≑ Menu

Cara Setting WiFi Range Extender Dengan Mudah

WiFi Range Extender

Di perkotaan tentu banyak sekali ditemukannya WiFi yang tidak memiliki sandi ataupun yang terpoteksi, jika dihubungkan maka akan terjalin hubungan internet yang bisa dimanfaatkan untuk browsing, bermain game onine, ataupun download file. Tidak hanya di kota saja, namun di desa juga banyak yang sekarang memiliki WiFi diperumahan. Dan kebanyakan diproteksi, tapi jika kamu mengetahui sandinya tentu kamu bisa memanfaatkan hotspot tersebut untuk melakukan aktivitas di dunia maya. Tapi terkadang permasalahannya ada pada signal yang didapat, yang tidak mencukupi untuk mendapatkan kualitas tinggi, tapi jangan khawatir, karena sekarang sudah ada WiFi Range Extender yang kegunaannya untuk menambah signal WiFi yang ddapat.

WiFi Range Extender atau biasa juga disebut WiFi Repeater ini memiliki fungsi yang baik yaitu untuk menambah jarak sinyal dari WiFi yang sudah didapat/diatur. Jadi kegunaanya hanya untuk 1 WiFi saja. Dengan alat tersebut kamu tidak perlu lagi menerapkan ponsel sebagai Repeater seperti diartikel Saya yang lampau, karena alat yang khusus untuk itu sudah tersedia. Disini Saya menggunakan TP-LINK TL WA854RE, hampir sama dengan WA850RE namun perbedaannya hanya pada kabel LAN saja dan tidak mempengaruhi jaringan atau bagus tidaknya. Alat tersebut memiliki kecepatan transfer hingga 300Mbps pada jaringan N WiFi, tentu sudah terbukti kelebihan dari alat tersebut.

Dengan alat yang kecil ini kamu tidak perlu memasang kabel yang panjang karena sudah disediakan colokan ke port listrik biasa atau cop-copan. Diatur pada dinding supaya koneksi jaringan dapat menrambat diarea sekitarnya. Cocok untuk rumahan maupun dipasang pada OutDoor. Namun jika dipasang diluar rumah harus pada tempat yang sejuk dan tidak panas. Saya baru membeli alat ini dan langsung mencobanya ternyata memang barguna bagi Saya yang suka melakukan aktivitas internet dengan WiFi gratisan :mrgreen: Alat yang Saya gunakan ini dibuat sejak tahun 2013 dan mungkin akan lebih banyak versi yang unggul dalam penjaringan sinyal wifi. Berikut ini tata cara penggunaan WiFi Range Extender pada alat TP-LINK TL WA850RE atau WA854RE silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan colokan alatnya dan tunggu hingga lampu hidup dan berkedip-kedip menunjukan wireless sudah siap dikoneksikan.
  2. Buka komputer atau smartphone, silahkan hubungkan pada SSID tersebut. Untuk melihat SSID alat tersebut bisa menuju bagian belakang bawah pada alat akan terdapat tulisan Default SSID.
  3. Jika sudah terhubung silahkan buka browser (firefox) dan menuju situs http://tplinkextender.net dan jika bertenu halaman masuk/login silahkan masukan user admin dan password admin, lalu klik ENTER.
  4. setelah itu akan masuk pada halaman admin, silahkan klik next
  5. Tahap selanjutnya setelah klik next ialah memilih negara, silahkan cari indonesia dan klik Next. Maka system akan menelusuri WiFi yang tersedia dan cukup pilih saja dengan cara centang dibagian kiri, lalu klik next.
  6. Nah sekarang tinggal menulis beberapa informasi saja, yaitu password wifi, dan nama SSID, kamu bisa mengganti nama SSID sendiri dengan memilih Customize dan masukan SSID baru pada kolom kedua yang ada disamping. Jika sudah silahkan klik next.
  7. Tunggu hingga loading 100% dan otomatis alat ini akan mulai restart otomatis. Tunggu sejenak dan SSID yang telah diatur tadi sudah terdeteksi, dan hubungkan saja.

Cara ini sangatlah mudah jika sambil dipraktekan, dan jika sudah terbiasa akan bisa melakukannya dengan cepat sekali, sebaiknya isikan nama profile juga supaya nantinya tidak perlu lagi memulai cara ulang, cukup menuju menu profile dan pilih mana yang ingin dihubungkan. Jangan lupa juga untuk mengatur informasi login yang baru supaya tidak ada yang otak-atik. Jika didalam ruangan, alat ini cocok dipasang di dinding karena bisa menyebarkan sinyal dengan baik sekali, tapi lihat juga temperaturnya, jika suhu dinding terbiasa panas, lebih baik dipindah ke ccolokan dinding yang lain.

Banyak yang mengira WiFi Range Extender ini hanya membagi koneksi antar WLAN saja, dan perlu diketahui bahwa alat ini menggunakan system repeater, jadi nantinya IP Gateway dan DHCP akan disamakan pada Router. Banyak yang mengira juga alat ini bisa menambah sinyal wifi pada jangakauan jauh, itu memang benar, namun pastikan tidak ada halangan seperti pohon besar/bangunan dan sekiranya wifi yang akan dihubungkan dengan alat tersebut bisa terhubung pada perangkat PC meski dalam kondisi sinyal 2 bar saja karena jika sudah terhubung, alat ini bisa memberikan pembagian data yang sangat baik ketimbang perangkat PC. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 177 comments… add one }
  • Andini September 14, 2017, 10:50 am

    Kak mau nanya saya punya masalah, repeaternya suka putus kalau internet dari main routernya disconnect/down. Dan harus cabut dan pasang lagi. Saya baca comment di atas sih solusinya di setting jadi auto-restart di website tplinkrepeater.net. Tapi bisa jelaskan step-by-stepnya? Maklum saya kurang mengerti cara2nya.

    • rrobyf September 14, 2017, 11:03 am

      Tidak bisa melakukan auto-restart tapi jika terjadi malfungsi yang menyebabkan koneksi terputus, bisa restart repeater dari halaman admin. Jadi tidak perlu mencopot dan memasang lagi.

      Untuk melakukannya, cukup klik pada opsi System, lalu pilih menu Reboot.

  • nafik September 1, 2017, 9:11 am

    Saya menggunakan 2 extender yg pertama d link dir 600m dgn kecepatan yg didapat sama dgn router utama (11/10 Mbps). Tapi extender yg kedua (Huawei ws331c) kecepatan turun menjadi 6/7 Mbps.
    Gimana cara agar kecepatan tetap sama dgn router utama yaitu 11/10 Mbps?. Bahkan extender kedua diletakkan di samping extender pertama kecepatan tetap 6/7 Mbps.
    Mohon bantuannya.

    • rrobyf September 1, 2017, 10:21 am

      Sejujurnya Saya sedikit bingung ingin menjawab apa. Sebab jika repeater mendapatkan signal yang baik dari router utama, maka kecepatan dari extender pun seharusnya juga akan sama. Kecuali jika extender tersebut tidak menyalurkan koneksi perangkat ke router utama, maka bisa dipastikan koneksi dari extender itu telah dibagi-bagi dan tidak disalurkan ke router utama alias extender seolah melakukan tethering.

      • nafik September 1, 2017, 10:47 am

        Extender kedua mendapatkan sinyal WiFi dari extender pertama. Dan extender yg pertama mendapatkan sinyal WiFi dari router utama (ZTE f609 dari Indihome).
        Apakah mungkin ada pembatasan speed dari router utama?
        Mungkinkah perlu settingan tambahan pada router utama itu?

  • bram August 21, 2017, 5:03 am

    nanya gan.. TL WA830RE terkoneksi dgn baik ke PC. tapi untuk ke smartphone malah menyambungkan terus.. solusi nya gimana yah.. udah otak atik tetep begitu. dimenu kita udh klik konekin tapi tetep sama

    • rrobyf August 21, 2017, 11:05 am

      Biasanya ini dikarenakan router utama gan kecuali jika Mac Addressnya di filter. Coba sambungkan ke HP lain, apakah tidak bisa juga?

  • joseph chen August 16, 2017, 5:24 pm

    Malam admin, mau nanya nih? Wifi repeater kan menggunakan wps, dan wps sering bisa dibobol pas nya, jd kalo menggunakan AP caranya gimana yah?

    • rrobyf August 17, 2017, 10:19 am

      WPS yang ada pada WiFi external kan memakai mode PBC gan, alias bukan mode PIN. Jadi tak perlu khawatir lagi, sebab tidak akan bisa dibobol.

  • adam June 21, 2017, 10:57 pm

    Saya mau tanya gan ,,jadi gini diblakang rumah saya kan ada ssekolah,nah saya sering pake tuh wifi karena saya tau passwordnya ,tapi saya pakenya diluar rumah ,kalo pake repearter kayak agan ,kira kira tercover gak ya sinyal wifinya ampe ke dalem rumah

    • rrobyf June 23, 2017, 11:31 am

      Kalo rumahnya dekat dengan sekolahnya sih tidak apa-apa gan, akan tetapi jika tergolong jauh, lebih baik memakai WiFi Outdoor untuk melakukan itu.

  • Supriyanto June 16, 2017, 7:05 am

    Terima kasih..
    Sudah berhasil settingnya..

  • bambang April 27, 2017, 3:57 am

    Mau nanya penempatan repeaternya mesti di sinyal utama yang agak kuat ya.

    sama saya koq mesti cabut colok setiap klo mau koneksi ke repeater karena tidak ada koneksi i-netnya jadi mesti di colok cabut..

    • rrobyf April 28, 2017, 12:02 pm

      Minimal di repeaternya mendapat signal 30% pasti bisa stabil kok gan.

  • Nurul Huda Noor Azmi April 17, 2017, 10:19 am

    Permisi mau nanya, untuk wifi extender pake merk dri xiaomi dan yg mau di extend ini adalah wifi indihome. Apa bisa ya?

  • Setio Pandita Priyadi April 11, 2017, 9:05 am

    gan mau nanya, ane kan make 850RE buat extender tapi sinyal ilang2an kalo di deket router nya gk ilang2, wifi nya ini wifi.id

    • rrobyf April 12, 2017, 12:03 pm

      Wah sayang sekali repeater ini tidak cocok digunakan untuk menembak jaringan wifi.id gan. Untuk melakukan itu harus menggunakan WiFi outdoor yang lebih powerfull, sebab repeater ini kebanyakan dipakai pada satu wilayah saja seperti di rumah untuk menambah jangkauan WiFi utama.

  • joker April 9, 2017, 11:49 am

    gan tp-link tipe wa850re dengan wa854re mana yang seri terbaru… dan mana yang lebih bagus?

    • rrobyf April 10, 2017, 12:14 pm

      Yang lebih bagus wa850re gan, silahkan bedakan pada website TP-LINK ya.

  • yudha April 5, 2017, 2:38 pm

    gan minta tolong saya punya wifi range extender tl wa 850 re sebelumya beberapa bulan koneksi + sinyal lancar jaya tp akhir akhir ini sering hilang muncul , 2x beberapa menit sekali kenapa ya gan mohon pencerahan ?

    • rrobyf April 7, 2017, 11:39 am

      Coba tekan tombol reset gan lalu atur kembali, bisa jadi malfungsi dari sistemnya saja dan bukan dari perangkatnya. Dan jangan lupa perbarui versi firmware.

  • sugeng March 31, 2017, 1:19 pm

    tanya donk bro.. saya nembak hotspot kampus xxxx@wifi.id 2 pk tp-link tl-wn722n menggunakan wajan bolic setinggi 10m dengan kabel usb. dapat sinyal 3 bar = 58% = -74dbm. Hasilnya memuaskan, namun di waktu tertentu bs tiba2 los sinyal, padahal paling tidak terdata di xirrus saya ada 4 titik yg similar plus 5 titik wifi.id. Oya jaringan wifi kampus ini menggunakan wifi.id namun dgn nama yg berbeda. Saya coba atasi dengan repeater tp-link tl-wa850re namun ternyata yang bs di repeat adalah sinyal virtual router saya bukan sinyal yang saya dapat dari xxxx@wifi.id 2 tadi.
    Pertanyaannya bagaimana cara supaya saya bisa merepeat sinyal yang saya dapat dari access point xxxx@wifi.id 2 supaya tidak lagi mengalami loss sinyal. Terima kasih sebelumnya.

    • rrobyf April 2, 2017, 12:21 pm

      WA850RE memang tak bisa me-repeat jaringan WiFi dari wifi.id gan, entah kenapa kok bisa begini Saya masih kurang tahu. Supaya tak mengalami loss signal, biasanya ini juga tergantung cuaca dan antena yang dipakai buat nembak wifi gan.

  • andika kurniawan March 23, 2017, 5:06 am

    Apakah bisa mengguanakan wifi extender lebih dari 2?
    misal wifi extender pertama jarak tidak jauh dengan router, sekiranya 2/3 sinyal. wifi extender kedua lebih jauh dari router dan hanya dalam jangkauan wifi extender pertama.
    penggambaran (*router* -dari sinyal router ke wifi extender pertama sekitar 3meter- *wifi extender1* -dari sinyal wifi extender1 ke wifi extender2 sekitar 3meter- *wifi extender2*
    #mungkin intinya “apakah bisa memperluas jaringan wifi dari wifi extender bukan dari routernya?”

    • rrobyf March 24, 2017, 9:06 am

      Ya, sangat bisa sekali.

      • Vbeey September 7, 2017, 2:16 pm

        Menyambungkan pertanyaan dri agan *Andika Kurniawan*
        Klo 4/6 alat extender dgn 1 modem wifi indihome.
        Cara untuk menyambungkanya gmn,ya?
        -Apakah setiap extender terkoneksi langsung dgn sinyal wifi modem?
        -Apakah penyetingan extender dgn extender2 lainnya?
        Mohon pencerahannya!!!
        !!!Terima kasih!!!

        • rrobyf September 8, 2017, 11:38 am

          Wah jika ada lebih dari 3 sepertinya akan berdampak pada kecepatan koneksi nantinya apabila tidak langsung disambung ke router utama atau dengan kata lain tidak menyambung extender ke sebuah extender.

          Dan untuk setingannya di extender, hanya menginput password saja dan mengatur IP dinamis atau Statis jika diperlukan. Boleh menyambung ke akses poin yang dipancarkan ke extender dengan saran maksimal 3 ekor saja.

          Misalnya extender A menyambung ke router utama, lalu extender B menyambung ke A, dan ada lagi extender C menyambung ke B. Mungkin kecepatan koneksi yang berdampak parah akan dialami extender C.

  • Rdy March 21, 2017, 8:08 am

    Hi Gan,

    Mau tanya, kenapa ya kalau router utama pakai mac filter, extender tidak bisa ya akses internet?

    • rrobyf March 22, 2017, 10:17 am

      Tergantung dari router utama melakukan filter untuk perangkat apa. Jika mengijinkan hanya khusus untuk satu perangkat saja, pastilah extender tak akan dapat menyambung. Begitupula jika router ini memblokir Mac address extendernya, pasti tidak akan tersambung.

  • Kendy March 21, 2017, 7:20 am

    Salam kenal gan,
    Mau tanya..
    Kalau extender ini saya extend kembali dengan alat yg sama bisa gan?

    Terima kasih gan,

  • alif February 26, 2017, 8:31 am

    gan ane punya bekas wifi ga pake, itu bisa nambah extended wifi ane ga soalnya ane udh beli wifi lg yang baru yg lama bisa dijadiin extended ga

    • rrobyf February 27, 2017, 10:24 am

      Tergantung dari WiFinya ya gan. Karena biasanya ada fitur buat extender dan adapula yang tidak.

  • adhi February 22, 2017, 6:56 am

    gan mau tanya, saya pakai penangkap wifi untuk pc tapi sinyalnya sering hilang dan bahkan tidak ada, kalau pake wifi repeater sinyalnya jadi kuat ga gan ? sama cara kerjanya bagaimana ?

    • rrobyf February 22, 2017, 11:45 am

      Maaf, penangkap WiFi untuk PC ini maksudnya program atau alat ya? Jika digunakan untuk menangkap WiFi jarak jauh misalnya ratusan meter, Saya lebih menyarankan untuk memakai WiFi Outdoor. Tapi jika hanya untuk satu rumah saja, alat ini bisa dipakai untuk itu.

  • Pan February 16, 2017, 7:18 am

    Siang pak, saya mau nanya apakah wifi repeater ini dapat digunakan apabila main wifi harus menggunakan SSO (seperti wifi kampus)? terima kasih

    • rrobyf February 16, 2017, 11:47 am

      Sejenis autentikasi khusus mahasiswa dan guru ya? sepertinya bisa tergantung dari keamanan seperti apa yang dipakai di routernya. Jika sejenis wifi.id maka tidak akan bisa dan harus memakai setidaknya WiFi outdoor untuk memperpanjang signal WiFi.

      • Pan February 17, 2017, 5:33 am

        iyaa kurang lebih seperti itu, pada sebelumnya untuk menjangkau signal wifi saya menggunakan router, namun saat ini router saya tidak dapat di setting karena saya tidak dapat melihat dns yang digunakan pada servernya (seperti di protect oleh pihak kampus). maka dari itu apakah saya masih dapat menggunakan wifi repeater ini? Terima kasih atas jawaban sebelumnya.

        • rrobyf February 17, 2017, 11:12 am

          Jika menggunakan router atau WiFi Outdoor tidak bisa, sepertinya menggunakan alat ini pun juga tak akan bisa.

          • Pan February 21, 2017, 6:09 am

            Baiklah kalau begitu, terima kasih banyak atas informasinya pak

  • Eddie Lim February 15, 2017, 4:55 am

    Gan, extender saya pasang di lantai 2, koneksi di lantai 2 lancar, tapi koneksi di lantai 1 jadi lelet (hampir ga jalan) padahal modem di lantai 1.

    • rrobyf February 15, 2017, 8:36 am

      Sebenarnya WiFi extender ini tidak mempengaruhi koneksi kok gan karena bersifat mengalihkan pengguna ke WiFi utama dan extender adalah perantara, jadi bandwidth yang dihasilkan sebenarnya sama saja. Saran Saya jika routernya memiliki pengaturan untuk membatasi bandwidth sebaiknya gunakan itu supaya kecepatan bisa terbagi rata.

  • septian February 8, 2017, 5:03 pm

    Om mw nany…ap bsa y kita konek dr hp tanpa pc,trus bsa g buat d luar rumah(mxsudny ambil tetangga hhhh) soalny ane liat tutor d youtube kbanyakan pke pc trimakasih

    • rrobyf February 10, 2017, 8:32 am

      Bisa kok mengatur dari ponsel.

  • ravena February 8, 2017, 5:29 am

    hallo,saya pakai TL-WA850RE, saya mau terhubung dgn SSID ini dgn mencari di Wifi laptop/hp saya, tapi tidak terdapat,bagaimana supaya dapat ketemu di available network?atau tambahkan SSID ini sendiri di jaringan wifi?thank you

    • rrobyf February 8, 2017, 10:50 am

      Apa SSIDnya disembunyikan oleh router utama? Jika iya, pasti akan terdeteksi pada ketika extender ini mencari jaringan WiFi yang tersedia hanya saja tidak ada SSID yang ditampilkan dan hanya Mac Address dan signal saja. Tapi jika ingin menambah manual, bisa masuk pada bagian Profil lalu menambahkan SSID, Mac Address, beserta sandi yang dipakai router utama.

  • aak February 4, 2017, 1:00 am

    Gan mau tanya, alat ini atau jenis range extender lainnya musti di hubungkan denga kabel LAN dari router atau bisa juga ga pake LAN hanya nangkap sinyal wifi nya saja lalu dengan alat ini baru diperluas lagi. hehe maklum gan pertanyaan orang awam
    Terimakasih

    • rrobyf February 4, 2017, 7:56 am

      Tanpa router pun alat ini sudah bisa digunakan untuk menyebar jaringan. Dan kegunaan dari kabel LAN yang ada pada range extender ini untuk menyambung langsung koneksi dari extender secara direct ke PC atau perangkat.

  • ian February 1, 2017, 5:40 am

    Sy menggunakan modem utama tp-link wd8961n koneksi menggunakan speedy, jika menggunakan tp-link wa850re apakah nama wifi bisa sama dengan nama wifi yang ada pada modem utama (tp-link wd8961n) ?
    Jd jika connect melalui hp tidak perlu ganti-ganti wifi. Jika bisa caranya bagaimana? Thanks.

    • rrobyf February 1, 2017, 11:26 am

      Nama atau SSID bisa sama, namun WiFi tetap akan ada dua, ini dikarenakan WiFi tersebut memiliki mac yang berbeda dan mac tersebut adalah identitas dari WiFi itu.

  • dedi suhendi February 1, 2017, 4:13 am

    Pa. mohon info.cara menseting/membuat pasword pd wifi extender TP-Link WA730RE, sementara pd router wifi (main wifi nya) sdh dipasang paswordnya oleh Teknisi (sy pake MNC play), agar pd wifi extender tdk bisa disadap/disusupi oleh pengguna lainnya.

    Terima kasih,

    • rrobyf February 1, 2017, 11:32 am

      Untuk mengatur kata sandi pada extender sudah ada pada buku panduan dan supaya tidak disadap, jika terdapat fitur untuk mengaktifkan atau menonaktifkan WPS, sebaiknya matikan. Tapi jika tidak ada fitur untuk mematikan WPS seperti pada extender WA850RE tidak perlu cemas karena pin WPS tidak akan bisa diretas dengan mudah dengan alat seperti jumpstart dan sejenisnya, tapi masih kurang tahu jika meretas melalui backtrack mungkin juga butuh waktu yang sangat lama untuk mendapatkan pinnya.

  • Dian January 28, 2017, 4:08 am

    Salam kenal pak,,
    Saya pakai wifi extender persis gambat di atas,
    Gimana cara saya konfigurasi ketika router yg saya gunakan di ganti password,
    Trimakasih

    • rrobyf January 28, 2017, 7:24 am

      Cukup menuju IP Gateway atau ke alamat tplinkextender.net atau tplinkrepeater.net pasti akan langsung dialihkan ke halaman pengaturan WiFi Extender.

  • parlin January 23, 2017, 7:17 am

    Tanya Mas, merek wifi outdoor yg bagus apa ya ?
    Dan adakah wifi extender atau alat lain yg bisa mengetahui password dari wifi utama ? Sehingga kita bisa ikut nyambung
    Makasih mas.

    • rrobyf January 23, 2017, 11:11 am

      Ada banyak sekali jenis WiFi outdoor gan, yang bagus menurut Saya buatan TP-LINK. Dan tak ada alat yang bisa mengetahui kata sandi WiFi utama. Adapun program untuk komputer yang dapat melihat kata sandi WiFi, akan tetapi tidak semua WiFi.

  • zarul January 21, 2017, 11:41 am

    boss.. mau tnya,,
    bolehkah setting wifi extender ni untuk Tarik wifi sama rata..kelajuan streamyx saya 4mbs..sya mngunakan wifi extender tp link 300mbs..
    contohnya druang atas 2mbs diruang bawah 2mbs..kalau boleh,,mohon tnjukkan settingnya

    • rrobyf January 21, 2017, 12:14 pm

      Sepertinya tidak bisa, karena tak ada opsi untuk mengatur QOS atau Bandwidth pada program dari alat ini. Tapi itu bisa dilakukan dari router utama apabila mendukung fitur untuk membatasi kecepatan koneksi.

  • azmal January 12, 2017, 11:08 am

    Mas kalo yang bisa menambah signal wifi.id telkom repeter apa mereknya?

  • faisal December 27, 2016, 7:10 am

    sudah reboot mas,sudah konek tetapi kok blm bisa di gunakan untuk internet gimana mas ?

  • Topan S December 22, 2016, 8:36 am

    Ka, mau tanya. Rumah 1 dengan rumah 2 (yang punya jaringan wifi) jaraknya sekitar 15 meteran karna kehalang oleh satu rumah, bisa ga kalo pake tp link extender yang itu? Kalo ga bisa, pake apa ya biar bisa ketangkep ke dalem rumah 1 ?

    • rrobyf December 22, 2016, 11:20 am

      Tergantung dari berapa signal yang didapat saat ini gan. Jika pada ponsel terdeteksi 1 bar signal, maka sangat bisa menggunakan alat ini. Dan jika ingin hasil yang lebih baik, bisa menggunakan jenis wifi outdoor.

  • Edge December 13, 2016, 3:59 am

    Halo mas.,
    Mas saya sudah pakai TP Link Wifi Extender WA850RE sejak lama..Cuma sampai sekarang saya belum ketemu solusi kalau sinyal wifi di main router jika sedang down dan normal kembali, maka extendernya juga ikut disconnect dan hrus cabut pasang lagi biar bisa konek kembali..Saya pakai F*stnet / Fstmedia…Ada cara supaya bisa autoconnect biar ga cabut pasang extendernya?

    • rrobyf December 13, 2016, 6:46 am

      Supaya tidak perlu cabut pasang, cukup di restart dari pengaturan repeater saja gan lebih mudah. Untuk menuju pengaturan bisa langsung ke alamat tplinkrepeater dot net πŸ˜€

  • eros December 8, 2016, 3:09 pm

    gan mau tanya ini kan saya pakek tp link tl-wa850re truss saya nembak @wifi.id telkom kok sering gak bisa ya buka welcome wifi.id nya padahal dah nyambung saya buka di tplinkrepeater.net nya pasti Dynamic IP(Failed) padahal saya ke deket colokan TP linknya dan langsung nyambung wifi.id langsung bisa buka wellcome wifi.id nya tolong ya bantu

    • rrobyf December 9, 2016, 11:09 am

      Sepertinya repeater ini tidak bisa digunakan untuk menyambung wifi.id. Bisa jadi karena alat ini mungkin tak dapat menembus firewall.

  • faisal December 5, 2016, 1:07 pm

    Berapa jarak max alat ini ? Dan wifi tetangga saya yg mau saya gunakan itu pasword nya selalu di ubah ubah menurut tgl contoh fazanet127# pd tgl 12 bulan 7 dan hari berikutnya adalah fazanet128# jadi harus gimana saat menulis pasword wifi nya ?

    • rrobyf December 7, 2016, 10:47 pm

      Jarak dari alat ini juga tergantung dari lokasi yang ditempatkan. Asalkan dari ponsel terdeteksi sedikitnya 1 bar signal. Untuk pengaturan passwordnya juga bisa diubah-ubah sesuai keinginan, dan juga terdapat fitur profil untuk menyimpan salah satu dari SSID WiFI yang pernah digunakan.

  • Raka579 December 3, 2016, 11:10 am

    Mas klo routernya tidak bisa login,karena username dan paswordnya udah d gantu,,apakah bisa saya menggunakn wifi repeater agar tersambung k router tsb,maksih sebelumnya

    • rrobyf December 7, 2016, 10:52 pm

      Tidak bisa, alat ini masih membutuhkan akses login yang sebenarnya dari router. Jadi ketika router utama mengganti sandi, maka pada alat ini pun juga harus diganti.

  • Ilman Alfatih November 20, 2016, 2:06 pm

    kalo Main Router nya menggunakan Security MAC address filter kok gak bisa ya gan…
    terus yang versi firmware terbaru agak sulit di gunakan kira2 apa solusinya ya gan..?
    versi firmware yang paling baru selalu gagal saat finish nya gan,.

    • rrobyf November 21, 2016, 7:40 am

      Untuk router yang difilter hanya khusus mac address tertentu, alat ini memang tidak bisa menembus gan. Coba untuk mengecek hardware versinya gan, soalnya Saya sekarang juga memakai firmware terbaru dan proses instalasinya juga cepat.

  • bbeb November 14, 2016, 3:59 am

    mau tanya, apakah akan wifi extend tersetting ulang jika wifi utama diganti passwordnya?

    • rrobyf November 15, 2016, 11:53 am

      Jika router utama mengganti kata sandi, maka wifi extender harus diganti juga. Dan apabila tidak diganti maka tidak akan bisa menyambung ke router utama.

  • aldo November 3, 2016, 9:11 am

    Gan ini wifi nya tinggal colokan ke listrik emang langsung nyala??Terus pembayarannya sama saja langsung bayar listrik nya aja?? Atau gimana??

    • rrobyf November 4, 2016, 10:17 am

      Ini adalah WiFi Range Extender, jadi memerlukan router utama untuk menyambung ke internet. Jadi arus listrik hanya digunakan supaya alat ini hidup dan bisa mendapat signal dari router utama.

  • adicandra759 October 23, 2016, 9:57 am

    saya mau tanya gan..saya pakai router WA830re. apa bisa kita buat sandi sendiri.(beda sandi dari wi-fi yg kita colek). dan bagai mana cara nya gan..tanks..

    • rrobyf October 24, 2016, 11:19 am

      Untuk saat ini sepertinya tidak bisa melakukan hal itu pada repeater tersebut dikarenakan belum ada perbaruan firmware. Mungkin kedepannya akan ada perbaruan firmware yang bisa melakukan itu dan ini juga mengacu pada versi hardware dari repeater tersebut mendukung atau tidaknya.

  • risan October 14, 2016, 10:21 am

    gan kalau wifi router nya gk dikasih paswod, wifi repeaternya gk bisa dikasih paswod ya? kalau bisa dikasih paswod gimana cara setingnya?

    • rrobyf October 14, 2016, 10:52 am

      Pada firmware untuk TP-LINK WA850RE hardware versi 2 sudah diberikan opsi untuk mengatur sendiri kata sandi yang diinginkan. Dengan maksud repeater ini dikonversi menjadi AP.

  • faizal October 10, 2016, 9:11 pm

    Gan saya mau tanya tmn saya ada yg pasang wifi dirumahnya tp tidak sampai kerumah saya padahal jaraknya hanya beda 2 rumah, kalo saya menggunakan wifi extender kiraΒ² bisa gk yah?

    • rrobyf October 11, 2016, 9:29 pm

      Silahkan coba dulu dengan ponsel, apakah terbaca setidaknya 1 signal saja, jika terdeteksi, silahkan gunakan WiFi extender.

  • risan October 10, 2016, 4:40 pm

    gan mautanya, intuk kecepatannya yang dipancarkan oleh wifi repeaternya kecepatanya sama dengan wifi routernya, apa yang diterima wifi repeaternya dibagi lagi? misalnya kecepatan download router 1 Mbps per hp yang conect, bila diterima oleh wifi repeater tetep 1 Mbps per hp gan? terus kuat berapa hp yang terhubung ke wifi repeaternya? apakah dibatasi? maaf tanya banyak

    • rrobyf October 11, 2016, 9:31 pm

      Intinya repeater ini berfungsi forwarding gan (perantara), jadi arus data yang diambil adalah dari router utama dan disini repeater tidak menyimpan data untuk dibagi-bagikan atau dibatasi, dan arus data langsung diambil dari router utama.

      • risan October 12, 2016, 1:14 pm

        ok gan. makasih atas infonya. sangat membantu

  • Aidan October 9, 2016, 10:45 am

    Gan saya mau nanya, kan saya tinggal di kost 2 lantai, saya di lantai 1 dan koneksi wifi nya tidak sampai ke kamar, dan kalau diluar kamar sinyal nya hanya 1 batang, itu bisa kan pake extender ? trus kalo nanti saya pake extender saya colok di dinding kamar saya, nanti sinyalnya nyebar ga selain di kamar saya ? bisa ga kita batasi repeaternya hanya menguatkan sinyal untuk kamar saya aja ? *sori pertanyaannya bodoh

    • rrobyf October 10, 2016, 10:49 am

      Ya, bisa. Asalkan ada 1 bar signal terdeteksi pada ponsel pasti bisa menggunakan alat ini untuk menyebarkan atau memperkuat. Dan jika alatnya dipakai untuk pribadi juga bisa karena V2 dari WA850RE sudah bisa mengalokasikan Repeater menjadi Access Point yang mana kata sandi tidak harus sama seperti router utama.

  • Andre October 5, 2016, 6:42 pm

    Gan..permisi numpang nanya..

    Untuk wifi extender itu bisa saling sambung tdk ya?
    Contoh:
    Dr jaringan pusat yg status barnya lemah di exterder dan kemudian di extender lg (Wifi Server -> wifi extender -> wifi extender)

    Dan jangkauannya kira2 rata2 brp meter untuk extender yg 2 antena?

    Mohon pencerahannya..
    Thx before

    • rrobyf October 6, 2016, 11:35 am

      Ya, bisa sekali dan jangkauan sepertinya lebih dari 100 meter asalkan masih terdapat 2 signal yang terdeksi pada repeaternya, karena jika hanya satu tidak akan mudah tersambung dan kecepatan yang didapat hanya sedikit.

  • rudi October 3, 2016, 2:34 am

    saya mau tanya : apa wifi extender bisa di pakai untuk jaringan hotspot yang pakai login ke browser

    • rrobyf October 3, 2016, 11:25 am

      Untuk sejenis Mikrotik bisa, tapi untuk sejenis wifi.id sepertinya WA850RE tidak bisa.

      • Kentang December 31, 2016, 5:36 am

        Bedanya mikrotik dengan wifi.id apa y gan…?
        Soalnya saya pake punya xi**** untuk konek ke microtik yg ada pasword di browser,g bs
        Terima kasih.

        • rrobyf January 1, 2017, 6:56 am

          Bedanya mungkin jenis sistem WiFinya, tapi kebanyakan sama-sama harus melakukan login dengan username dan password.

  • Aji September 27, 2016, 8:39 am

    Gan ini settingnya hanya bisa via pc/laptop ya atau bisa lewat android???
    Apa harus selalu hidup PCnya agar wireless repeater ini bisa digunakan??
    Jadi klu PC yang digunakan untunk settingan wirelessnya mati apa masih bisa digunakan ini alat??

    • rrobyf September 27, 2016, 12:05 pm

      Kebanyakan WiFi Repeater atau Range Extender bisa digunakan langsung tanpa perlu Access Point tambahan, jadi hanya ditancapkan pada socket dan alat ini langsung berfungsi. Untuk mengaturnya bisa dengan segala jenis ponsel, dengan syarat mendukung WiFi.

  • Adhy September 26, 2016, 11:00 pm

    Mau tanya gan, saya pake tl wa730re, kalau menggunakan kabel LAN bagaimana ya gan ? soalnya dikostan saya sinyal mobile data itu benar2 mati, dan disediakan kabel LAN untuk akses internet. Saya mau menyebarkan sinyal LAN nya ini menggunakan seri tadi. apakah cuman wifi saja yg bisa d gunakan untuk menyebar sinyalnya ?

    • rrobyf September 27, 2016, 12:08 pm

      Ya, kabel LAN harus ditancapkan pada router utama supaya bisa menyerap data koneksi sehingga pengguna bisa menggunakannya menjelajahi internet, selain menggunakna LAN akan lebih mudah langsung mengatur secara manual dengan mengisi kata sandi router utama tersebut. Baik itu WiFi yang tersembunyi SSIDnya juga masih bisa terdeteksi namun harus mengisi SSIDnya secara manual.

  • hizkia September 25, 2016, 11:31 am

    cara konek extender ke routernyA gimana yaa? saya baca comment diatas tanpa meneka tombol wps bisa kn yaa? nah tolong di jelasin caranya dong,..

    • rrobyf September 26, 2016, 10:36 am

      Ya, tanpa menekan tombol WPS tetap bisa karena diberi 2 pilihan, yaitu menekan tombol WPS dan mengisi kata sandi sendiri.

  • komari September 23, 2016, 8:49 am

    perlu tekan tombol wps gak….??? soalnya wifi ku ngak ada tombol wpsnya.

    • rrobyf September 23, 2016, 11:08 am

      Tidak perlu menekan, yang penting tahu passwordnya.

  • kristian dwinata September 15, 2016, 3:35 pm

    gan mau nanya, tetangga sayakan ada masang internet rumah, terus saya tahu pas nya, terus saya pakai wifi extender type ew-7438rpn, pertama-tama bisa, trus kalau udah agak lama dia reset sendiri, mohon bantuannya

    • rrobyf September 16, 2016, 11:48 am

      Maksud dari reset sendiri, seperti apakah? Apakah koneksi tidak ada, ataukah seolah kembali ke pengaturan semula? Jika kembali ke pengaturan semula, bisa jadi ada yang me=resetnya atau kesalahan dari firmware yang perlu di-upgrade

  • Cherry September 15, 2016, 5:52 am

    dikantor saya, menggunakan AP dengan dibuat banyak/beberapa SSID.
    apakah dengan satu reapeter/extender ini bisa diclone/copy semua SSID yang sudah ada ? karena saya mencoba TL-WA850RE ini tidak ada pilihan all/multi ssid

    • rrobyf September 15, 2016, 10:20 am

      Sangat disayangkan alat ini tidak bisa digunakan untuk mebuat multi SSID dan hanya bisa satu SSID saja yang bisa digunakan.

  • andry August 25, 2016, 7:25 am

    Sorry mau tanya saya kemarin gagal seting.. mau saya coba riset kok tidak bisa ya?

    • rrobyf August 25, 2016, 9:49 am

      Untuk melakukan reset, cukup menekan tombol kecil yang ada pada bagian bawah range extender dengan bantuan pensil atau kawat.

  • hardika August 23, 2016, 1:23 pm

    klo untuk wifi id bisa gk? cz dideket rumah.ku ada wifi id,gratis lgi, tu wifi id.nya kampus.
    tu bisa pake extender gk?
    trs cra make.nya gmna? ane kurang paham,
    menurut penjelasan ente yg bsa gue pahami, brrti tu nyambungin 2 wifi secara lngsung, 1 dri extender, 1 dari wifi id. klo android kn gk bsa nyambungin 2 wifi sekaligus?
    trs, klo konek wifi dri extender, kecepatannya menurut wifinya pusat ato wifi dri extender? kn jika kita menghubungkan perangkat ke extender.nya, maka kecepatan dri wifi kita lebih lambat dri pada menghubungkan perangkat lngsng ke wifi pusat. kn extender menangkap wifinya trs membagi kecepatan yg diterimanya ke banyak perangkat yg menyambungkan wifi lewat extender ini.
    apakah benar?

    • rrobyf August 24, 2016, 10:10 am

      Untuk beberapa wifi repeater bisa menangkap dan menyambungkannya untuk wifi.id, tapi Saya juga masih belum pernah mencobanya dari TL-WA850RE ini. Untuk masalah kecepatan, alat ini akan mengurangi kecepatan tergantung signal yang didapat dan bersifat langsung menyambungkan ke router utama atau bisa dikatakan forwarding dan tidak menyimpan koneksi untuk disambungkan ulang ke perangkat yang terhubung ke wifi repeater, jadi sederhananya semua perangkat yang terhubung pada wifi repeater ini akan langsung dialihkan pada gateway router utama.

  • Maya August 22, 2016, 7:53 am

    Maaf mau tanya, untuk setting nya itu cukup 1x saja atau tiap kali ada device mau connect, harus login dll?

    • rrobyf August 22, 2016, 10:35 am

      Cukup satu kali saja, kecuali router utama berganti sandi harus mengaturnya lagi.

  • Sonnie August 3, 2016, 9:38 am

    Permisi gan saya mw tanya caranya untuk hide ssid wa854re saya bisa gak ya gan ? kalo bisa caranya gmn ?

    • rrobyf August 3, 2016, 10:58 am

      Sepertinya tidak ada setelan untuk membuat SSID bisa tersembunyi pada firmware v1 yang digunakan saat ini.

  • afriadi July 29, 2016, 5:32 pm

    gan ..mau nanya… mana yang lebih kuat tl wa830re dibandingkan tl wa850re dalam menangkap dan memancarkan sinyal…bingung mau milih…mungkin agan tau plus minus produk keduanya..

    • rrobyf July 31, 2016, 10:47 am

      Menurut Saya sendiri memilih WiFi Range Extender yang memiliki jangkauan lebih jauh dan kuat adalah yang memiliki antena tambahan. Dan tentang kedua produk tersebut, Saya jauh lebih memilih wa850re

  • erik juni July 15, 2016, 7:51 am

    mau tanya gan….
    kenapa tp-link TL-WA854RE tidak bisa konek dengan router nya.
    keterangannya internet not access
    tks

    • rrobyf July 15, 2016, 11:43 am

      Silahkan cek pada System Log, apakah ada sesuatu yang bertanda merah? Jika iya silahkan tempel disini, akan Saya kasih solusinya. πŸ˜€ Karena kejadian seperti ini sangat sering dan tidak mengacu pada satu kesalahan saja. πŸ™‚

  • febryan July 12, 2016, 9:10 am

    gan mau nanya kan saya pake router utama di lantai 1 dan lantai 2 saya pake extender yg diatas nah lantai 2 bandwithnya terbagi jadi terasa lemot ,apakah kalau extender dihub dengan lan ke router utama bandwith tidak terbagi,atau ada solusi lain agar bandwith tidak terbagi? thanks

    • rrobyf July 13, 2016, 11:20 am

      Sebenarnya fungsional repeater langsung melakukan forwarding dari router utama, bukan sejenis menembak wifi. Jadi koneksi akan tetap sama tergantung signal yang didapat dari repeater, apabila hanya mendapatkan 10% saja, pasti akan terasa lambat, usahakan mendapat kurang lebih minimal 30%.

  • kinoy July 1, 2016, 9:42 am

    salam gan,
    mohon bantuannya,
    sy baru beli wifi repeater merek kextech, dan mencoba nyambungin dengan wifi indihome di rumah, tapi kenapa tidak bisa konek ya? selalu saja saat mengklik menu apply pada menu tidak ada respon.
    saat scanning muncul juga wifi tetangga, perbedaannya adalah wifi indihome di rumah securitynya wpapsk, sedangkan tetangga punya securitynya none. kalo saya pilih tetangga punya malah merespon begitu klik apply. itu kenapa ya mas? apa mesti ada yg di setting di wifi indihomenya atau gimana ya? frustasi saya ini

    • rrobyf July 3, 2016, 11:17 am

      Sebenarnya tidak perlu ada yang disetting lagi, coba sambungkan lewat WPS, kira-kira bisa terhubung apa gak ya? Dan coba atur sebagai IP statis gan.

  • awal syafaat June 28, 2016, 2:54 pm

    Salam IT,
    Ane mo nnya pak cr setting TL-WR940N
    Yg model baru 3 antena..sox jarak Dr wifi utama skitar 50 mtr Dr rmh..signal yg hp dapt sampai drmh hnya 1 atau 2 bar..pertanyaannya klo pake alat ini mampu ga menambah signalx biar tambah maknyuss..mkasih

    • rrobyf July 1, 2016, 3:37 am

      Ya degan 3 antena, tentu sangat bisa meraih jarak tersebut, untuk cara settingnya Saya masih belum bisa menyediakannya, jadi sebaiknya silahkan lihat terlebih dahulu pada buku petunjuknya.

  • Flo June 15, 2016, 7:01 pm

    Ijin bertanya yah gan. Bisakah menggunakan 2 buah wifi extender yang berbeda brand?
    Untuk informasi, sekarang saya menggunakan extender merk ZTE dan modem router Indihome merk ZTE pula. Masih ada beberapa blank spot di rumah saya, dan saya bermaksud buat nambah 1 extender lagi.
    Terima kasih sebelumnya gan.

  • vidi June 15, 2016, 9:49 am

    gan, apakah alat ini berlaku untuk semua jenis WIFI?, katanya sih hanya jenis wifi.id yang gk bisa terhubung dengan Mi wifi repeater

    • rrobyf June 15, 2016, 11:30 am

      Untuk wifi.id sepertinya tidak bisa. Tapi untuk WiFi sejenis Mikrotik masih bisa kok.

  • egie June 15, 2016, 8:17 am

    gan saya kan pasang indihome di rmh,lantai 2,sinyal wifil full kalo d lt2 2,tp di lantai1 sinyal hilang,apakah alat ini bisa membantu agar di lantai 1 sinya bisa full?klo bisa gimana cara nya>thx

    • rrobyf June 15, 2016, 11:32 am

      Ya, tentu alat ini bisa digunakan, dan untuk tata caranya sudah ada pada buku panduan, diberi 2 pilihan yaitu melakukan secara manual atau dengan cara yang praktis yaitu menyambung melalui WPS.

