≡ Menu

Tips Mengatasi Browser Yang Tiba-Tiba Macet Di PC

Mengatasi Browser Yang Macet

Browser adalah salah satu alat yang digunakan untuk menjelajahi Internet, tanpa browser, orang akan kesusahan untuk mengunjungi setiap website dan mungkin ini mustahil untuk mengunjungi website. Saat ini sudah banyak sekali penyedia browser garatis untuk ponsel maupun komputer dan kebanyakan pada komputer adalah Mozilla, Chrome, dan Opera. Selain ketiga itu masih kurang begotu populer, karena hanya ketiga browser itulah yang paling lama dan sangat bagus dibuat untuk mengujungi website, berbeda dengan Internet Explorer yang sangat minimalis dan penggunanya tidak terlalu banyak, kemungkinan saat ini pengguna komputer paling banyak menggunakan Mozilla dibanding yang lain karena mudah, cepat, dan ringan.

Kadang beberapa orang pernah mengalami hal yang membuatnya terus berpikir terus-menerus, seperti browser yang tiba-tiba berhenti, atau tidak bisa dibuka. Biasanya hal ini diawali koneksi internet yang sudah terkoneksi tapi saat ada dibrowser tersebut tidak bisa menjelajahi website, sedangkan mencoba pada browser lain bisa berfungsi dengan baik. Ada banyak sebab dari hal ini dan kurang lebihnya, browser tersebut mengalami corrupt data didalamnya, bisa dari Antivirus yang menghapus komponen dalam browser, ataupun lain-lain. Contohnya jika menggunakan Avast atau yang lain, file yang bersifat mencurigakan akan langsung dipindah ke karantina, ini ada benarnya tapi bisa disebut salah juga, yang pasti setiap antivirus membuat pengguna tetap aman, dan sedangkan ini bisa membuat browser menjadi rusak dan tida dapat dibuka.

Untuk mengatasi hal ini salah satu solusi pasti adalah dengan install ulang browser tersebut, tapi disini Saya memiliki beberapa alternative selain install ulang, dan bisa saja ini tidak ada kaitannya dengan antivirus, namun pada browser tersebut terdapat virus. Setiap virus memang mengganggu bagaimanapun caranya harus dibasmi dan dihilangkan, Dan kamu bisa melakukannya dengan mudah. Tidak membutuhkan antivirus yang benar-benar canggih, karena untuk browser sudah ada sendiri antivirus yang benar-benar bisa dipercaya akan kualitasnya dan terbukti bisa menghilangkan virus tanpa merusak browser tersebut. Berikut ini beberapa cara mengatasi browser yang tidak dapat dibuka, silahkan simak dibawah ini.

  1. Restart Explorer Atau Komputer – Silahkan lakukan restart proses explorer.exe pada task manager. Tapi jika kamu tidak bisa melakukannya silahkan langsung saja restart komputer, karena hal ini sama saja. Langsung restart explorer jauh lebih cepat, sedangkan jika restart komputer jauh lebih bagus tapi lambat.
  2. Gunakan ADWCleaner – Jika cara diatas tidak bisa, silahkan analisa dengan adware cleaner (ADWCleaner), bisa diunduh secara gratis silahkan cari pada blog ini atau pada mesin pencari Google.
  3. Hapus File Sampah Dengan Ccleaner – Silahkan coba hapus file sampah dari browser dari Ccleaner atau software pembersih yang kamu punya, terkadang browser tidak mampu membuka akibat riwayat yang terlalu banyak, misalnya 1 atau berbulan-bulan belum dihapus.
  4. Coba Masuk Melalui Task – Cara ini bisa dibuat pancingan apabila browser tidak bisa masuk apabila kesalahan pembukaan dan muncul beberapa kode, jadi silahkan coba klik kanan pada browser dari taskbar dan pada bagian Task, silahkan klik New Tab.

Hanya sedikit cara diatas yang bisa Saya bagikan untuk mengatasi browser yang tidak bisa dibuka sempurna pada PC, jadi sebelum melakukan instal ulang lebih baik melakukan cara paling atas kebawah. Beberapa orang memiliki informasi penting pada browsernya, seperti informasi login, halaman bookmarks, dan lain-lain, untuk itu sekarang lebih baik menginstall addons yang berfungsi untuk menyimpan semua yang ada dari yang Saya sebutkan tadi, jadi apabila browser rusak dan harus melakukan instal ulang, masih bisa didapatkan kembali. Ini adalah wajar, dan sudah banyak sekali yang merasakan hal sejenis ini termasuk Saya yang sudah pernah dua kali, dan ternyata dikarenakan virus browser.

Beberapa orang memiliki browser yang digunakan sehari-hari, dan jika tidak dapat dibuka, maka akan terasa berbeda ketika menggunakan browser yang lain. Browser tertentu juga bisa dilakukan desain terhadap menu, wallpaper dan sebagainya, jadi apabila kehilangan browser yang sudah menjadi penglihatan sehari-hari dari navigasi, speed dial, dan sejenisnya, akan terasa seperti membosankan. Saya sendiri sudah terbiasa menggunakan browser Opera, dan hingga saat ini masih menggunakannya pada komputer. Jadi ketika Saya pergi ke warnet dan mencoba dengan browser lain, seperti kurang cocok, baik tampilannya, dan semua menu dan navigasinya. Untuk itulah sebaiknya jika kamu memiliki browser yang sekiranya digunakan sehari-hari, lebih baik menyimpan semuanya yang tergolong penting. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment