≡ Menu

Cara Mengatasi USB Android Tidak Terdeteksi Di PC

USB Tidak Terdeteksi di PC

Semua smartphone memiliki sebuah lubang khusus yang bisa disambungkan dengan komputer, kabel yang dapat dihubungkan dengan PC atau lainnya yang digunakan untuk melakukan transfer file dan menerimanya disebutkan sebagai USB. Kebanyakan orang melakukan hal ini dibanding dengan Bluetooth, akibat prosesnya yang sangat cepat tergantung dari kecepatn memory yang ada, biasanya semakin tinggi class memory, maka semakin cepat pula proses pengiriman file. Tapi selain Bluetooth, sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang menggunakan jaringan WiFi untuk mengirimkan file, dan pastilah masih kalah cepat jika dibanding mengirim menggunakan USB, namun lebih cepat jika dibandingkan dengan Bluetooth.

Pada ponsel lama juga sudah disediakan lubang khusus untuk USB, contohnya saja Nokia. Terdapat lubang khusus yang menyerupai charge ponsel CDMA lawas, dan ponsel bentukan sekarang ini hanya menggunakan 1 lubang yang sama, jadi bisa digunakan untuk charge dan USB, kecuali lubang headset, tapi adapula ponsel lama yang menggabungkan itu semua, dari charge, UB dan lubang headset, yaitu ponsel lama yang dibuat oleh Sony. Ada banyak orang yang menggunakan kabel USB yang berbeda untuk melakukan charge saja, dengan maksud tidak menggunakan kabel USB pabrik, padahal lebih baik menggunakan kabel yang original karena cocok dengan baterai dan aman.

Mengetahui bahwa saat ini juga banyak sekali sebuah Power Bank yang dalam satu paket juga memberikan charge untuk beberapa ponsel, biasanya orang tersebut menggunakan kabel berjenis USB itu tanpa mengetahui apakah itu kabel USB atau hanya sekedar untuk charge ? Dan jawabannya, kabel charge yang ada pada Power Bank hanya bisa dilakukan untuk charge dan tidak bisa dilakukan pengiriman file menuju PC/Komputer. Jadi jika kamu mencoba menggunakan kabel charge dari Power Bank pada PC, jadinya hanya akan melakuka charge saja dan tidak ada notif bahwa fitur dari USB sudah disiapkan.

Kabel USB tidak dilihat dari panjang pendeknya ukuran kabel, karena banyak sekali kabel yang memiliki ukuran pendek yang mendukung USB, tapi ada juga yang tidak, contohnya seperti pada kabel charge Power Bank yang kebanyakan memiliki ukuran sangat pendek. Jadi disini Saya ingin menjelaskan bagaimana cara mengatasi Android yang tidak terdeteksi oleh PC, dengan maksud tidak bisa melakukan transfer file yang ada pada SD Card dan Internal Memory. Ini bukan masalah yang rumit dan masih bisa diatasi apabila kamu mengalami hal semacam ini. Biasanya pengguna hanya perlu mengklik satu tombol pada halaman Transfer File yang ada pada notifikasi, tapi jika saat setelah diklik, tidak ada respon pada PC, dengan ini sepertinya ada pengaturan yang salah pada ponselnya, dan untuk mengatasinya silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan hidupkan ponsel Android dan sambungkan ke PC menggunakan USB, akan lebih baik menggunakan kabel USB original dari pabrikan ponsel.
  2. Selanjutnya setelah disambungkan pada PC, otomatis jika USB terdeteksi akan terdapat pemberitahuan seperti Sentuh tombol untuk mentransfer file dan silahkan klik. Tunggu beberapa detik, jika tidak ada respon apapun dari PC, silahkan coba ulangi lagi.
  3. Apabila sudah diulangi lagi tapi masih tidak terdeteksi, silahkan menuju Pengaturan dan klik Penyimpanan
  4. Pada bagian Penyimpanan, Akan ada ikon berbentuk USB pada kanan atas atau terdapat tulisan bernama Koneksi Komputer USB, silahkan klik.
  5. Sekarang pada bagian ini, silahkan centang pada Perangkat Media (MTP) dan tunggu beberapa detik, pasti akan terdeteksi.

Cara diatas memang terlihat sulit apabila hanya sekedar dilihat saja, tapi akan lebih mudah jika sambil dipraktekan. Jadi intinya, pengguna hanya perlu memberikan centang atau ceklis pada bagian Pengaturan Media (MTP), sebab jika tidak diberi centang, maka PC tidak akan bisa membaca data pada seluruh memory. Tapi ada juga orang yang mengalami masalah ketika ponselnya bisa tersambung oleh PC dengan USB tapi hanya mendeteksi internal memory saja, sedangkan SD Card tidak terdeteksi, ini adalah masalah yang bisa dialami 2 sebab, yaitu kesalahan pada ponsel atau SD Card itu sendiri. Saran Saya jika mengalami hal seperti itu silahkan coba sambungkan SD Cara dengan alat Card Reader, jika terdeteksi berarti tidak ada kesalahan pada SD Card. Dan jika kesalahan ada pada ponselnya, hal yang harus dilakukan adalah factory reset, atau jika sering mengganti Custom ROM, bisa jadi kesalahan pada cusrom yang dipakai dan harus diganti. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 6 comments… add one }
  • S.o July 5, 2017, 3:54 pm

    Punya aaya charger asli. Tapi kok tetap tidak bisa ya? Mohon bantuannya.. :’)

    • rrobyf July 6, 2017, 1:18 pm

      Apa sudah menekan tombol untuk menautkan memory ke komputer gan?

  • hvvh April 20, 2017, 10:58 am

    brarti USB charger tidak bisa buat ngirim file ya?

    • rrobyf April 20, 2017, 1:25 pm

      Jika itu USB Charger asli ponselnya pasti bisa, tapi jika bukan original, kadang tidak bisa.

  • Eko December 8, 2016, 11:08 am

    Di hp saya tidak ada pemberitahuan..tapi langsung ngecas..gmna tu gan?

    • rrobyf December 9, 2016, 11:11 am

      Bisa diberitahukan menggunakan versi Android berapa ya? Sepertinya harus menuju pengaturan dan mengaktifkan media storage secara manual.

Leave a Comment