  • Zeky June 7, 2016, 5:40 am

    Gan, biasanya dirumah ane modem/wifi router kan dimatiin tuh kalo malem. Nah ane mau nanya kalo besoknya ane nyalain wifi routernya lagi, di range extendernya mesti setting ulang lagi atau otomatis konek? Thx btw

    • rrobyf June 7, 2016, 11:50 am

      Setiap setelan disimpan dalam bentuk profil per SSID yang pernah disambungkan, dan tentang pertanyaannya, alat ini bisa langsung menyambung pada SSID terakhir yang terhubung dan tidak perlu mengatur ulang.

  • karnopati June 6, 2016, 4:05 am

    Mas, saya ada problem dgn google chromecast. Saya ada wifi dgn authorize password via web page (mirip di hotel2). Chromecast kan tidak bisa connect langsung ke SSID wifi yg ada password tsb. Utk solusinya pake wifi extender atau AP atau router ya ?

    • rrobyf June 6, 2016, 11:08 am

      Tidak bisa jika menggunakan alat Repeater ini karena hanya berfungsi untuk melakukan forwarding saja. Jadi akan tetap mengharuskan mengisi kata sandi pada halaman/webpage.

  • hery May 25, 2016, 4:32 pm

    gan,saya sudah cb mengkoneksikan dgn cara yg sesuai agan posting, RE pada laptop sinyal hanya 10%.jadi seolah2 RE tdk menangkap jaringan dari modem router,dmn kkurangannya ya gan??trims

    • rrobyf May 27, 2016, 9:51 am

      Tapi apakah menampilkan bahwa alat memiliki koneksi internet? Bisa jadi jaraknya terlalu jauh, jadinya alat ini hanya menangkap signal yang kurang baik.

  • Taufik May 20, 2016, 1:36 pm

    jika menggunakan modem wifi dan langsung menggunanakan Tp-link 300M Wireless N Range Extender Model No. TL-WA854RE kenapa sering putus2 ya pak ? padahal ada 3 bar di tp link tersebut ?
    masalahnya ada dimodem saya atau di tp link saya ?
    terimakasih

    • rrobyf May 21, 2016, 10:53 am

      Sering putusnya seperti apa ya contohnya? Apakah tiba-tiba WiFi menghilang? Atau seperti dilakukan restart seketika. Cobalah untuk memperbarui jenis Network pada Repeater diatur sebagai IP Statis, dengan maksud bukan menggunakan IP Dinamis.

  • munier May 20, 2016, 10:23 am

    Mau tax gan
    Saya pux wifi di rumah..tp jaringannya cmn smpe 200m ke rumah tetangga..
    Tp di rumah tetangga saya yg jaraknya 300 m..jaringannya sdh tdk terdeteksi..apakah bisa dgn wifi repeater in jaringannya bisa sampai??

    • rrobyf May 20, 2016, 11:11 am

      Alat ini sebenarnya sangat cocok untuk bangunan tinggi, namun jika keinginannya seperti itu, lebih baik membeli antena saja untuk wifinya supaya terjangkau lebih jauh, dan jika menggunakan alat ini yang harus dilakukan adalah menaruh pada rumah tetangga yang sampai maksimal signal rendah.

  • edy May 11, 2016, 3:09 pm

    misalnya di tempat saya wifin utamanya diberi nama: “si unyil”, apabila menggunakan alat ini nantinya di laptop/ gadget namanya waktu di search tetap muncul dengan nama “si unyil” atau kita bisa custom nama sendiri untuk nama wifi ekstendernya?

    • rrobyf May 12, 2016, 10:24 am

      Untuk nama WiFi atau disebut sebagai SSID, bisa dilakukan custom nama sendiri. Namun untuk kata sandi akan tetap seperti pada router utama.

  • ang April 26, 2016, 2:42 am

    permisi mau tanya…

    sy juga beli persis tipe nya spt gambar di atas
    sudah sy coba berkali2 gk bisa
    gk bisanya itu di wifi taskbar laptop sy selalu muncul nya ‘Limited’
    terkadang malah ‘cann’t connect to this network’

    sy sdh coba di kampus dan di kos, hasilnya sama saja

    mohon pencerahannya..
    terima kasih

    • rrobyf April 27, 2016, 2:58 am

      Sudah mencoba melihat pada bagian System Log? Dan apakah pada bagian beranda halaman admin semua icon berwarna Hijau atau ada yang berwarna abu-abu? Saya bisa membantu asalkan Anda mengirim System Log kepada Saya pada halaman kontak website ini.

  • rahmat April 21, 2016, 9:54 am

    misi gan mau tanya

    di rumah saya nangkep sinyal wifi tapi harus pske username dan pasword seperti mikrotik tapi sinyal nya cuma dua bar

    pertanyaanya bisa tidak alat ini di gunakan menambah signal/menstabilkanya???

    thanks

    • rrobyf April 22, 2016, 11:07 am

      Pada dasarnya alat ini tidak bisa menambah signal, namun kemampuan ini untuk menangkap jaringan sangatlah bagus melebihi laptop. Dan alat ini bisa melakukan repeat WiFi yang menggunakan Mikrotik, namun untuk wifi.id, Saya masih tidak mengetahui lebih karena belum mencobanya.

  • Wega April 5, 2016, 10:24 am

    Salam IT pak …
    Mohon pencerahannya pak, saya udah setting wifi range extender dari router utama ke ruangan saya pake TP-Link tipe TL-WA830re, semua setting udah saya coba. Memang laptop bisa terhubung sama wifi range extender yg sudah saya buat, tapi permasalahannya “No Internet Access” trus pak, udah saya refresh berkali-kali tetep aja no internet access, permasalahannya dimana ya pak ?
    Mohon tanggapannya pak..
    Terimakasih.
    Semoga selalu sehat sejahtera.

    • rrobyf April 5, 2016, 10:36 am

      Silahkan cek bagian IP gateway, apabila tertulis 192.168.0.254 berarti Repeater masih belum terhubung ke router utama. Namun apabila IP Gateway sudah benar, bisa diberitahukan jenis router yang dipake saat itu? Apakah mikrotik atau lainnya?

      • Wega April 6, 2016, 2:25 am

        Sudah saya cek IP gateway nya pak, bukan 192.168.0.254.
        Jenis routernya Matrik Simado GFX11…

        • rrobyf April 7, 2016, 10:00 am

          Baik, apakah pada halaman admin repeater menampilkan seperti gambar ini? http://i.imgur.com/NbJE8K9.png Sebab jika tidak sepenuhnya seperti itu, ada kemungkinan ICMP dinonaktifkan yang membuat proses ping gagal dan mempengaruhi koneksi internet.

      • Wega April 6, 2016, 2:38 am

        Di statuspun keterangannya sudah terhubung, signalpun sudah muncul keterangannya..

  • Uud N March 31, 2016, 2:11 am

    Salam Pak..
    Mau tanya, wifi router di kantor SSID nya di hidden pak, tp saya tau pss nya. Pada saat sudah saya jalankan step by step tiba di step akhir yaitu booting, nah saat booting sudah 100% namun ada keterangan please wait, itu lama banget loadingnya. Mohon bantuan Pak, apa ada saran settingan biar saya berhasil connect nya..
    Terima Kasih

    • rrobyf April 1, 2016, 6:27 am

      Apakah yang dimaksudkan menggunakan WiFi Repeater ya? Dan jika boleh tahu tipe apa yang digunakan. Biasanya Repeater membutuhkan waktu 2 menit untuk bisa melakukan koneksi untuk pertama kali saja, dan setelah itu bisa langsung menyambung dengan cepat selama setengah menit.

