≡ Menu

Cara Mengaktifkan Double Tap To Wake Di Android

Ponsel Smartphone Android terus saja memiliki fitur yang baru dan tentunya mempermudahkan pengguna untuk mencapai apapun dengan mudah meski saat ini sudah banyak sekali ponsel Android dengan layar ukuran 5 inch, tentu untuk sebagian orang susah menggapai menu yang ada, tapi dengan bantuan fitur yang lebih bagus juga, semua bisa dilakukan dengan mudah dan meskipun layar 5.5inch, dipakai dengan 1 tangan juga masih nyaman digunakan, tergantung kemampuan ponsel dan fitur didalamnya. Android selalu memiliki OS terbaru pertahunnya dan pastilah memiliki fitur yang lebih menarik dan tampilannya yang berbeda dan entah akan seperti apa, tapi sangat pasti jika itu responsive dan rapi. Saat ini juga sudah banyak Smartphone yang menggunakan Indonesia UI, yang dimana menu yang ada sangatlah sederhana dan tidak membingungkan, serta buatan orang Indonesia.

Fitur Double Tap To Wake yang ada di Android biasanya terdapat dari Android 4.4 keatas. Dan selain itu biasanya jika sudah terdapat fitur ini, pasti sudah ada juga fitur gesture yang bisa membuka menu dengan huruf dalam keadaan ponsel terkunci. Dengan fitur gesture tersebut, contohnya pengguna hanya perlu menuliskan huruf O (nol) besar dilayar dalam ponsel keadaan terkuci dan tidak nyala. Maka secara otomatis ponsel akan langsung menyala dan membuka aplikasi Gallery. Sedangkan untuk fitur Double Tap To Wake ini, pengguna cukup mengetuk layar dua kali dan ponsel akan menyala, jadi tidak perlu menekan tombol power lagi.

Pada ponsel Android memang bagian yang sering dikhawatirkan adalah tombol power yang sering digunakan, kebanyakan kerusakan terjadi akibat tombol power ditekan terus menerus hingga harus diganti. Tapi jika menggunakan fitur Double Tap To Wake ini tidak perlu berfikir lagi dengan tombol power, sebab sudah bisa dilakukan dengan mudah dan perlu diketahui juga ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan kecuali jika ingin mengunci dengan double tap, tentu itu memerlukan aplikasi tambahan. Tapi sepertinya untuk mengunci layar ponsel tidak perlu aneh-aneh, lebih baik dengan satu ketukan tombol kunci, silahakn cari di Play Store untuk itu. Disini Saya akan membagikan sedikit cara untuk mengaktifkan fitur Double Tap To Wake dengan mudah, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan hidupkan Android dan menuju menu Setelan atau Pengaturan.
  2. Selanjutnya silahkan skroll kebawah dan temukan menu Gesture pada bagian Pribadi.

    Cara mengaktifkan fitur Double Tap To Wake di Android

  3. Maka akan tampil menu lagi silahkan klik pada menu Tapping Wake dan klik Aktifkan pada bagian kanan atas.

    Cara mengaktifkan fitur Double Tap To Wake di Android

  4. Selanjutnya cobalah mengunci ponsel dan ketuk 2 kali pada layar HP sedikit cepat, jika layar hidup, berarti berhasil.

    Cara mengaktifkan fitur Double Tap To Wake di Android

Mudah sekali bukan ? Dibeberapa ponsel mungkin memiliki berbeda-beda menu, silahkan cari, untuk bagian gesture, dan untuk mengaktifkannya tetap sama seperti cara diatas. Untuk ponsel dengan OS KitKat, Lolipop, dan keatasnya sepertinya sudah memiliki fitur ini, dan untuk pengguna dibawah OS KitKat silahkan dilihat sendiri ya apakah terdapat fitur tersebut atau masih belum ada. Biasanya jika tidak ada, ada juga orang yang berusaha mengubah dengan custom ROM supaya mendukung fitur ini. Cara diatas Saya praktekan dengan ponsel yang sudah memakai Indonesia UI, jadi mungkin akan terlihat berbeda dengan menu pada ponsel kebanyakan.

Untuk mengaktifkan gesture juga hampir sama dan dimenu yang sama. Tapi tidak hanya sekedar mengaktifkan, tapi memilih aplikasi yang ingin digunakan, lalu mengaktifkan gesture mana saja yang akan dipakai. Gesture tidak bisa diubah-ubah dan hanya berupa huruf saja. Ponsel yang sudah mendukung Double Tap To Wake atau Tapping Wake ini kebanyakan ponsel yang terbuat di akhir 2014 dan 2015 ini. Jadi jika ponselmu sudah terlihat lama, jangan lupa untuk meng-upgrade yang lebih baik, dan selalu pikirkan budget dan spesifikasi untuk bisa mendapatkan ponsel yang diinginkan. Kemungkinan butuh kurang lebih 1jt untuk membeli ponsel Android bertenaga namun buatan perusahaan cina. Meski buatan cina tapi lihat sepesifikasinya, jika bagus maka silahkan ambil. Setiap ponsel sama saja dalam segi kegunaan, hanya saja masih banyak orang yang lebih memilih ponsel mahal ber-merk dunia yang spesifikasi tidak jauh beda dengan ponsel biasa. Saya masih kurang tahu mengapa, tapi begitulah manusia. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 11 comments… add one }
  • Japra June 3, 2017, 2:20 am

    kalau di Nokia Lumia fitur ini sudah lama ada.

  • nao Riki March 6, 2017, 2:43 am

    Hp saya huawei type y-5 belum ada eni gesture os kitkat hadeuhh

  • fikri December 2, 2016, 4:55 pm

    adakah aplikasi yg mendukung gestur ini,krn android saya tdk ada pilihan gestur di pengatura

    • rrobyf December 7, 2016, 10:54 pm

      Sayangnya gesture ini sudah dari bawaan stock ROM. Tidak semua ROM memilikinya, tapi kebanyakan ponsel jaman sekarang sudah memiliki fitur ini.

  • HandRoot August 27, 2016, 4:52 pm

    Jadi pengin ganti Hp yang ada fitur Gesture-nya nih… he…he… Makasih infonya.

  • uzik July 2, 2016, 2:26 pm

    untuk hp ber Os Gingerbread bisa ndak

    • rrobyf July 3, 2016, 11:12 am

      Sepertinya tergantung dari mendukung tidaknya ponselnya, karena banyak juga yang sudah OS kitkat tapi tidak memiliki fitur ini.

  • jack June 7, 2016, 9:19 pm

    di hp samsung ga ada gesture nya.

    • rrobyf June 11, 2016, 11:31 am

      Ya, tergantung tipe dari ponselnya dan ROM yang mendukung atau tidak, hehe 😀

  • tri wahyuni March 18, 2016, 9:53 am

    Di android kit kat belum ada menu gesture

    • rrobyf March 19, 2016, 2:48 am

      Untuk beberapa ponsel sudah ada.

Leave a Comment