisa menjadikan tombol ENTER tersebut sebagai baris baru dan untuk mengirim pesan bisa menggunakan tombol navigasi diatas keyboard.
  7. Daftar Stiker Gratis – Banyak stiker yang ada pada BBM perlu dilakukan pembelian, namun dengan BBM Mod akan disediakan daftar stiker yang dibagikan gratis oleh BBM dan tidak menampilkan stiker yang berbayar.
  8. Fitur Kunci Aplikasi – Hal ini bisa digunakan apabila BBM benar-benar sangat pribadi. Jadi pengguna bisa mengatur sebuah sandi untuk bisa membuka aplikasi BBM. Namun apabila lupa sandi tidak ada cara untuk memulihkannya kecuali melakukan hapus data pada aplikasi BBM.
  9. Bisa melakukan Backup Pada Ponsel ROOT – Apabila ponsel telah dilakukan ROOT, bisa membuat backup dari seluruh percakapan yang ada. Jadi apabila ingin melihat isi percakapan dahulu bisa melakukan restore kembali.
  10. Menghapus Seluruh Obrolan Dengan Sekali Klik – Bukan dimaksudkan sebagai menghapus kontak, namun menghapus obrolan saat ini yang ada pada BBM. Pengguna tidak perlu menandai obrolan mana yang akan dihapus karena seluruh obrolan akan langsung dihapus seketika.
  11. Menu Untuk Hapus Cache – Menu ini tidak bernama hapus cache, namun bernama Refresh BBM yang digunakan untuk menghapus setiap tembolok yang ada pada BBM. Hal ini juga bisa dilakukan apabila DP kontak ada yang tidak menampilkan gambar dan menetap pada gambar berwarna abu-abu.

Hanya itu saja yang selama ini Saya ketahui dan mungkin semakin tahun akan lebih banyak fitur yang disediakan oleh para modder BBM. Dan bukan maksud Saya mencegah menggunakan BBM Mod, namun sebaiknya sebelum menggunakannya lebih baik diperiksa atau tes virus dengan aplikasi antivirus yang ada pada perangkat supaya tidak ada hal yang tidak diinginkan. Selalu tampilkan iklan supaya BBM tetap memberikan kualitas yang terbaik pada seluruh pengguna, sebab apabila iklan disembunyikan, itu bisa merugikan pihak BBM sendiri. Lagipula jika ingin membuat iklan sepenuhnya hilang bisa dilakukan pembelian langganan dan dengan melakukan hal tersebut, pengguna akan memiliki stiker yang sangat banyak. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • laguvideo March 21, 2016, 2:34 am

    Apakah jika kita sudah menginstal aplikasi bbm sebelumnya, terus instal app bbm mod apakah data datanya akan hilang.. makasih sebelumnya

    • rrobyf March 21, 2016, 7:32 am

      Ya, karena meski menggunakan bbm clone maupun unclone harus mengisikan data kembali. Tapi data seperti kontak tidak akan hilang.

Leave a Comment