≡ Menu

Cara Melewati Internet Positif Dengan Mudah

Internet Positif Logo

Internet digunakan untuk mencari sebuah informasi atau berbagi satu sama lain. Itu dulu, tapi sekarang, Internet bisa digunakan layaknya sebuah kehidupan. Sesorang dapat mengunjungi website untuk megunduh konten yang diinginkan, mencari pekerjaan, menjadi pekerja di Internet, bahkan bertransaksi dari Internet. Tentu ada banyak hal yang positive dan negative dari Internet ini, yatu konten yang masih tidak dapat difilter. Contohnya saja konten dewasa yang disebarkan umbar-umabaran, tentu dengan cara seperti itu remaja dibawah umur tidak akan bisa fokus ke mata pelajarannya dan terus ketagihan mencari sesuatu yang diinginkannya. Sebenarnya situs seperti di Youtube ini juga sudah menyisihkan konten dewasa dan publik, tapi banyak sekali yang tidak mematuhinya dan itu salah satu pelanggaran.

Nah, untungnya operator masih dapat mencekal situs yang berisi konten yang tidak baik dengan cara yang sangat bagus. Yaitu memfilter langsung dari URLnya. Salah satunya yang paling banyak dirundingkan adalah Internet Positif. Ini merupakan provider dari penyedia Telkom yang telah memfilter banyak situs yang mengandung konten dewasa (pornografi), judi, ilegal, ataupun yang mengandung sebuah malware. Saya rasa itu memang benar untuk dilakukan, mengingat Internet kegunaanya untuk mencari informasi yang benar, dan tidak ingin mencari konten asusila demi merusak kehidupan pengguna. Tapi ada satu hal yang membuat orang bingung dengan Internet Positif ini, yaitu web yang tidak menyediakan konten yang Saya sebutkan tadi ikut diblokir.

Jadi Saya pikir lagi, jika terdapat website yang tidak bersalah namun diblokir, pastinya ini adalah tindakan yang keliru, contohnya saja sebuah blog yang menyajikan konten game review. Dan ternyata Saya ketahui sendiri karena IP yang digunakan website tersebut diblokir. Untuk yang ini adalah khusus website yang menggunakan server hosting, jadi jika IP shared hosting diblokir, maka seluruh website yang menggunakan IP tersebut otomatis diblokir. Jadi apakah ada cara untuk megatasi hal ini ? Tentu saja ada dan lebih aman. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk melewati Internet Positif. Dan semua itu dapat dilakukan pada smartphone maupun PC. Silahkan simak tata caranya dibawah ini.

  1. Menggunakan VPN/SSH – Dengan menggunakan VPN/SSH, kamu bisa memanipulasi IP Address asli yang kamu gunakan menjadi IP lokasi negara lain sesuai yang dipilih oleh penyedia VPN. Jadi dengan jaringan baru ini, kamu bisa menerobos semua situs apapun tanpa ada gangguan Internet Positif, dan tentu jauh lebih aman karena setiap koneksi akan dilakukan enkripsi supaya data yang tersimpan tetap aman.
  2. Menggunakan Web Proxy – Ini cara alternative dari diatas dan juga praktis. Kamu bisa menggunakan web proxy manapun, sebagai saran Saya, gunakan Incloak karena lebih baik dan cepat. Sayangnya dengan menggunakan Web Proxy ini masih tidak bisa menggunakan konten yang berisi Java atau Flash. Untuk lainnya seperti mengunduh, terkadang juga dibatasi setiap harinya.
  3. Akses Website dari IP – Terkadang jika yang diblokir cuma URLnya saja, kamu masih bisa mengunjungi situs tersebut dari IP Address. Tapi tidak semua situs yang bisa melakukan ini, karena hanya situs yang menggunakan Dedicated Server atau biasanya digunakan pada situs besar atau ramai pengunjung.
  4. Tweak Header – Cara terkakhir ini dikhususkan bagi kamu yang suka melakukan tweak Internet. Jadi kamu bisa menggunakan Addons Modify Header Value dan tambahkan http-proxy-option: google.com. Cara ini disebut memalsukan URL asli layaknya sedang membuka website google, jika di ponsel gunakan aplikasi handler.

Dengan empat cara diatas kamu bisa mengakses kembali website yang diblokir oleh Internet Positif, dan disini Saya menyarankan dari yang paling atas sampai kebawah. Supaya lebih baik gunakanlah cara pertama, karena lebih praktis dari yang lainnya. Ada banyak sekali situs yang menyediakan VPN gratis sejenis VPNBook, silahkan pilih sesuai selera. Dan untuk cara terakhir, Saya rasa itu cukup tidak baik, sebab tindakannya dilakukan dengan cara curang yang kebanyakan digunakan untuk tweak Internet supaya dapat melakukan selancar Internet secara gratis, tapi diatas Saya tidak mengajarkan untuk itu dan khusus untuk situs yang salah diblokir saja.

Setiap orang yang memiliki website pasti tidak ingin kehilangan pengunjung lokal akibat situs tersebut diblokir, dan untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melaporkan ke pihak telkom langsung dari Email. Sebab seperti kata Saya diatas tadi, hal tersebut bukan karena URL yang diblokir, namun IP dari server website itulah yang dikira sebuah malware yang mengancam. Layaknya pada Facebook juga seperti itu yaitu blokir IP website, tapi jika tidak bersalah juga bisa menghubungi pihak Facebook supaya dimasukkan pada Whitelist, seperti contohnya bit.ly yang meski dibagikan ribuan orang tiap hari, tidak diblokir sama sekali. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • tyo November 12, 2015, 7:26 pm

    sekarang ini banyak sekali website ataupun blog yang diblock ya gan, trus di alihkan ke web internet positif yg sobat katakan diartikel ini. jadinya pengalihan web tersebut dikatakan adalah sebuah trik promosi ya sob, dan alhasil tuh web jadi rame,hadehh…

Leave a Comment