≡ Menu

Cara Mengatasi Kinerja Laptop Yang Lambat

Atasi Laptop Yang Lambat Dengan Mudah

Ada banyak sebab yang membuat laptop menjadi lambat saat memulai, menjalankan suatu program, dan lain-lain. Semua hal tersebut masih bisa diatasi dan yang paling penting dari segalanya adalah menghapus software yang sekiranya tidak pernah dipakai. Software yang sudah lama dan memiliki ukuran yang besar, terkadang menjalankan program pada background dan harus dihentikan langsung dari Task Manager. Namun apabila software tersebut tidak dipakai untuk jangka waktu lama, misalnya game yang sudah membosankan, alangkah baiknya untuk menghasusnya, selain tidak memakan memory pada proses backgrund, juga bisa menghemat ruangan pada HDD.

Masih banyak orang yang memiliki laptop dengan RAM 4GB kebawah, bisa jadi hanya 1GB atau 2GB. Jika sudah 2GB itu lumayan baik ketimbang 1GB yang sangat sedikit sekali dan kurang. Sebenarnya RAM sendiri masih bisa diupgarde dan harganya tergantung besarnya ukuran. Dengan melakukan upgrade RAM yang lebih tinggi, laptop akan lebih baik dalam proses multitasking dan saat booting tidak akan terasa lambat, dan saat ini sudah banyak sekali laptop yang memiliki RAM 8GB keatas, dan tentunya cocok untuk gamer yang selalu memainkan game dengan setelan maksimal atau high settings. Mengingat saat ini banyak sekali game yang bertebaran dan memiliki grafis yang sangat baik, akan kurang rasanya dimainkan dalam keadaan laptop yang lambat, karena akan terjadinya lag.

Sebenarnya laptop yang lambat saat memainkan game, kemungkinan kecil tidak hanya pada RAM, tapi kartu grafis yang ada juga harus mumpuni, sehingga game yang dimainkan tidak akan macet-macet. Contohnya saja game Goat Simulator. Pernah Saya coba pada laptop 2GB dengan VGA Intel HD Graphic dan alhasil terasa agak lambat sedikit, lalu Saya coba pada laptop yang lain dengan RAM yang sama yaitu 2GB dan VGA NVIDIA, hasilnya tidak lambat dan berjalan smooth. Tapi yang dibicarakan pada artikel ini bukan soal game, melainkan mengatasi lambat laptop yang terlalu berlebihan. Bayangkan, jika membuka program sangat lambat, apalagi bermain game HD, pasti akan terasa menjengkelkan.

Sedikit contohnya lagi soal laptop yang lambat. Ketika laptop tersebut baru saja dinyalakan, biasanya orang hanya perlu menunggu sekitar 1 menit dan semua proses sudah siap. Tapi jika laptop yang lambat, perlu waktu lebih dari itu, ini biasanya terjadi karena banyaknya proses startup yang dimulai secara tiba-tiba, dan tidak perlu khawatir karena proses tersebut masih bisa diatasi dan dihentikan dengan bantuan software khusus. Adapula laptop yang sering digunakan untuk memasang semacam file cheat untuk memainkan game secara curang. Itu sebenarnya akan menjadi virus yang besar apabila file cheat tersebut diunduh dari sumber yang tidak terpercaya. Biasanya akan merusak komponen dalam dan menghapus, bahkan menambah suatu script khusus yang memungkinkan perangkat mulai melambat. Tapi untungnya masih terdapat antivirus, jadi hal ini masih bisa diminimalisirkan. Berikut ini beberapa cara membuat laptop tidak lambat, silahkan simak dibawah ini.

  1. Hapus Program Yang Tidak Pernah Dipakai – Ini yang Saya utamakan, karena software yang tidak pernah terpakai hanya membuat HDD penuh, dan jika terdapat proses pada background, itu sangat mengganggu, karena akan memakan sedikit memory dari RAM yang tersedia.
  2. Matikan Program Yang Mulai Secara Otomatis – Silahkan matikan program startup yang ada. Karena ini sama saja menjalankan program ketika perangkat dalam keadaan mulai dihidupkan. Cukup matikan program startup yang tidak penting saja. Untuk melakukannya bisa menggunakan software Ccleaner
  3. Hapus File Sampah – Biasanya dinamakan file temporarry atau sementara, tapi ini juga bersifat sebagai sampah karena hanya file cache saja yang biasanya ada pada browser. Jika tidak dihapus akan bertambah hingga berGB besarnya. Selain memenuhi HDD sistem, ini juga memberatkan, karena ada pada drive sistem. Untuk melakukannya bisa mengguanakn software Ccleaner
  4. Sisakan Ruangan Besar Untuk Drive Sistem – Terkadang orang tidak tahu bahwa pada drive C (sistem) sangatlah penting untuk dijaga, karena jika terjadi corrupt, otomatis laptop akan tidak terkendali. Sebagaimana layaknya ponsel, jika internal memory hanya diberikan ukuran yang sedikit, pasti akan sangat lambat, begitu pula laptop, jika drive C penuh akibat file backup, system restore point, sebaiknya dipindahkan atau dihapus saja.
  5. Defrag HDD – Dengan melakukan defrag, bisa meningkatkan kecepatan pada HDD, tapi proses ini memakan waktu yang lama tergantung besarnya ukuran HDD saat ini. Metode ini aman dan tidak merusak, jadi jangan khawatir untuk mencobanya, karena banyak sekali orang yang sudah melakukan metode ini termasuk Saya sendiri.
  6. Hapus Registry Error – Ini belum Saya rasakan sendiri apakah benar-benar bisa melambatkan kinerja program atau tidak, tapi banyak sekali orang yang bilang, jika registry error menumpuk, maka kinerja perangkat juga terkena dampaknya, jadi akan lebih baik dihapus. Untuk melakukannya bisa menggunakan software Ccleaner.
  7. Ganti Dengan Antivirus Avast – Dikarenakan antivirus yang lain selalu membuat kinerja perangkat menjadi lambat akibat proses background yang memakan banyak memory RAM, lebih baik menggunakan Avast yang terbukti hanya memakan sedikit memory RAM yang tersedia, dibanding yang lainnya, Avast jauh lebih cocok untuk laptop low-end
  8. Jangan Sering Gunakan File Cheat – Ini yang terakhir, sebaiknya jangan menggunakan file cheat game terlalu sering. Dengan maksud file cheat yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan program tersebut dari administrator, karena jika itu dilakukan, berarti file cheat tersebut bisa menghapus, menulis, dan lain-lain pada sistem.

Beberapa cara diatas sudah bisa digunakan untuk meminimalisir laptop yang melambat dalam kinerjanya. Dan saran Saya gunakan dari yang paling atas. Kebanyakan orang tidak mengerti dari sistem startup yang ada, dan membiarkan mengaktifkannya, sebenarnya tidak masalah jika laptop yang dimiliki memiliki spesifikasi yang tinggi, namun jika hanya sedikit, lebih baik dimatikan beberapa yang tidak penting. Melakukan defrag juga sangat dianjurkan, karena bisa mempercepat proses pembukaan manager file dan memindahkan file. Dibeberapa game booster juga menganjurkan untuk melakukan defrag pada folder game supaya lebih lancar saat memainakannya. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment