≡ Menu

Cara Menambah Progress Bar Loading Pada Chrome

Cara Menambah Progress Bar Pada Chrome

Chrome adalah sebuah browser yang dibuat khusus oleh Google dan telah menjadi salah satu dari browser terbaik yang pernah ada pada PC. Selain hanya pada PC, Chrome juga banyak sekali ditemukan pada ponsel Android, dan kemungkinan besar, Chrome adalah browser terbaik pada kalangan mobile Android. Banyak sekali browser lain yang menggunakan jasa Chrome dalam menjelajahi sebuah website, salah satu yang populer adalah Opera. Browser tersebut menggunakan Chrome sebagai alat bantuan untuk menjelajahi semua situs website, tapi memiliki fitur yang lebih baik, meskipun begitu tetap saja measih menggunakan bantuan Chrome yang disebut Chrominium.

Hingga saat ini, Saya sendiri masih menggunakan Opera, karena lebih ringan dibanding Chrome, tetapi meski berbeda, semua fitur yang ada pada Chrome juga ada pada Opera dan bagian terbaiknya, semua Extension yang ada pada Chrome bisa digunakan pada Opera dan hanya khusus Extension saja. Jika diperhatikan, Opera dan Chrome sendiri tidak memiliki sebuah progress bar pada bagian apapun setiap membuka suatu website, dan ini meresahkan bagi beberapa orang yang masih menggunakan koneksi yang terbatas, karena tidak tahu sampai mana loadingnya akan berakhir, karena apabila tidak berakhir, hanya akan tampil blank saja atau memuat halaman yang sama tanpa adanya progress bar.

Berbeda lagi dengan UC Browser for PC yang juga menggunakan bantuan Chrome sebagai alat browser pada speed mode, tapi masih menampilkan proses loading pada bagian atas. hal tersebut juga tidak memerlukan bantuan dan asli dari browsernya. Namun masih disayangkan, meski UC Browser for PC ini memiliki fitur yang luar biasa dan lebih banyak dibanding browser berbasis Chrominium yang lainnya, tapi masih kurang baik digunakan untuk PC low-end akibat konsumsi RAM ayang berlebihan membuat PC low-end mudah cepat panas dan jika diteruskan, tentu akan merusak komponen dalam kecuali menggunakan cooling pad, pasti masih bisa meringankan suhu panas yang ada.

Jika masih belum mengerti atau mengetahui apa itu progress bar ? Jadi menurut Saya, progress bar adalah salah satu objek dari bentuk sebuah loading atau proses memuat, dan saat ini pembahasannya adalah proses memuat saat membuka halaman apapun, contohnya Facebook, Twitter, dan lain-lain. Apabila masih bingung, silahkan buka GMail dan masuk menggunakan akun Google. Maka saat proses menuju Kotak Masuk akan terdapat sebuah objek loading, dan objek tersebut yang disebut sebagai progress bar. Atau menonton sebuah video di Youtube, pasti saat menonton, akan melihat kurang berapa menit video ini akan berakhir, dan seperti itulah progress bar. Berikut ini tata cara menambah progress bar pada Chrome dengan mudah.

  1. Pertama-tama silahkan buka browser Chrome dan langsung saja pasang extension ini Pace4Chrome
  2. Setelah terpasang silahkan buka Extension Manager dan pilih Option pada Pace4Chrome.
  3. Pada bagian ini, kamu bisa memilih progress bar mana yang ingin digunakan, silahkan pilih salah satu yang disukai. Dan apabila sudah memilih, silahkan klik tombol Save Changes Lalu coba buka halaman website apa saja, pasti progress bar akan tampil
  4. Bisa juga mengganti warna biru dengan warna yang diinginkan menggunakan kode warna, silahkan cari pada halaman Kode Warna Wikipedia
  5. .

Sangat mudah sekali bukan ? Intinya hal ini terbantu oleh Extension yang bernama Pace4Chrome yang memiliki berbagai animasi loading yang menarik. Bisa digunakan juga untuk Opera dan browser Chrominium yang lainnya. Hanya saja progress bar yang ada masih tidak bisa melihat berapa persen saat proses upload, hanya menampilkn proses pembukaan loading saja, dan ketika mengupload sesuatu, tidak akan tampil, karena sebagian website yang menyedikan fitur upload file sudah menggunakan Javascript yang membantu untuk menampilkan progress bar lebih baik. Saya sendiri menggunakan extension ini hingga sekarang dan memang terbantu ketika koneksi benar-benar tidak bersahabat dimalam hari.

Terdapat tombol Show Advanced Option, dikhususkan bagi pengguna yang telah mengerti tentang elemen CSS, jadi jika masih tidak mengerti sebaiknya tidak diubah. Adanya fitur Restore Default juga untuk melakukan pengembalian seluruhnya menjadi seperti baru dipasang. Hingga saat ini hanya extension ini saja yang Saya temukan untuk menampilkan progress bar pada Chrome dan masih tidak atau belum ditemukan extension lain sejenis ini yang bisa memberikan proses lengkap seperti pengeluaran kilobyte ketika membuka halaman, mungkin ada tapi Saya belum mengetahuinya, jika sekiranya ada yang pernah tahu, mohon cantumkan pada kolom komentar, Saya akan berterima kasih untuk itu. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • ramana July 29, 2017, 3:25 am

    thanks for sharing

Leave a Comment