≡ Menu

Aplikasi Android Untuk Decompile APK Dalam Bentuk Java

Setiap aplikasi yang ada di Android terbuat dari script code berbentuk Java yang masih bisa didecompile atau recompile ulang dengan sebuah alat khusus. Saat ini untuk melakukan pengalihan file Java khusus Android sudah disediakan sebuah Alat untuk PC yaitu Android Studio yang kegunaannya hanya khusus untuk membuat, mengedit projek, dan lain-lain. Sedangkan pada ponsel Android sendiri tidak ada aplikasi yang bisa melakukan hal seperti itu, adapun aplikasi yang bisa memberi materi pembelajaran tentang cara membuat aplikasi di Android dengan step by step yaitu aplikasi AIDE, dan untuk mempelajari hingga mengerti harus membayar perbulannya.

Ketika masuk sekolah SMK pada jurusan Multimedia, pasti sudah sudah dijelaskan rumus yang ada pada Java oleh para guru dan tentunya lengkap. Jika kamu seorang yang ahli dalam bidang Java, dan kemungkinan sudah pernah membuat script untuk software PC, tentu untuk membuat aplikasi Android akan lebih mudah dijalani karena sesungguhnya tidak rumit yang dibayangkan. Pada artikel ini Saya tidak ingin menhgajarkan tentang Java, tapi hanya ingin membagikan aplikasi Android yang bisa menerapkan semua fungsinya dalam bentuk Java. Jika di PC bisa melakukannya dengan APKtool untuk melakukan decompile, tapi output/hasil dari jenis file adalah Smali dan bukan Java, tapi dengan aplikasi yang Saya bagikan ini akan memberikan hasil berbentuk Java.

Aplikasi yang akan Saya bagikan ini bernama Show Java dan bisa digunakan pada ponsel Android untuk membokar suatu aplikasi berbentuk APK dengan baik. Pada dasarnya bisa melakukan pada semua aplikasi dan tidak ada kemungkinan untuk tidak berhasil, hanya saja, untuk aplikasi yang memiliki banyak sekali struktur pada dalam file APK, akan terasa lama sekali saat melakukan decompile dengan aplikasi Show Java ini. Dan dengan aplikasi ini tidak dapat mengedit, jadi hanya bisa melihat-lihat saja file Java yang ada. Siapa tahu kamu membutuhkan sesuatu pada dalam script ini dan jika bisa Saya katakan, aplikasi ini hanya bersifat untuk mengintip dalaman aplikasi saja.

Selain hanya sekedar mengintip. kamu juga bisa menyimpan file Java jika memang dibutuhkan. Dan saat melakukan decompile dengan aplikasi Show Java ini, akan diberikan beberapa pilihan alat yang siap digunakan, sekitar 2 alat yang membantu melakukan decompile. Proses decompile tidak dilihat dari besarnya ukuran aplikasi, tetapi berasal dari struktur yang ada pada dalamnya. Percaya ataupun tidak, dengan aplikasi ini bisa melihat semua file Java yang ada, dan mampu menandingi alat Dex2jar yang ada pada perangkat PC. Berikut ini beberapa gambaran yang ada, silahkan lihat dibawah ini.

Show Java decompiler untuk Android Show Java decompiler untuk Android Show Java decompiler untuk Android Show Java decompiler untuk Android

Aplikasi ini sangat ringan dan memiliki ukuran yang tergolong kecil untuk sebuah alat decompiler. Untuk melakukan proses decompile bisa langsung memilih file APK dari memory, atau bisa langsung memilih dari aplikasi yang terinstall pada ponselnya. Cara kerja aplikasi ini sama dengan alat Dex2jar pada PC, yaitu membuat file classes.dex menjadi format JAR, lalu mengextractnya dan tampil setiap file Java yang ada, tapi menurut Saya dalam fiturnya lebih effisien aplikasi ini. Show Java telah mendapati rating 4 pada Playstore dan akan terus bertambah. Untuk melakukan decompile diberi 2 alat yaitu JaDX dan CFR, menurut Saya masih lebih baik JaDX karena tidak ada comment tambahan pada file Java yang berhasil diproses. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Show Java membutuhkan Android 4 keatas, memiliki ukuran sekitar 4.5Mb dan tidak membutuhkan cache atau data tambahan. Saat melakukan proses decompile mungkin file tembolok akan bertambah dan setelah itu file yang dalam temporarry masuk menuju folder ShowJava => Source. Sudah pernah Saya coba berkali-kali pada file APK dengan ukuran yang besar memang prosesnya tidak mengaruh pada ukuran file APK tesebut, namun pada struktur yang ada didalamnya. Jadi meski terdapat file APK dengan ukuran kecil, jangan mengira akan sangat cepat, contohnya saja aplikasi browser yang ada pada Playstore, pasti memliki struktur yang banyak sekali. Coba sekarang juga aplikasi Show Java untuk melihat file Java yang ada pada aplikasi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 7 comments… add one }
  • tatan November 7, 2017, 11:23 pm

    ketika sampai pada tahap merging classes ko lama banget ya apa bisa di lanjutkan dan berhasil. ini sudah puluhan menit tapi gak ada kemajuan.

    • rrobyf November 8, 2017, 10:17 am

      Lama tidaknya melakukan decompile biasanya tergantung dari banyaknya komponen gan. Jadi jika aplikasi memiliki ribuan komponen, itu akan membutuhkan waktu yang lama.

  • tatan November 6, 2017, 11:56 pm

    aduh kk, ini good bgt. saya mau kasih bintang 4.5 ke artikel ini . tapi gak ada fitur nya.

    ini aplikasi yang saya cari selama ini . terima kasih informasi nya.

  • yazida August 15, 2017, 9:23 pm

    makasih banyak ya…saya itu bingung dengan smali, akhirnya ketemu java juga disini…tapi untuk show java aplikasi game lebih lama daripada aplikasi seputar tips…pokoknya top deh show java…

    • rrobyf August 16, 2017, 12:17 am

      Iya, lebih lama tapi hasilnya memuaskan karena seluruh kode javanya akan tampil.

  • Purwoko W January 6, 2016, 9:23 am

    Pake access root gk gan

Leave a Comment