≡ Menu

Cara Mengatasi Download Gagal Di Ponsel Nokia

Nokia Lumia 303 s40

Sekarang ini memang banyak pengguna ponsel layar sentuh ketimbang yang menggunakan tombol, mungkin dikarenakan fiturnya yang lebih banyak serta penggunaanya yang tidak terlalu sulit meski bagi orang baru memegang ponsel. Tapi pastilah terdapat orang yang masih menggunakan ponsel Nokia untuk melakukan hubungan tekepon, SMS, bahkan untuk mengunduh sesuatu. Ponsel Nokia memang berbeda dari yang lainnya karena fungsinya terbilang lebih baik dan awet. Saya saja memiliki ponsel nokia sejak 2006 hingga sekarang sistemnya masih awet dengan maksud tidak ada yang lecet dibagian dalam ponsel ataupun terbakar, hanya saja sudah mengganti baterai 3 kali karena masa baterai habis. Setiap perangkat tentu memiliki baterai yang bisa habis seiring jalannya waktu ditandai dari penggunaan dan energi baterai tersebut. Tapi tidak perlu khawatir akan baterai cepat habis, karena saat ini sudah banya sekali toko cellular yang menjual baterai double power.

Kembali ke Nokia. Pada perangkat tersebut, ada yang diberi fitur WiFi/3G, ada juga yang tidak. Dan sebelum Saya membahas lebih, di artikel ini Saya hanya membagikan tutorial khusus Nokia Java (s40) saja, untuk s60 bisa ikut menyimak saja. 😀 Jadi permasalahan yang ada di Nokia Java ialah download yang kadang-kadang tidak bisa, bahkan semua browser tidak bisa mengunduh file yang sudah disiapkan. tenang saja karena ini hanya dari settingan biasa dan tidak dari komponen dalam perangkat tersebut. Untuk mengatasinya juga tidak terlalu sulit, namun memang butuh sedikit kesabaran supaya bisa melakukan dengan benar dan mendapat hasil yang diinginkan.

Memiliki ponsel Nokia yang terdapat fitur 3G atau WiFi memang tidak serasi jika tidak melakukan download, karena kecepatannya yang luar biasa. Contoh kesalahan yang dialami oleh pengguna adalah seperti ingin mengunduh file, tapi muncul kesalahan terus menerus, lalu terkadang muncul sambungan aman ditolak, lalu terkadang sudah bisa diunduh tapi file tidak ada. Sungguh menyulitkan bukan ? Untuk itu disini Saya akan membagikan sedikit tips untuk mengatasi permasalahan sejenis itu, tunggu apa lagi, silahkan simak tata cara menyelesaikannya dibawah ini.

  1. Pastikan file yang akan diunduh, URLnya benar, jadi jika salah, akan menuju halaman lain bukannya menuju halaman download. Cek URL terlebih dahulu. Dan jangan lupa untuk mengunduh konten pada situs yang memberikan fasiltas khusus pengguna mobile.
  2. Jika pas klik Download pada suatu website, tidak terjadi pengunduhan konten tersebut, sebaiknya pastikan dahulu apakah link yang diklik benar-benar link download atau bukan.
  3. Apabila muncul tulisan sambungan aman tidak tersedia, biasanya ini berpengaruh pada situs yang mengaktifkan eksripsi HTTPS. Silahkan ubah URL HTTPS menjadi HTTP saja, dan ulangi lagi mengunduh konten tersebut.
  4. Jika download ditengah-tengah gagal, ini berpengaruh pada jaringan bukannya file download. Solusinya silahkan cek sambunagn koneksi apakah cepat atau tidak. atau biasanya ini juga terjadi ketika layar redup pada ponsel Nokia, jadinya koneksi menurun.
  5. Jika menggunakan browser lain seperti Operamini muncul peringatan akses tidak diperbolehkan, pastikan mengecek pada bagian akses aplikasi dan sudah mengatur untuk mengijinkan akses data => Tambah dan edit data. Pilih sebagai Tanya Selalu, atau Tanya hanya pertama kali.
  6. Apabila di operamini progrees pengunduhan konten tidak berjalan, silahkan menuju setting dan cari pada bagian protokol silahkan ubah ke Socket.
  7. Jika mengunduh konten sudah selesai, tapi konten di memory tidak ada, silahkan cek pada folder yang dipilih apakah bisa menambah file baru atau tidak, contohnya silahkan coba untuk memindahkan satu file kedalam folder tadi, jika tidak bisa, barangkali difolder tersebut sudah terisi penuh oleh berkas file. Solusinya ada mengganti directory/folder pengunduhan
  8. Jika selalu muncul memory tidak cukup saat mengunduh, silahkan menuju browser, lalu klik pada menu Penyimpanan, dan ubah status Aktif menjadi Tidak Aktif. Dengan begitu kamu bisa mengatur sendiri folder pengunduhan.

Semua masalah seperti daftar diatas sudah pernah Saya alami, dan mungkin akan bertambah jika Saya mengalami lebih dari itu. Tapi tenang saja karena setiap permalahan pasti bisa diselesaikan yang penting tidak ada unsur dalam komponen perangkat. Jaringan WLAN yang ada di Nokia lebih kuat daripada yang lain, untuk itu jangan sia-siakan fitur itu untuk melakukan penelusuran internet lebih kencang. Sekarang sudah ada ponsel Nokia yang baru dengan fitur yang tidak kalah bagusnya dengan SmartPhone lain, seperti Lumia yang memiliki banyak sekali fitur unggulan, contohnya ponsel ini bisa charging tanpa kabel, hebat kan ? Jika punya modal lebih, upgrade ponselmu. :mrgreen:
Tambahan sedikit, supaya mengundduh konten jauh lebih cepat dari biasanya, Saya menyarankan untuk menggunakan UC Browser, untuk mengunduhnya silahkan KLIK DISINI.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 6 comments… add one }
  • syahadatsaufi May 22, 2017, 9:16 pm

    terjadi kesalahan saat membuat priksa p.atran jangkauan keamanan dari tgl d telpon bgtulah slalu sobat mohon ptnjuk nya trims atas bntuan nya

    • rrobyf May 23, 2017, 10:55 am

      Kalau begitu masalahnya ada di peraturan waktu dan tanggal di ponselnya.

  • Hasanah May 5, 2017, 5:45 am

    Kalau yang muncul pengatran web tidak benar, gmana yah?

    • rrobyf May 5, 2017, 10:50 am

      Oh kalo itu masalahnya ada dibagian akses poinnya, silahkan menuju pengaturan konfigurasi dan ubah APN atau akses poin sesuai dengan kartu seluler yang digunakan.

  • Kurniawan November 10, 2016, 10:45 am

    Hp saya brmasalah sperti nomor 3, tapi eksripsinya HTTP saja gaq ada yg lain,, trus gmana, mohon batuannya

    • rrobyf November 10, 2016, 11:09 am

      Sekarang ini memakai jenis peramban apa ya? Apakah peramban normal (browser), jika ia silahkan coba memakai Opera Mini.

Leave a Comment