≡ Menu

Cara Mengecek Cache Website Menurut Google

Google Logo

Membahas soal SEO memang tidak ada habisnya apalagi yang berkaitan dengan Google, hampir kebanyakan website mendapatkan pengunjung dari Google dan apabila terkena penalty, maka dengan seketika pengunjung juga akan ikut turun. Google memiliki kinerja yang pintar untuk memerikan pengguna informasi yang jelas meski kadang-kadang masih banyak sekali situs spam yang membagikan informasi yang tidak diinginkan, tapi Google sudah berusaha untuk menghilangkan spam sejak dulu dan untuk itulah beberapa algoritma diciptakan, supaya website yang tidak memenuhi persyaratan google akan dihapus dan tidak bisa ditampilkan kembali.

Ada banyak upaya untuk bisa mendapatkan urutan pertama pada Google dan yang pasti adalah selalu memperbarui isi website tersebut dan sering promo pada sosial media. Saat ini untuk mendapatkan hasil yang baik dari Google tidak perlu melakukan manual karena sudah banyak alat otomatis seperti plugin yang dapat menambah performa website hanya mengatur dalam hitungan menit saja. Mungkin hanya blogger (blogspot) saja yang masih mengandalkan manual dari tempalte untuk membuat performa lebih baik. Website yang baik dan banyak pengunjung biasanya terindex google cukup cepat dan ini bisa dilihat dari cache Google, tapi kadang cache Google ini juga tidak mempengaruhi index, karena hanya sekedar dari penghlihatan Google terhadap situs yang dimiliki.

Google memiliki cache khusus yang bekerja untuk menampilkan isi pada result page. Contohnya judul, deskripsi dan lain-lain. Tanpa cache, google tidak akan bisa mendapatkan informasi tersebut. Jadi kegunaan cache ini juga bisa melihat perkembangan index Google ke situs kita dan untuk mengeceknya juga terbilang mudah sekali. Misalkan google masih belum memperbarui cache, otomatis kemungkinan artikel yang baru juga masih belum bisa ditampilkan dihalaman Google sepenuhnya. Untuk mengetahui cache website dari Google sangatlah mudah silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan siapkan URL yang akan dicek. Jika sudah silahkan salin URL ini http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:http://blogsecond.com.
  2. Perhatikan URL diatas, silhakan ganti karakter yang diwarnai merah dengan URL yang disiapkan tadi dan ENTER di address bar. Maka akan tampil halaman cachenya
  3. Jika masih kesulitan, silahkan menuju situs CachedView.com dan ketikan URL yang disiapkan tadi dan klik Google Web Cache.

Mudah sekali bukan ? Apalagi dengan bantuan website cachedview ini bisa mengecek cache website dari 3 situs langsung. Sekarang kamu bisa melihat artikel mana yang telah diindex pada google, dan untuk mengatasi artikel yang belum diindex cukup lama, kamu bisa menggunakan tehnik PING yang membantu untuk memaksa spider google merayapi website dengan cepat, tapi jangan gunakan PING ini terlalu berlebihan karena bisa jadi dianggap spam. Sekarang, apakah kamu sudah paham tentang cache yang ada di Google ? Sebenarnya sama saja seperti cache yang ada pada situs-situs lain, bahkan website ini juga menggunakan metode cache supaya halaman memuat terasa ringan. Jika kamu belum mengerti lebih, apa itu cache ? Silahkan KLIK DISINI.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • Alip December 21, 2015, 12:11 am

    Makasih mas ,langsung aku coba

Leave a Comment