≡ Menu

Cara Menambah URL Ke Google Dengan Mudah

Cara Tambah URL Di Google Lebih Mudah

Memiliki website yang masih baru memang sulit untuk mendapatkan pengunjung yang banyak, dan butuh perjuangan untuk mendapatkan pengunjung tetap. Banyak sekali saat ini website yang memiliki rata-rata pengunjung tetap perharinya dan seiring jalannya waktu akan bertambah, dan terus bertambah. Semua itu hanya butuh waktu dan sedikit perjuangan untuk membuat website semakin banyak pengunjung. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pengujung yang lumayan banyak meski website belum 3 bulan. Tentu tidak sebanyak yang dibayangan, tapi bisa mendapatkan sekiranya 1000 pengunjung unik setiap hari. Tapi butuh upaya untuk mendapatkannya, dan akan lebih bagus jika memiliki modal.

Mungkin pengguna website baru, akan sulit memahami kenapa banyak sekali orang yang memasang iklan pada web orang lain. Jika menurut Saya sendiri, orang yang memasang iklan tersebut memang ingin menrgetkan pengunjung dari situs yang dipasangi iklan tersebut. Jadi pengunjung yang masuk sesuai kategori yang diinginkan. Misalnya Saya memiliki website kategori game, pasti tidak akan mungkin mengiklan pada website obat-obatan, dan lebih memilih mengiklan pada website yang memiliki kategori yang membahas game, contohnya pada forum. Begitulah cara kerja orang yang bisa mendapatkan pengunjung yag sesuai keinginannya, dengan cara itu produk yang dijual pada websitenya juga pasti akan ada yang berminat,

Membahas sebuah kategori, ini hampir sama dengan tags atau label, bahkan keyword. Dan untuk melakukan penerapan situs, Google sudah membuatkan semacam keyword tertentu yang bisa dijadikan semacam tags pada artikel yang ada. Tapi akhir-akhir ini banyak yang bilang, Google sudah tidak mendukung meta keyword, tapi anehnya pada halaman untuk manambahkan URL secara umum masih terdapat kolom untuk mengisikan keyword. Saya sendiri masih belum mengerti lebih apakah masih berguna keyword yang ada pada Google ? Tapi fitur menambahkan URL yang ada pada halaman Google ini masih bekerja sepenuhnya.

Tepatnya akhir tahun 2015, Saya membuat website baru dengan subdomain, bukan domain dan sengaja hanya untuk mencoba-coba saja dan tidak mendaftarkan pada Search Console maupun membagikan pada social media atau situs lainnya. Jadi otomatis website Saya tersebut tidak terindex sama sekali pada Google. lalu Saya mencoba menuju halaman menambahkan URL Google yang sudah ada sejak dulu. Sekitar 1 hari Saya melihat hasilnya setelah menggunakan fitur tersebut dan ternyata website dengan subdomain Saya terindex pada Google. Semua halaman pada situs Saya terindex kecuali link nofollow. Jadi bisa Saya simpulkan bahwa fitur ini sejenis perayapan manual pada Search Console. Berikut ini cara untuk melakukannya.

  1. Pertama-tama siapkan website yng ingin dirayapi URLnya. Jika sudah silahkan menuju http://www.google.co.id/add_url.html.
  2. Pada bagian URL, silahkan isikan dengan URL situs yang ingin dirayapi. Dan pada bagian Tanggapan silahkan isikan dengan keyword.
  3. Untuk bagian tanggapan bisa menggunakan tanda koma untuk multi keyword, dan jika sudah selesai, silahkan klik Submit dan tunggu hingga proses selesai.

Terakhir Saya mencobanya adalah akhir tahun 2015, dan untuk kedepannya Saya masih tidak tahu apakah fitur ini berfungsi dengan baik ataupun tidak. Dengan melakukan perayapan, berarti URL yang telah dituliskan akan diindex dan semua link yang ada pada didalamnya. Alat ini hanya merayapi sekali saja, jadi tidak bisa berkali-kali layaknya telah mendaftar pada Google Search Console. Dengan maksud, URL yang telah disubmit hanya akan dirayapi sekali itu saja, dan jika ingin dirayapi ulang, silahkan ulangi lagi seperti awal. Bisa dilihat bahwa cara ini bisa digunakan untuk mempercepat proses index dan akan lebih sepurna juga dengan mendaftar pada Google Search Console.

Jangan menggunakannya terlalu berlebihan. Cukup beberapa kali dalam sebulan supaya tidak dianggap spam. Apalagi menggunakan alat otomatis untuk melakukan cara ini, Saya jamin tidak lama situs bisa langsung terkena penalty dan tidak diindex lagi. Ini berbeda dengan PING yang sekedar memberitahukan mesin pencari akan konten baru dan diperingatkan, tapi sekali menggunakan cara ini, sehari pasti langsung diproses untuk index URL yang telah dicantumkan. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment