≡ Menu

Cara Memasang Extension Chrome Pada Opera

Cara Membuat Extension Chrome Bekerja Pada Opera

Hampir semua browser yang tersedia pada komputer memiliki sebuah alat tambahan yang bernama Addons atau Extension. Dari namanya memang berbeda, tapi dalam segi kegunaan sangat sama persis untuk membantu browser melakukan hal yang lebih. Jika pada Firefox pastilah sudah dikenal dengan nama Addons, sedangkan pada Chrome adalah Extension, pada Internet Explorer juga menggunakan Addons, dan pada golongan Chrominium seperti Opera & UC Browser menggunakan nama extension. Saat ini banyak sekali browser yang mengandalkan chrome sebagai default browser karena fiturnya yang sangat baik, dan bahkan Opera yang termasuk 3 browser terbesar juga menggunakan Chrome atau bisa dibilang Chrominium Browser.

Jika kamu pernah mengetahui browser yang memiliki interface yang sama seperti Opera pada pengaturan dan lain-lain, dan seluruh extensionnya, berarti browser tersebut menggunakan browser based chrominium. Tidak hanya mudah dalam pemrogramannya, namun setelan yang ada sangat cukup untuk sebagai browser terbaik. Banyak software yang menyediakan alat untuk membangun browser yang hanya mngambil dari satu alamat saja, jadi browser tersebut hanya dibuat semacam WebView, dan kebanyakan menggunakan Chrominium, jadi tidak heran jika Chrome adalah browser yang sangat baik sepanjang masa.

Pada artikel ini Saya ingin membagikan tentang cara membuat Opera mendukung untuk memasang extension dari halaman Chrome, karena Opera sendiri masih berbasis browser Chrome, hanya saja file ekstensi yang dipakai pada browser sejenis Opera ini adalah .crx dan bisa diunduh langsung dan dibuka, atau mengunduh dari Chrome lalu diganti nama. Tapi orang yang tidak tahu cara mengunduh extension pada Chrome pastilah akan kesusahan mendapatkan filenya dan merubah namanya. Tapi pada Opera sendiri sudah tersedia extension khusus yang bisa mengunduh langsung pada halaman Extension Chrome dan tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Berikut ini caranya silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan buka browser Opera, Selanjutnya langsung saja pasang extension ini. https://addons.opera.com/en/extensions/details/download-chrome-extension-9/?display=en.
  2. Jika extension sudah terpasang pada Opera, lanjutkan menuju situs https://chrome.google.com/webstore/category/extensions?hl=id dan pilih extension chrome yang ingin dipasang.
  3. Jika sudah dipilih, langsung saja klik tombol Tambah ke Opera. Tunggu sekejap hingga terdapat notif bahwa extension telah dimatikan karena dari sumber tidak dikenal pada dibagian atas, dan apabila sudah terdapat notif, langsung saja menuju menu Manage Extension pada Opera dan aktifkan extension yang baru saja diunduh.

Mudah sekali bukan ? Intinya dari extension yang bernama Download Chrome Extension ini adalah mengunduh file extension yang ada pada halaman chrome, lalu mengganti nama menjadi .crx supaya bisa digunakan pada browser berbasis chrominium. Tapi jika ingin mengunduh extension yang ada pada Opera dan ingin memasangnya pada Chrome, cukup klik save pada tombol Add to Opera yang ada pada Opera dan mengganti nama dari extensi .crx menjadi . Saat ini Opera hanya memiliki extension yang tidak banyak dan jika digabungkan dengan chrome, itu baru dibilang lengkap.

Seperti halnya pada UC Browser juga yang sudah bisa mengunduh extension langsung pada halaman Chrome tanpa harus memasang extension lain. Jika Opera seperti itu mungkin akan lebih baik lagi. Tapi yang penting Opera saat ini sudah bisa menggunakan extension milik Chrome meski dengan bantuan antar extension. 😀 Bicara soal extension ini sangat rumit, karena disini tata caranya mengunakan extension yang akan mengunduh extension, jadi Saya sendiri cukup sulit untuk menjelaskannya, tapi cara diatas sudah cukup untuk bisa memasang extension yang ada pada Chrome, apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment