≡ Menu

Cara Mengatur Konektivitas Modem Pada Mobile Partner

Mengatur Konektivitas Modem Dengan Mudah

Perangkat PC kebanyakan Laptop sering kali menggunakan Modem untuk melakukan konektivitas jaringan dan bisa terhubung ke Internet. Tanpa Modem juga masih bisa menggunakan jaringan nirkabel Wi-Fi dan keduanya sama-sama bagusnya dalam urusan koneksi karena tergantung kecepatan dari signal & jaringan yang didapat. Mengetahui saat ini jaringan 4G sudah banyak ditemukan dibeberapa wilayah Indonesia, dan semakin maraknya juga modem yang mendukung 4G. Kurang lebih modem yang sudah mendukung 4G memiliki harga sekitar 500ribu tergantung brand/merk. Dengan kecepatan 4G, pengguna bisa mengunduh apapun dengan cepat, misalkan saja 1GB, mungkin hanya perlu menunggu beberapa menit saja dan telah selesai, berbeda dengan 3G yang kecepatannya masih maksimal sekitar 1Mb per detik, sedangkan 4G, melipat gandakan dari 3G dan jauh lebih baik.

Tentu dengan menggunakan jaringan 4G, modal yang dikeluarkan harus tinggi untuk membeli kuota. Dan tidak banyak orang menggunakan 4G untuk kartu SIM saat ini dan kebanyakan menggunakan Wi-Fi 4G yang kuotanya tidak terbatas namun memiliki harga yang cukup mahal untuk langganannya perbulan. Membeli paket yang tinggi tidak masalah jika memang diperlukan untuk mengunduh file yang besar tiap harinya, tapi jika hanya digunakan untuk melakukan browsing saja, kecepatan 3G saja sudah sangat cukup. Modem selalu memiliki perbedaan masing-masing dari bentuknya dan dalam drive kecilnya, ada yang bisa dimasukan MMC, ada pula yang tidak bisa, ada yang bisa dipasang antena tambahan dan adapula yang tidak. Dan soal koneksi Internet sendiri, Modem juga berpengaruh besar karena terdapat maksimal kecepatan yang dibatasi.

Kebanayakan Modem menggunakan batasan kecepaan 150Mbps, dan ini sama halnya dengan Wi-Fi, tapi adapula yang bisa mencakup hingga 300Mbps tegantung dari kualitas modem tersebut. Beberapa orang pemilik PC baru atau Laptop, pasti akan sedikit bingung tata cara penggunaan konetivitas dan mengatur dengan benar IP dan Proxy. Sebenarnya kartu SIM mseki tidak menggunakan IP pada pengaturan dengan maksud tidak diisi dan hanya mengisi APN saja, tentu bisa digunakan dengan baik dan jauh lebih praktis. Setiap tipe modem berbeda-beda untuk software konektivitas yang ada didalamnya, misalnya Mobile Partner, Quick Net, dan lain-lain. Tapi kebanyakan adalah Mobile Partner, dan disini akan Saya bagikan tata cara mengatur dengan benar supaya bisa menjelajahi Intenet. Silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan pasang Modem dan buka software konektivitasnya. Disini Saya menggunakan Mobile Partner.
  2. Lalu silahkan klik menu Tools yang ada diatas, dan akan tampil menu lagi, silahkan pilih Option.
  3. Pada halaman Option, silahkan klik Profile Management, maka akan tampil halamannya dan klik tombol New
  4. Pada Profile Name silahkan isikan terserah, misalnya Konektivitas Telkom, lalu pada bagian APN silahkan pilih Static dan isikan sesuai APN operator masing-masing
  5. Untuk melihat APN kartu SIM yang kamu gunakan, silahkan cari di Google, misalkan Saya menggunakan Simpati, jadi Saya tuliskan telkomsel.
  6. Setelah itu silahkan klik tombol Save dan siap untuk digunakan. Tapi jika ingin mengatur IP, silahkan klik tombol Advanced
  7. Pada halaman Advanced, pada bagian IP Settings silahkan pilih sebagai Static dan kolomnya silahkan isikan dengan IP sesuai yang disarankan operator.
  8. Pada bagian Authentication Protocol Settings silahkan centang untuk CHAP saja. Dan untuk mengatur DNS, pada bagian DNS Settings silahkan pilih sebagai Static dan kedua kolomnya isikan dengan IP DNS yang diinginkan. Jika sudah silahkan klik tombol OK lalu Save

Terlihat seperti banyak yang harus dilakukan, tapi jika sambil dilakukan semuanya akan cepat dan tidak sebanyak yang dikira. Jadi tidak perlu khawatir jika mengatur dengan benar sesuai contoh diatas, Saya jamin bisa terhubung ke Internet dengan baik. Khusus pada bagian DNS, silahkan isikan dengan IP DNS tercepat. Bisa mencari di Google untuk mencari DNS yang cepat, atau bisa juga menggunakan software khusus untuk menemukan DNS tercepat sesuai lokasi. Kalau Saya sendiri menggunakan DNS Google, tidak peduli cepat tidaknya yang terpenting stabil setiap waktu. Modem sangat berguna penuh apalagi pada pengguna Laptop yang sering keluar dan membuka Internet, jika Laptop tanpa Internet seperti ada yang kurang.

Jika kamu mengira kenapa Modem yang ada di Laptop sangat cepat panas, ini dikarenakan biasanya dekat dengan AC udara, jadi udara panas akan terkena Modem itu dan otomatis Modem akan langsung panas seiring banyaknya udara panas yang keluar dari AC Laptop. Untuk itu biasanya orang menggunakan pendingin laptop (Cooling Pad) yang terdapat juga pendngin untuk bagian samping yaitu untuk Modem, dengan begitu modem akan tetap dingin meski digunakan dalam jangka waktu lama. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silahkan komentar. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Joko February 14, 2017, 2:53 pm

    cara setting agar koneksi modem ke 4g terus gimana gan? biar kek di smartphone

    • rrobyf February 15, 2017, 8:38 am

      Biasanya pada pengaturan jaringan terdapat opsi untuk mengatur sebagai “LTE Only

Leave a Comment