≡ Menu

Ini Dia Aplikasi Kompas Untuk Android

Kompas adalah salah satu alat yang bisa menunjukan arah mata angin dengan tepat, dengan adanya kompas, jalur perjalanan tidak akan rumit karena terbantu dengan adanya kompas. Jika dulu kompas sangat berguna sekali untuk setiap perjalanan memungkinkan supaya tidak tersesat, tapi dijaman modern saat ini sudah banyak orang yang menggunakan tehnologi yang lebih baik yaitu GPS. Bahkan GPS bisa lengsung menunjukan arah jalan yang tepat dan lokasi & radar, tapi siapa sangka jika smartphone meski sudah mendukung GPS namun masih bisa untuk dijadikan kompas. Tentu tidak semua ponsel mendukung hal tersebut, tapi sudah terbukti di Android dan itu memang nyata.

Tidak semua ponsel Android bisa dijadikan sebagai kompas, karena hanya ponsel yang mendukung fitur magnetic saja yang bisa melakukannya. Kemungkinan ada pada Android versi 4.0 keatas. Aplikasi yang akan Saya bagikan bernama Compass. Sama seperti namanya, aplikasi ini dapat menunjukan arah yang benar layaknya kompas. Awalnya Saya tidak begitu percaya aplikasi ini bisa berfungsi dengan benar, namun setelah Saya cocokan dengan kompas masa kecil Saya, ternyata perbedaannya sangatlah sedikit dan memang berfungsi dengan baik. Ada banya aplikasi sejenis Compass, namun hanya aplikasi tersebut yang menurut Saya terbaik dan dilihat dari ukurannya juga tidak terlalu besar.

Sewaktu masa kecil, Saya memiliki kompas berbentuk bandol kunci, dan hingga sekarang masih ada. Meski sudah lama tidak pernah Saya gunakan, tapi fungsi penunjukan arahnya tetap benar, berbeda dengan GPS yang harus memiliki daya. Nah sekarang masalahnya jika dipakai di Android juga harus memiliki daya, tapi tenang saja karena aplikasi ini tidak menghabiskan baterai dan terbukti sangat cocok ketika baterai low dan sekiranya tersesat dihutan :mrgreen:. Bukannya mendoakan, barangkali kamu ingin mencoba-coba saja aplikasinya. 🙂 Berikut ini beberapa cuplikan gambar dari aplikasi Compass.

Compass for Android Compass for Android Compass for Android

Jangan hanya dilihat dari gambarnya saja, tapi silahkan coba juga karena tampilannya akan lebih bagus jika dilihat secara langsung. Kadang dibeberapa OS, ponselnya harus dalam kondisi ROOTED dan mengijinkan superuser. Aplikasi Compass telah mendapat rating 4.5 di Play Store, termasuk paling tinggi dibanding aplikasi kompas yang lain, dan disini Saya membagikan versi gratis. Untuk versi pro tentunya memiliki fitur yang lebih banyak ketimbang yang gratis, namun tidak perlu khawatir, fitur yang ada di versi gratis juga lumayan banyak. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Aplikasi Compass membutuhkan Android 2.3 keatas, memiliki ukuran sekitar 5Mb, tidak membutuhkan cache/data, dan membutuhkan akses superuser dibeberapa OS Android. Meskipun tertulis bahwa aplikasi ini mendukung Android 2.3, namun sudah Saya coba pada ponsel Gingerbread Saya dan tidak berhasil. Mungkin tidak semua OS Gingerbread yang bisa menggunakan aplikasi ini, tapi silahkan coba pada ponsel Gingerbread yang kamu miliki, siapa tahu aplikasi ini bekerja. Pada aplikasi Compass ini bisa digunakan offline maupun online, dan jika kamu menggunakan online dan mengaktifkan GPS, maka akan tampil juga koordinat lokasi kamu saat ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment