โ‰ก Menu

Cara Mengatasi System Icon Hilang Di Taskbar

System Tray ICon Windows

Selalu ada permasalahan kecil yang terdapat pada PC, baik itu virus ataupun hal yang mengurangi semangat karena yang tidak diinginkan terjadi begitu saja. Contohnya seperti icon di taskbar yang tiba-tiba menghilang, meski direstart tetap saja tidak berpengaruh. Hal ini bukan disebabkan oleh pengguna itu, melainkan kesalahan sistem sendiri dan kemungkinan tidak ada kaitannya dengan virus jenis apapun. Kebanyakan orang yang kurang mengerti penyebabnya akan langsung menginstall ulang PC tersebut dan masalah teratasi, tapi disini Saya memiliki cara yang sangat mudah dan tidak memerlukan untuk mengisntall ulang PC, karena itu akan memakan waktu yang sedikit lama. Jadi akan menggunakan cara manual saja dan tentunya aman.

Biasanya system icon yang sering hilang contohnya signal konektivitas, Battery, dan Volume. Tentunya ketiga icon tersebut sangat berfungsi bagi pengguna PC, tanpa ketiga icon tersebut pastilah terlihat ada yang kurang dan sedikit aneh. Perlu diketahui juga bahwa icon di taskbar yang hilang bisa disebabkan 2 hal, yaitu settingan di Cuztomize tray icon, dan kesalahan sistem, untuk itu cobalah untuk melihat settingan tray icon dulu sebelum menggunakan cara khusus keslahan sistem. Jika banyak icon yang hilang secara tiba-tiba tanpa ada perubahan settingan, itu tandanya kesalahan sisem dan harus diperbaiki.

Meski sudah ada software dari microsoft untuk FIX tray icon yang tidak muncul, tapi disini akan Saya bagikan cara manual yang tidak begitu sulit, hanya membutuhkan ketelitian dalam memilih yang benar, tidak akan sulit karena hanya menghapus bagian yang bisa dikatakan menyimpan layaknya sebuah cache yang perlu dihapus. Tidak perlu khawatir dengan cara yang akan Saya bagikan, karena sudah pernah dijabarkan sendiri pada website microsoft untuk mengatasi hak sejenis ini. Berikut ini cara mengatasi icon yang tidak muncul di taskbar, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan klik START lalu ketikan regedit dan klik ENTER. Jika ada pilihan perijinan silahkan klik Yes
  2. Lalu jika sudah membuka regedit silahkan cari direktori ini.
    HKEY_CURRENT_USER\Software\Classes\Local Settings\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\TrayNotify
  3. Pada folder TrayNotify pastinya tidak ada folder lagi dan klik saja nanti akan tampil semua data dan valuenya.
  4. Sekarang silahkan klik kanan pada IconStreams dan klik Delete, begitu juga dengan PastIconsStream silahkan Delete juga.
  5. Apabila sudah didelete, selanjutnya tinggal Restart PC dan icon akan kembali seperti semula.

Cara diatas sangatlah mudah jika langsung dipraktekan, dan Saya ulangi lagi cara diatas sangatlah aman, karena seolah hanya seperti menghapus file cache saja, dan setelah direstart, file cache kembali lagi dengan yang baru. Sebenarnya jika kamu sudah mahir merestart service explorer.exe kamu bisa melakukannya dengan cepat dengan task manager tanpa harus restart PC, tapi sepertinya restart PC jauh lebih mudah dipahami dan praktis tanpa harus pilih-pilih. Jika kamu memiliki system restore point, hal tersebut juga bisa digunakan pada sistuasi darurat seperti hal ini, dan tata cara penggunaannya silahkan cari artikelnya pada blog ini ya. ๐Ÿ˜€

Saran Saya supaya tidak sering terjadi seperti hal ini, silahkan unduh Ccleaner, silahkan gunakan 1 minggu sekali termasuk pembersihan registry, jangan pernah mematikan fitur antivirus terlalu lama, contohnya menggunakannya untuk bermain game online yang menggunakan trainer/cheat karena bisa saja virus masuk pada trainer itu dan mengakibatkan hal ini terjadi. Jika icon Avira hilang di taskbar, dan tidak bisa tampil meski dengan cara diatas, silahkan reinstall ulang karena hal tersebut karena kesalahan software tu sendiri. Tapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena meski avira tidak tampil di taskbar, systemnya masih aktif dan bisa menelusuri virus yang ada. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 5 comments… add one }
  • M.imam July 13, 2017, 10:40 pm

    Saya kok masih hilang ya gan icon nya

    • rrobyf July 14, 2017, 12:05 pm

      Apa sebelumnya baru saja memasang skin baru gan? Atau kejadian sebelumnya seperti apa sehingga ikon task bar hilang?

  • Gagah February 12, 2017, 10:19 am

    Terima kasih gan๐Ÿ˜๐Ÿ˜
    Sangat membantu dan laptop saya kembali seperti semula iconnya๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  • Saf January 6, 2017, 10:25 pm

    Maaf pak, itu yang dihapus seisi folder traynotify nya kan?

    • rrobyf January 7, 2017, 10:54 am

      Maaf, bukan gan. Sebelumnya kami memiliki kesalahan pada artikel yang menyebabkan tidak tampilnya objek. Dan sekarang sudah diatasi dan silahkan dibaca lagi tutorialnya diatas. Terima kasih.

Leave a Comment