≡ Menu

Tehnik SWAP Untuk Melegakan RAM Android

Banyak keluhan yang terjadi ketika orang memiliki ponsel, entah itu kinerjanya, tampilannya, atau lain-lain. Yang jelas hal itu tidak bisa diperbaiki dengan cara yang mudah. Salah satu contohnya adalah RAM. Di ponsel Android RAM yang tersedia kadang berbeda-beda, ada yang 256Mb, 512Mb, 1024Mb, hingga 2048Mb keatas. Setiap tahun pasti terdapat ponsel yang baru dan lebih memiliki RAM yang besar, namun banyak orang yang percaya dengan Ram yang cukup besar pasti bisa membuat ponselnya tidak macet atau bisa dikatakan tidak pernah menemui program yang macet, tapi itu tidak pasti benar, karena dilihat juga dari prossesor dapur pacunya, jika hanya sedikit misalnya 1000Mhz saja, tentu itu kurang, kurang lebih harus 1.2Ghz keatas, dan GPU juga harus dilihat-lihat terlebih dahulu.

Jika saat ini mungkin sudah ada ponsel Android RAM 4Gb dengan versi Marshmallow, tentu itu dapet menjamin tidak akan menemui macet pada suatu aplikasi kecuali aplikasinya yang error, tapi sayangnya ponsel dengan kualitas yang tinggi otomatis juga dibandrol dengan harga yang tinggi pula, dan hanya orang berpenghasilan lebih saja yang bisa membelinya. Disini Saya akan menjelaskan cara untuk menambah RAM dengan cara yang mudah dan aman untuk ponsel, yaitu tehnik SWAP. Cara ini hanya bisa dilakukan pada ponsel Android yang telah berstatus ROOT saja dan syaratnya harus memiliki SD Card dengan class yang tinggi, karena cara ini juga menimbulkan hal yang tidak diinginkan pada memory SD Card jika kualitasnya rendah, jadi gunakan class yang tinggi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Tehnik SWAP file ini sangat berfungsi dengan baik pada semua jenis Android dan memang terbukti bisa menambah kurang lebih 30-50% tergantung SWAP file yang dibuat. Jadi Saya menyarankan untuk memakai memory card dengan class tinggi karena kinerja SWAP ini menghapus dan menambah data, jadi jika hal itu terus-terusan dilakukan pada memory class rendah, akan berdampak buruk hingga kerusakan yang memulihkannya harus diformat semua datanya, tentu tidak ada yang mau orang yang ingin merusak SD Card dengan cara ini, tapi jika hanya mencoba-coba saja dengan maksud tidak digunakan jangka waktu lama, itu juga tidak masalah dan aman-aman saja.

Jika membuat SWAP file secara manual pasti tidak mungkin, untuk itu disini Saya sudah mempersiapkan aplikasi untuk melakukan itu dan hanya sekali klik saja, kamu bisa membuat SWAP file juga bisa menghapusnya. Aplikasi ini bernama Simple ROOT SWAP, meski bernama simple, namun hanya aplikasi ini yang menurut Saya mudah dalam mode penggunaanya, serta memiliki fungsional yang dikususkan untuk SWAP RAM saja. Berikut ini beberapa screenshot dari aplikasi ini, silahkan lihat dibawah ini.

Simple ROOT SWAP Simple ROOT SWAP Simple ROOT SWAP Simple ROOT SWAP

Mungkin kata simple dikhususkan dari segi penampilannya saja, sedangkan kualitasnya tentu masih terbilang terbaik dari yang lainnya. Jika kamu ingin tahu cara bekerja dari SWAP RAM ini, cobalah untuk membuka aplikasi yang banyak dan lakukan multitasking, pasti semua aplikasi tersebut tidak akan menutup hanya saja akan terasa agak lagg jika membuka aplikasi terlalu banyak. Jadi ini juga ada kaitannya dengan RAM ponsel itu sendiri dan tehnik ini membantu supaya dapat menjalankan aplikasi atau game HD tanpa force close dan lag. Percaya ataupun tidak, Saya sudah mencobanya sendiri dari ponsel Gingerbread hingga Kitkat, berjalan dengan baik. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Aplikasi Simple ROOT SWAP membutuhkan Android 2.2 keatas, memiliki ukuran sekitar 500Kb, tidak membutuhkan cache/data. Juga berjalan baik pada ponsel Android low-end dan ponsel harus dalam kondisi ROOTED. Sedikit saran dari Saya, jangan membuat SWAP file terlalu besar sampai memiliki selisih cukup banyak dengan RAM ponsel, buatlah sekiranya 20% lebih banyak dari RAM ponsel. Hal ini supaya SD Card tetap aman dan tidak cepat rusak akibat data yang keluar masuk setiap waktu. Jika ada ayng ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 6 comments… add one }
  • bejo February 10, 2017, 10:54 am

    om,saya pengguna LG L70 dual sim, hp sudah di root,dan sdh instal busybox, nah simple root swap sdh di pasang,saat di coba kok di info muncul total 0mb
    free 0mb
    swap 0mb
    yg menandakan swap belum berhasil,nah kenapa begitu om,padahal sdh di ikuti caranya,trims

    • rrobyf February 11, 2017, 7:07 am

      Sepertinya ponselnya gak mendukung dengan aplikasinya gan. Coba pake aplikasi bernama L Speed dan disana terdapat fitur swap pintar dan tidak overclock untuk ponsel, jadi tetap aman.

  • Nirwan July 12, 2016, 8:48 am

    agan punya tutorial gk buat root hp

    fast responnya.!!!

    • rrobyf July 13, 2016, 11:21 am

      Silahkan cari pada website ini ya, sudah pernah dibagikan untuk melakukan root pada ponsel Android.

  • ryofransisco November 16, 2015, 12:33 am

    bos aplnya suda d terpasang.tpi tidak bisa di buka dan ada tulisan
    warning
    please instal busybox first

    lalu aq kli ok aplikasinya dan keluar dri aplnya begitulah seterusan
    mohon pencerahannya boosss

    • rrobyf November 21, 2015, 11:13 am

      Pastikan ponselnya telah diROOT dan sudah terinstall busybox. Untuk cara menginstall busybox, akan Saya bagikan pada blog ini, silahkan klik pencarian.

Leave a Comment