≡ Menu

Cara Mengatasi Drive C: Penuh Di Windows

Drive C Penuh

Setiap komputer pasti memiliki beberapa directory untuk penyimpanan file, diantaranya penyimpanan system dan yang lain untuk pribadi. Pada penyimpanan system tersebut diguanakan sebagaimana contohnya pada ponsel smaprtphone saat ini yaitu menyimpan aplikasi, data penting, dan lain-lain. Hanya folder tersebut yang sangat penting untuk dijaga, sebab kegunaannya pada komputer sangat banyak. Meski penyimpanan system ini tidak sebanyak penyimpanan pribadi, tapi tetap itu sangatlah berharga dan jika mengalamai kerusakan, akan timbul pada semua komponen termasuk aplikasi. Tapi khusus pada penyimpanan system ini diperketat dengan selalu memakai metode rus as admin ketika menghapus sesuatu atau ingin menambah sesuatu kedalam folder didalamnya.

Yang ditakuti oleh banyak orang adalah ketika pada drive system tersebut dimasuki oleh sebuah virus yang susah dihilangkan, tapi semasih tidak menggunakan software yang berbahaya, semuanya akan baik-baik saja. Dan mungkin masalah yang sering dialami oleh pemilik PC adalah drive system tiba-tiba penuh, sudah mencoba untuk uninstal software yang memakan banyak memory, tapi tetap saja ukuran bebas terus mengurang dan begitulah seterusnya, dan tidak sampai penuh total dan hanya berhenti ketika sudah memasuki hampir 10% penuh, sampai menandakan warna merah pada garis penyimpanan. Mungkin jika pengguna yang kurang mengerti akan sulit memahami gejala apa yang sedang terjadi dan bisa saja dianggap sebagai virus dan dilakukan scan terhadap drive tersebut, tapi nyatanya tidak ada virus sama sekali.

Untuk mengatasi hal sejenis ini, sangatlah mudah, biasanya ada pada penyimpanan system restore point yang lebih dari 1, mungkin beberapa orang sering mengganti theme/tampilan desktop yang baru dan dengan mengganti itu maka biasanya system restore point akan ditambah dengan sendrinya yang kegunaanya untuk mengatas jika theme tidak bekerja sepenuhnya maka bisa dikembalikan ke pengaturan sebelumnya. Untuk system restore point ini ukurannya tidaklah kecil dan sangat besar. Kurang lebih puluhan GB. Punya Saya sendiri mencapai 20Gb kadang sampai 50GB, sungguh menjengkelkan jika menyimpan file dengan ukuran besar apalagi pada drive system bukan ? Untuk itu disini Saya akan membantu untuk menghapus itu dan cara ini sangat aman. Silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan hidupkan komputer yang memiliki kapasitas penuh pada penyimpanan system.
  2. Jika sudah silahkan klik Start lalu pada menu komputer silahkan klik kanan dan klik Properties
  3. Sekarang silahkan klik tulisan System Protection pada bagian samping kiri atas
  4. Akan muncul popup, perhatikan pada bagian Protection setting, silahkan klik pada Local Disk (C:)(System). Lalu klik tombol Configure.
  5. Setelah itu akan muncul popup lagi. Lihat pada Current Usage adalah ukuran restore point yang tersimpan saat ini, langsung saja klik tombol Delete
  6. Tunggu hingga ada notifikasi, silahkan klik Konfirmasi. Setelah itu tunggu lagi hingga proses penghapusan selesai dan jika selesai, lihat ukuran drive system, pasti sudah berkurang drastis.

Mudah sekali bukan ? Saya ulangi lagi, untuk cara diatas sepenuhnya aman dan hanya menghapus system restore point saja dan tidak akan menghapus layaknya memformat. Jadi tidak perlu khawatir ketika melakukannya, selain melakukan cara diatas, menghapus file sampah juga perlu seperti cache, registry dan lain-lain. Bisa menggunakan software bantuan sejenis Ccleaner. Saran Saya silahkan uninstal software yang sekiranya tidak digunakan dalam waktu lama, contohnya browser, jadi untuk apa menginstall browser terlalu banyak jika setiap hari hanya menggunakan satu browser saja.

Ada banyak sekali software untuk optimisasi penyimpanan supaya tidak terlalu penuh, contohnya dari TuneUp utilities yang disarankan oleh antivirus, dan masih banyak lagi. Dan jangan lupa jika ada waktu lebih silahkan melakukan defrag pada penyimpanan supaya lebih enteng saat membuka folder. Jika ingin bertanya apakah bisa membuat lagi system restore point yang telah dihapus, dan jawabannya adalah tentu bisa, kamu bisa menuju DISINI untuk melakukan hal tersebut, dan untuk membuatnya juga tidak terlalu sulit, karena hampir sama seperti diatas. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment