≡ Menu

Puffin – Browser Android Yang Mendukung Konten Flash

Puffin Browser adalah sebuah aplikasi browser yang mendukung flash dengan sangat sempurna. Memungkinkan pengguna bisa tetap nyaman saat mengunjungi website yang mengharuskan menginstall Adobe Flash pada perangkat. Dulu sekali pada PlayStore juga sudah disedaiakan Adobe Flash Player, namun entah kenapa aplikasi tersebut hilang dan tidak ada lagi pada Play Store, dan saat ini Adobe Flash Player untuk Android hanya bisa diunduh dari situs luar, ini sangat mengecewakan karena salah satu alat untuk memutar konten flash tidak tersedia pada Play Store. Tapi meskipun begitu masih terdapat alternative lain selain Adobe Flash Player.

Ada banyak aplikasi sejenis browser yang bisa memuat konten flash dengan baik, salah satunya Photon Browser yang memberikan akses flash penuh tapi pada aplikasinya masih terdapat iklan pada bagian bawah dan pengguna harus melakukan upgrade untuk menghilangkannya, tentu itu akan sedikit mengganggu jika sebuah browser memiliki iklan, pastilah penggunanya kurang nyaman ketika menggunakannya. Tapi ada browser yang sangat baik lebih dari dari itu dan diberi nama Puffin berlambangkan ikon burung. Browser tersebut sebenarnya juga memiliki fitur gratis dan premium, dan fiturnya jauh lebih baik ketimbang yang lainnya.

Puffin Browser memberikan fasilitas penuh pada browsernya seperti fitur mouse (track pad) tombol untuk bermain game, dan lain-lain. Tapi yang membuat pengguna sedikit tidak menyukainya adalah Puffin Browser masih terbilang cukup berat untuk dilakukan multitasking dengan aplikasi yang lain. Jadi supaya aktivitas borwsing lebih lancar, lebih baik tidak membuka aplikasi lain ketika berada pada Puffin Browser, mencegah terjadinya force close. Kecuali jika ponselnya memiliki RAM yang tinggi lebih dari 1GB, tentu bisa dilakukan multitasking tanpa adanya lag. Sudah lama sekali Saya menggunakan Puffin Browser untuk melihat-lihat konten flash dan mencoba membuka Youtube dan Facebook ternyata semua konten flash berfungsi dengan baik.

Meski tampilannya yang sederhana, tapi lihatlah bagaimana browser ini mengakses konten flash, bisa dibilang paling baik karena sangat cepat dan nyaman sekali. Bisa juga dilakukan webcam langsung dari konten flash, jadi semua fturnya sudah menyamai seperti telah menginstall Adobe Flash Player. Saat menggunakan Puffin Browser, pertama kali akan diberikan sedikit tata cara penggunaan dan melihat apakah flash bekerja sepenuhnya atau tidak, dan Puffin Browser sendiri telah menyiapkan halaman khusus untuk mencoba webcam dari flash. Berikut ini beberapa cuplikan gambar yang ada dari Puffin Browser, silahkan lihat dibawah ini.

Puffin Browser - Mendukung Flash Puffin Browser - Mendukung Flash Puffin Browser - Mendukung Flash Puffin Browser - Mendukung Flash

Tampilannya yang sederhana membuat setiap penggunanya akan merasa mudah ketika mencari sesuatu atau pengaturan yang ada. Tombol bantuan saat mengunjungi website juga sudah disediakan secara tranparan pada bagian bawah. Puffin Browser ini mengingatkan pada era ponsel Java yang masih terdapat aplikasi Bolt yang bisa juga memutar konten flash yang ada pada website, tapi saat ini Bolt sudah tidak berkembang lagi pada browser karena servernya telah mati dan tidak bisa digunakan lagi untuk melakukan browsing. Seperti yang Saya katakan diatas tadi bahwa Puffin Browser ini mendukung fitur mouse yang bisa ditemukan pada beberapa tombol kecil dibawah ketika mengunjungi suatu website. Mouse yang disediakan berbentuk trackpad, jadi akan diberikan sedikit kotak kecil untuk menggerakan mouse dengan baik. Menarik bukan ? Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Aplikasi Puffin Browser membutuhkan Android keatas, memiliki ukuran Mb, tidak membutuhkan cache atau data tambahan. Untuk sebuah aplikasi browser, Puffin memang memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibanding browser yang mendukung flash lainnya, ini disebabkan fitur yang ada pada Puffin hanya mengunggulkan dalam konten flash saja. Cobalah membuka Facebook dengan Puffin Browser, dan kamu akan melihat versi desktop pada situs Facebook dan semua fungsinya tentu bisa dilakukan. Browser lain yang mendukung Flash adalah Dolphin browser, tapi dalam kinerja untuk memuat konten flash, Puffin lebih baik dari semuanya. Karena Dolphin sendiri masih membutuhkan Adobe Flash Player yang terpasang supaya bisa memuat konten flash. Jika disimpulan, Puffin adalah browser yang bisa dipakai pada ponsel dalam versi normal atau HD (tablet), karena fitur flash yang ada juga masih dapat dimatikan pada pengaturan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment