≡ Menu

Meningkatkan Performa Gaming Pada Intel HD Graphics

Intel Logo

Saat ini sudah banyak sekali laptop khusus untuk bermain game HD, dengan spesifikasi tinggi dan harganya juga lebih tinggi dibanding laptop biasa karena kualitas yang diberikan memang sangat baik, dari prossesor, VGA Card, hingga RAM yang jauh lebih tinggi. Tapi membutuhkan banyak uang untuk membeli laptop dengan spesifikasi yang tinggi. Tidak seperti komputer yang bisa ganti-ganti komponen pada CPU dengan mudah, tapi meskipun begitu setiap PC yang memiliki kualitas yang cukup pasti masih bisa memainkan game HD dengan sedikit dorongan dari sistem dan bekerja dengan aman. Dan kebanyakan PC dengan spesifikasi cukup adalah masih menggunakan VGA Intel HD Graphics. Memang jenis VGA tersebut tidak terlalu cocok untuk memainkan game HD karena terlalu rendah, tapi akan Saya bagikan cara memaksimalkannya dan tentunya sangat aman.

Saya sendiri pengguna Intel HD Graphics dan bisa menjalankan game yang sesuai minimal system yang dibutuhkan dan memakai bantuan beberapa software untuk menjalankan game HD tanpa lag atau patah-patah, namun dengan kualitas low setting. Meski dengan kualitas low, yang pasti bisa memainkan game dan tidak lag, itu menurut Saya. Setiap driver pastilah diperbarui setiap tahun atau beberapa tahun, dan sangat penting bagi pengguna untuk memperbarui driver tersebut untuk mendapatkan kemajuan dan perbaikan dari versi yang lawas. Sama halnya Intel HD Graphics yang memiliki perbaruan setiap beberapa tahun dan ditahun saat ini tampilannya lebih minimais dan cerah.

Game HD yang sudah pernah Saya mainkan dengan Intel HD Graphics ialah The Sims 4, GTA IV, Prototype 2, Mafia 2, Just Cause 2, Goat Simulator, dan game open world lainnya. 😀 Semua game yang Saya sebutkan tadi termasuk game HD dan berjalan tanpa lag di PC (laptop) Saya. Ingat sebelum Saya membagikan cara memaksimalkan kinerja Intel HD Graphics untuk meminkan game HD, pastikan spesifikasi PC yang digunkaan saat ini sudah memenuhi minimum system yang dibutuhkan, karena jika misalnya game yang ingin dimainkan minimum diharuskan memiliki RAM 2GB, sedangkan PC yang kamu gunakan hanya 1GB, ini tidak akan ada pengaruhnya, kecuali game yang ingin kamu mainkan membutuhkan minimum RAM 1GB, itu masih bisa diatur. :mrgreen: Tidak hanya RAM saja, tapi kebutuhan kecepatan prossesor juga jangan terlalu banyak berselisih dari PC yang kamu punya. Baik, berikut ini tata caranya silahkan lihat dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan update driver Intel HD Graphics di website Intel.com
  2. Jika sudah silahkan menuju desktop dan klik kanan lalu klik Graphics Properties.
  3. Setelah itu silahkan klik menu 3D. Lihat pada bagian Application Optimal Mode silahkan pilih Enable, dan pada bagian General Setting silahkan pilih Performance. Kemudian klik Apply.
  4. Dan terakhir silahkan kembali dan menuju menu Power, pada tab Plugged In dan On Battery silahkan pilih sebagai Maximum Performance.

Mudah sekali bukan ? Setting diatas khusus untuk bermain game HD saja, dan jika sedang tidak memainkan dalam jangka lama sebaiknya dikembalikan ke pengaturan semula. Dengan mengubah sedikit setelan diatas sudah menambah FPS pada game dan terbukti dari software Game Booster. Disini Saya juga menyarankan untuk memakai selalu software sejenis Razer Game Booster untuk memainkan game dan tambah dengan Cleanmem, dijamin performa PC akan meningkat dan tidak akan ketemulahi lag pada game yang dimainkan dengan syarat memnuhi minimum system yang dibutuhkan. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 21 comments… add one }
  • dzikri October 14, 2017, 5:35 am

    gan mksh ya info nya sdh bisa buat main pes 2017

  • prasetyo August 17, 2017, 1:24 am

    klo main pes 2017 kok lagi main mati yha gan

    • rrobyf August 17, 2017, 10:18 am

      Apa sudah diatur sebagai Low? Jangan memakai mode medium dan sebagai saran tidak memilih resolusi HD.

  • yudi June 19, 2017, 1:22 pm

    Gan mohon sarannya,saya mau beli laptop nih harga 4 jutaan,yang speknya bagus buat maen point blank laptop apa ya??

    • rrobyf June 21, 2017, 3:08 am

      Laptop dengan RAM minimal 2Gb buat main Point Blank sudah bagus gan. Lebih bagus lagi RAM 4Gb.

  • alsha April 16, 2017, 4:45 am

    tetapi aku belum mencoba caranya agan. cara ini file yang dilaptop kagak hilangkan?

    • rrobyf April 17, 2017, 12:24 pm

      Tidak, cara diatas sangatlah aman untuk dilakukan dan pastinya tak beresiko apapun.

  • alsha April 16, 2017, 4:42 am

    kenapa laptop gua buat main kok masih lag ya padahal spek laptopsaya
    intel core i5 4200 u cpu @1.60 ghz 2.30ghz
    ram 4 gb
    intel hd 4400
    tetapi memory hanya 64gb
    mohon infonya kenapa masih lag
    makasih..

  • indra April 23, 2016, 4:33 am

    Game pes 2013 setau ane syaratnya membutuhkan vga nvidia atopun amd ,jadi bagi pengguna intel hd graphics di sarankan untuk menggunakan sweetFX agar vga intelnya terbaca oleh game pes 2013 sebagai vga dr nvidia/amd , sweetfx ini fungsinya mirip dengan gltools yg ada di android (root)

    • fajar May 3, 2016, 3:12 am

      udah dicoba ya gan? aman g untuk jangka lama?

  • Martin January 28, 2016, 11:37 pm

    Oh iya gan sedikit info.. untuk game hd yg tidak dapat dimainkan / tetap lag.. coba download versi RIP-nya karena gamenya sudah diperkecil untuk pc dengan spec rendah..

    • rrobyf January 29, 2016, 10:11 am

      Benar sekali, versi RIP kualitasnya akan diturunkan seperti pada grafik juga akan berpengaruh tergantung orang yang melakukan RIP pada game tersebut.

  • zaky January 24, 2016, 10:15 am

    gan aku ada masalah ni
    aku punya laptop gan specnya dual core 2.56 ghz
    ram 2 gb
    harddisk 500 gb
    vga intel hd
    masalahnya ni gan mw maen pes 2013 kok gabisa yaa padahal udh pakek game booster
    tetep aja gabisa gan
    udh ku naikkan jugak vganya pakek intel display adapter management tools
    tapi tetap gamau jugakk
    tolong sarannya gan
    makasih

    • rrobyf January 25, 2016, 9:50 am

      Apakah sudah pernah dicoba pada PC lain ? Karena Saya sendiri pernah memainkan PES 2013 pada spek PC yang sama bahkan dengan prosesor 1.8ghz saja bisa.

  • zaki December 16, 2015, 9:34 am

    gan thanx infonya udh bisa tapi kok gak ngaruh ya udh di start game di razernya gak ngaruh sama aja ada legnya padahal ram8 gb , vga nvidia Geforce 820m , inter core i5 ..gamenya gta 5 gan .. ? gimana solusinya ?

  • zaki December 15, 2015, 9:19 am

    gan ane buat acount baru Razer Game Booster udh bisa pas di coba gagal mulu knp ya gan ?

    • rrobyf December 16, 2015, 8:30 am

      Pastikan sudah mengklik link verifikasi yang ada pada Email, jika tidak dilklik berarti akunnya masih belum dikonfirmasi dan tidak dapat login.

  • gugun December 11, 2015, 5:57 pm

    Mantap…TQ share-nya.
    Project CARS ku lancar yg tadinya nge-lag.
    Pake i5-2540M, VGA on-board Intel HD Graphics 3000.
    Tadinya mau edit BIOS tp keder takut matot 🙁
    Sangat bermanfaat.

  • martin November 28, 2015, 2:54 pm

    sudah gan..

  • martin November 27, 2015, 8:14 am

    gan pengaturan intel gwe kok gk bisa di buka ya..
    Tlong solusinya

Leave a Comment