≡ Menu

Cara Mengatasi Kamera Gagal Di Android

Atasi Kamera Gagal Di Android

Kamera yang ada di Android memiliki satu arti dalam mengabadikan momen, dan jika kamera tersebut tidak berfungsi lagi, seperti ada yang kurang pada ponsel bernama Android. Saat ini ponsel Android memiliki berbeda-beda kualitas kamera dan mungkin untuk ponsel dan bukan tablet, memiliki maksimal 13MP, tentu dengan begitu bisa melakukan pengambilan gambar dengan baik meski pada cahaya yang kurang akan tetap terlihat baik. Dan ponsel Android sendiri kebanyakan memiliki lampu cahaya dibagian belakang dan kadang dibagian depan juga disediakan untuk melakukan selfie, dan kegunaan lampu kecil tersebut juga ada hubungannya dengan kamera untuk membuatnya gambar tetap baik dalam cahaya gelap.

Bayangkan jika ponsel Android tidak memiliki kamera, pastinya tidak bisa disebut smartphone bukan ? Dan bagaimanapun kesalahan yang ada pada ponsel itu, terkadang ulah kita sendiri bagaimana merawat ponsel tersebut sebagaimana baiknya. Teman Saya pernah mengalami masalah terhadap kamera pada ponselnya, meskipun hanya memiliki 3MP saja, tapi tetap saja jika tidak ada kamera diponsel seperti bukan smartphone. Jadi kesalahan yang ada bukan dari kamera yang ada didalam ponsel, melainkan aplikasi kamera yang sudah ada di ponselnya mengalami corrupt data dan terjadilah masalah tersebut.

Meskipun hanya sebuah aplikasi saja, aplikasi kamera original tetap menjadi yang terbaik dari cara mengambil gambar, dan untuk mengatasinya juga ada beberapa cara. Hal ini sering dialami banyak orang dan masih bisa diatasi sendiri tanpa dibawa ke tukang servis untuk melakukan flash. Jadi kesalahan yang tampil dengan pemberitahuan Kamera Gagal ini tidak memicu kepada kamera depan maupun belakang ponsel itu, tapi dari aplikasinya. Semasih ponsel tidak pernah terbanting, jatuh dari ketinggian, maka hal ini wajar saja dan 100% kesalahan dari aplikasi saja. Tapi jika ponsel tersebut jatuh dengan keras dan setelah itu mencoba membuka kamera dan terjadi kesalahan Kamera Gagal dengan informasi tambahan, berarti ada kerusakan pada bagian kamera dan harus diperbaiki di tukang servis HP.

Disini Saya membagikan beberapa cara untuk mengatasi apabila kamera tidak bisa dijalankan dengan biasanya. Dan bukan cara untuk memperbaiki lensa kamera, jadi cara ini bisa digunakan sebagai cara utama sebelum dibawa ke tukang servis. Dan mengingat saat ini para pengguna Android masih kurang dengan fiturnya yang bisa dimaksudkan sudah berstatus ROOT, maka akan Saya bagikan tata caranya untuk pengguna ROOT. Intinya ini hanya soal aplikasi kamera saja, dan meski ponselmu belum pernah mengalami hal semacam ini, silahkan buat sebagai pengalaman saja. Berikut ini tata caranya silahkan simak dibawah ini.

  1. Reboot Ponsel – Inilah cara utama yang harus dicoba. Dengan melakukan reboot atau restart ini bisa membuang semua tugas yang ada dan memungkinkan aplikasi yang tertaut dengan kamera tidak akan terjadi lagi saat ponsel booting.
  2. Hapus Data Pada Aplikasi Kamera – Silahkan menuju pengaturan aplikasi dan menuju kamera lalu klik hapus data atau clear data, jika terdapat pemberitahuan, silahkan pilih Yes. Hal ini bisa membuang semua pengaturan yang ada termasuk data yang corrupt.
  3. Cobalah Memasang Aplikasi Kamera Lain – Silahkan unduh aplikasi kamera yang ada di Play Store terserah yang diinginkan, lalu coba buka aplikasi tersebut, jika kamera bekerja dengan baik, itu berarti aplikasi kamera mengalami kesalahan dan harus diganti berkasnya pada system.
  4. Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik – Silahkan lakukan hal ini apabila cara diatas masih tidak bisa memperbaiki kesalahan. Dengan melakukan reset ulang, bisa menjamin semua pengaturan ponsel kembali layaknya ponsel baru.
  5. (ROOT) Silahkan ganti Custom ROM – Dengan mengganti custom ROM, bisa melihat apakah yang terjadi kesalahan dari kamera atau dari kesalahan ROM yang memiliki bug. Terkadang masih ada custom ROM yang memiliki bug pada bagian kamera, jaringan, dan lain-lain, jadi silahkan cobalah untuk menggantinya yang baru.
  6. (ROOT) Hapus Kamera Dan Pasang Ulang – Untuk mendapatkan aplikasi asli kamera ini ada pada firmware. Jadi silahkan coba untuk mencopot aplikasi ini terlebih dahulu, lalu pasang pada system. Ini sama seperti menginstall aplikasi biasa hanya saja direktory penyimpanan mengarah ke-system.

Silahkan coba dari cara yang paling atas. Dan bagi ponselnya yang telah berstatus ROOT, silahkan coba untuk mengganti custom ROM apabila cara yang diatasnya masih belum bisa. Biasanya dengan mengganti custom ROM, semua pengaturan akan berganti tidak seperti ponsel pada aslinya dan memungkinkan terdapat fitur tambahan. Gejala yang sering terjadi aibat kamera gagal ini biasanya disaat baterai sedang hampir habis dan tidak bisa membuka kamera dan ketika dicharger dan saat baterai sudah penuh dan membuka kamera maka terjadi gagal kamera sejenis cache/tembolok yang masih ada, itulah kesalahan aplikasi. Dan paling banyak dialami oleh pengguna Samsung, meski ponsel tersebut bermerk, namun tetap saja setiap ponsel memiliki kelemahan dari sistem yang ada didalamnya.

Jangan menganggap hal sejenis ini dari virus, kecuali ponselnya telah bersatatus ROOT, bisa saja virus masuk dari aplikasi dan terus memuat aplikasi baru yang dalamnya sudah terdapat infeksi. Jadi bagi pengguna ponsel yang berstatus ROOT, lebih berhati-hati dalam menginstall aplikasi yang tidak dipercaya, dan saran dari Saya gunakan selalu antivirus seperti dari Eset, Avast, AVG, atau lain-lain dan sudah terbukti bisa mencegah virus masuk. Ada berbagai macam virus dan yang paling banyak dialami adalah iklan yang selalu tampil dan konektivitas wifi tiba-tiba hidup secara otomatis, virus ini terdapat dari firmware dan harus diflash atau ganti custom ROM. Sedangkan untuk gejala Kamera Gagal ini, Saya yakin bukanlah sebuah virus.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment