≡ Menu

AIMP – Pemutar Musik Terbaik Selain Winamp Pada PC

Memutar musik adalah salah satu hal yang banyak digrmari masyarakat, banyak sekali orang mengunduh lagu sesuai keinginan dan tergantung dari peminat masing-masing. Semakin merdu lagu yang ada maka semakin sering orang tersebut memutarnya. Dengan tehnologi saat ini, memutar musik dengan baik bisa dilakukan dengan headset maupun headphone, bahkan adapula yang tanpa kabel dan menggunakan jaringan wireless atau bluetooth. Ada bermacam-macam tipe musik yang ada dalam sebuah format, dan paling banyak ditemukan untuk sebuah lagu adalah MP3. Sebuah lagu yang berkualitas bisa dilihat dari equaliser yang ada, jika menyetel dengan baik maka lagu yang dikeluarkan semakin nikmat untuk didengarkan.

Jika pada ponsel smartphone saat ini terdapat macam-macam aplikasi pemutar lagu yang memiliki fitur yang banyak dan menonjolkan fitur audio saja. Jadi semua yang ada pada aplikasi tersebut hanya mengacu terhadap satu hal, dan hal tersebut adalah musik. Sedangkan pada PC juga ada puluhan software pemutar musik yang tak kalah menarik, karena kualitas yang ada pada PC lebih baik dari segi fitur visualiasi, equaliser yang lengkap dan ditambah banyak plugin yang mantap. Sekarang ini mungkin masih banyak orang yang menggunakan Winamp sebagai pemutar musik utama pada komputernya, padahal ada yang lebih baik lagi dan memiliki pengaturan yang jauh lebih banyak.

Winamp adalah salah satu pemutar musik paling terbaik sepanjang masa, tapi meskipun begitu masih ada pula software sejenis itu yang memiliki kemampuan yang serupa dan bahkan lebih baik lagi yang diberi nama Aimp. Seluruh fiturnya hampir sama dengan Winamp hanya saja terdapat kelebihan khusus. Aimp sendiri hanya memiliki ukuran yang sangat kecil untuk disebut sebagai pemutar musik yang memiliki fitur banyak. Dengan ukuran yang kecil tidak membuat perangkat berat ketika digunakan untuk melakukan multitasking, jadi sambil browsing dengan memutar musik tentu akan lebih nyaman.

Sama halnya dengan Winamp yang memiliki skin yang luar biasa banyaknya, pada Aimp juga terdapat banyak sekali skin yang bisa diunduh secara gratis. Tidak hanya skin saja, namun plugin juga bisa digunakan pada Aimp, bahkan plugin yang dipakai pada Winamp bisa juga digunakan pada Aimp, tapi tidak semua plugin, dan sebagian plugin dari Winamp adapula yang tidak bisa digunakan. Untuk keluaran musiknya tergolong mantap, ini sangat berpengaruh dari equaliser yang dipakai, saran Saya setel sebaik-baiknya menggunakan bantuan headset supaya guncangan seperti bass bisa dilihat dan diperbaiki lebih baik, jangan pernah menyetel dengan membuat semuanya menjadi maksimal, karena akan sangat buruk hasilnya nanti. Berikut ini beberapa gambaran dari Aimp silahkan lihat dibawah ini.

Aimp - Alterntive Pemutar Audio Selain Winamp Aimp - Alterntive Pemutar Audio Selain Winamp Aimp - Alterntive Pemutar Audio Selain Winamp Aimp - Alterntive Pemutar Audio Selain Winamp

Gambar diatas telah menggunakan skin Aimp dan jika ingin menggunakannya juga, silahkan cari pada halaman skin Aimp. Ada banyak sekali skin yang bagus-bagus dan bisa digunakan secara gratis. Semua skin masih bisa disimpan dan untuk menerapkannya bisa menaruh skin yang diunduh pada directory C:\Program Files\Aimp\Skins” lalu mengaktifkannya langsung pada pengaturan Aimp. Kadang beberapa skin memiliki pengoperasian yang cukup rumit, jadi sebagai saran Saya lebih baik memilih skin yang mudah dalam navigasinya supaya tidak bingung jika ingin melakukan suatu hal seperti pause, next, dan previous. Untuk mengunduh Aimp silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Alamat URL diatas khusus untuk PC Windows saja dan bisa digunakan dari Windows XP SP3 hingga Windows 8. Proses pemasangan atau instalasi sangatlah mudah dan Saya kira tidak perlu dijelaskan lagi karena sama saja seperti menginstall software biasanya. Aimp mendukung penuh Sound Effect dan DSP Manager, memungkinkan pengguna bisa mengatur sendiri seperti apa suara yang akan dikeluarkan ketika musik diputar nanti. Dan juga mendukung fitur hotkeys yang membantu untuk melakukan beberapa hal dengan cepat hanya dengan bantuan tombol dari keyboard saja. Hotkey yang sudah terpasang otomatis mungkin sudah dimengerti untuk pengguna yang sebelumnya memasang Winamp sebagai pemutar musik utama, contohnya seperti tombol spasi untuk play/pause, tombol ctrl (arah kanan/arah kiri) untuk mempercepat, dan lain-lain yang sama dengan Winamp. Pakai sekarang Aimp dan kamu akan mendapatkan pengalaman mendengarkan musik dengan sangat nyata dan berkualitas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • Saidz February 7, 2016, 7:18 am

    tak coba donlud bang, lagi rada bosen pakai itunes 😀

Leave a Comment