  • omgoz March 30, 2016, 11:51 am

    Salam kenal, saya mengunakan mini usb router yg saya colookkan ke laptop, sedangkan acces internetnya saya menggunakan modem speedy yg dihubungkan ke laptop dengan kabel lan, selama ini saya saya gunakan rangkaian perangkat tsb untuk hotspot di dalam rumah saya. Yg pengen saya tanyakan kalo saya pakai repeater ini apakah ssid dan password yg dari router mini usb tadi masih bisa digunakan atau ssid dan passwordnya ikut yg dari repeater tadi, soalnya saya suka sekali dg fitur yg ada di mini usb router tsb, karena ada fitur device management yg bisa membatasi user yg mau konek ke jaringan hotspot saya. maaf terlalu panjang mas, mohon pencerahannya , terima kasih.

    • rrobyf April 1, 2016, 6:33 am

      Repeater pada dasarnya hanya membutuhkan SSID, Mac Address, dan password saja, dan tidak mempengaruhi router utama yang telah dihubungkan dengan repeater, serta bisa membuat SSID yang lain, dengan maksud tidak harus sama dengan SSID utama. Namun untuk kata sandi sendiri tidak bisa diubah dan hanya mengarah pada router utama.

  • hadi March 9, 2016, 5:58 am

    salam kenal, saya mau tanya, apakah bisa saya memperluas jangkauan wifi dari router ISP dengan menambah alat ini lebih dari 1 untuk ruangan yang panjang semisal kost2 an atau aula.

  • arman February 13, 2016, 2:35 am

    Gan sy sdh gunakan tpwa850re bisa alat tersebut qt pakaikan paswor untuk pelemparanx tolong dibantu

    • rrobyf February 13, 2016, 9:35 am

      Password akan tetap sama dengan WiFi utama dan tidak dapat diganti.

  • barkah February 10, 2016, 3:43 am

    salam kenal… mungkin setiap pengguna wifi pasti terletak pada masalah sinyal nya, yang saya mau tanyakan,, jika saya menggunakan alat ini (wifi range extender), jarak sekitar 300m, dari pemancar wifi dgn kondosi terhalang rumah dan pohon apakah akan mempengaruhi sinyal, sedang kan saya mendapatkan sinyal 2 bar , tetapi sinyal sering terputus atau RTO

    • rrobyf February 10, 2016, 9:08 am

      Jika boleh tahu, signal 2bar tersebut dicoba menggunakan PC atau Mobile ? Jika terdapat signal 2bar pada mobile, alat ini bisa digunakan, sedangkan apabila 2bar pada PC dan sering terputus, sebaiknya mencari bagian yang bisa dijangkau lebih baik seperti didekat jendela. Karena alat ini hampir sama kekuatannya dengan wifi yang ada pada PC/Laptop namun alat ini jauh lebih baik dan tidak sering RTO

  • Zibros February 7, 2016, 9:10 am

    Saya mau tanya, saya bisa mengakses koneksi internet wifi tetangga 2 bar, tapi itu lokasinya di sudut rumah jadi saya harus mojok dulu untuk terhubung, apakah dgn alat ini saya bisa memperkuat sinyal wifi ke ruang lain, apakah dalam settingnya saya harus menghubungkan alat ini terlebih dahulu dengan kabel? terus terang saja saya tidak enak dengan tetangga yang sudah bermurah hati memberikan user dan passwordnya ke saya, jadi pinginnya dalam mensetting alat ini cukup dilakukan dengan sembunyi-sembunyi tanpa harus konek atau memberitahu tetangga saya Bisa ngak?

    • rrobyf February 8, 2016, 9:01 am

      Jika pada ponsel 2bar, maka pada alat ini signalnya adalah 50% sampai 70%. Meski tidak memberitahu tetangga itu tidak masalah, dan Saya pikir sebaiknya tidak perlu mengatakan pada tetangga tersebut meski telah memberikan akses sandi. Supaya apabila terjadi lambat pada koneksi wifi, Anda tidak disalahkan akan hal tersebut yang menyangkut alat itu.

  • wibi January 28, 2016, 3:23 am

    salam kenal sebelumnya
    saya mau nanya,,kan didekat rumah saya ada kantor yang memiliki jaringan wifi ,,tapi sayang sinyal wifi nya tidak sampe di dalam rumah ,,,apakah dengan menggunakan wifi extender dapat memperluas jangkauan sampe kerumah saya,,terus dimana sebaiknya saya menggunakan wifi extender apakah di sekitar kantor tersebut atau di rumah saya,,terima kasih

    • rrobyf January 28, 2016, 7:52 am

      Minimal harus ada 2 bar sinyal supaya bisa terhubung dengan alat ini. Tapi banyak juga yang jual semacam wajan bolic yang bisa memperluas jaringan wifi dan bisa untuk nembak wifi, katanya bisa sampai 2 atau 3 kilometer tergantung tata letak.

  • kevyn January 26, 2016, 5:18 am

    Permisi mau tanya, apabila wifi extender ini terlalu lama di colok ke listrik apakah aman? apakah tidak berdampak panas pada komponen nya? terima kasih

    • rrobyf January 26, 2016, 10:27 am

      Tenang saja, dari beberapa bulan ini Saya lakukan tes sendiri sangat aman dan terbilang tidak aman jika diletakkan pada luar ruangan yang sangat panas. Memang jika dipegang akan panas, tapi suhu panasnya akan sama saja meski dicolokan terus akan tetap dalam kondisi hangat dan tidak overheat.

  • Suyanto January 22, 2016, 3:10 am

    Bapak,jika berkenan mohon ajari saya.saya pake repeater wireles wifi merk kextech yg saya beli kewat toko pedia online.saya kesusahan atau gak bisa cara settingnya pak.mohon pencerahan.oh ya,router yg asli di taruh di Kantor lt 2 pake ztw f660.
    Mohon berkenan balas di emai saya.
    Terimakasih.

    • rrobyf January 22, 2016, 10:32 am

      Terima kasih telah menanyakan keluhannya, Tapi Saya mohon maaf karena tidak memiliki tutorial atau cara dalam pengoperasian WiFi repeater tersebut dikarenakan belum pernah menggunakannya. Terkadang setiap WiFi repeater terdapat manual book didalamnya, silahkan dipelajari lebih lanjut dan jika terdapat kesalahan, Saya bisa membantu, silahkan kirimkan pada halaman Kontak yang ada pada website ini. Terima kasih

  • Johan January 16, 2016, 4:23 pm

    Klo misal nih, sy mau pake wifi orang yg saya tahu passwordnya, tapi sy ga bisa tekan wps karena ga ada akses ke routernya bisa gak?

    • rrobyf January 17, 2016, 8:41 am

      Tentu bisa. Alat repeater selain bisa dengan WPS, juga bisa dilakukan langsung dengan password yang ada.

      • Agung Laksana June 10, 2016, 12:16 am

        kalo extender ini ingin dibedakan dengan password wifi yg kita connect, bisa atau tidak

        • rrobyf June 11, 2016, 11:29 am

          Tidak bisa, karena ini bersifat repeater. Jadi password akan tetap sama dengan router utama.

          • koko February 4, 2017, 3:36 am

            Lam kenal pak. Saya ingin membeli tl WA850re. Yang ingin saya tanyakan apakah alat itu bisa langsung digunakan atau harus di upgrade terlebih dahulu dan seberapa penting upgrade itu. Terimakasih

          • rrobyf February 4, 2017, 7:55 am

            Ya, bisa langsung digunakan tanpa perlu upgrade. Jika ingin menambah fitur cobalah untuk melakukan upgrade, tapi walau tak melakukan upgrade pun juga sudah dapat dipakai dengan baik.

Leave a Comment