≡ Menu

Cara Sederhana Membuat Shortcode Di WordPress

WordPress

Pada WordPress Self Hosting terdapat fitur yang sangat lebih daripada WordPress builder dan salah satunya yang sangat membantu para admin adalah fitur shortcode API yang disediakan langsung dari paket WordPress. Kegunaan dari fitur tersebut tentunya untuk memasang sebuah script layaknya kode cepat dan tidak perlu melakukan edit kode lagi atau berkali-kali karena dengan menggunakan kode yang sangat kecil saja sudah dapat menampilkan/mengekekusi script yang besar. Banyak plugin saat ini yang membagikan fitur ini guna mempermudahkan penggunaan pada admin untuk menampilkannya pada bagian yang diinginkan.

Salah satu contoh jika seseorang ingin menampilkan kode PHP di posting, tentunya itu tidak dapat dilakukan bukan ? namun dengan bantuan shortcode ini pastilah bisa dan malah sederhana dan tidak memenuhi pada artikel. Contohnya pada plugin Contact Form, biasanya di plugin tersebut membagikan shortcode siap pakai, bisa pada postingan, halaman atau bagian lain yang mendukung text editor, dan proses pemanggilannya juga tidak banyak karena hanya beberapa karakter saja. Disini akan Saya bagikan cara sederhana untuk membuat shortcode pada WordPress Self Hosting yang paling sederhana.

Jika kamu masih belum tahu juga apa itu shortcode, akan Saya jelaskan sedikit lagi. Shortcode adalah cara paling cepat untuk menampilkan sesuatu hanya dalam teks/kode kecil dan disini Saya contohkan untuk membuat kata akhiran yang biasa Saya pakai dalam setiap artikel yaitu Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba dan untuk menampilkannya Saya tidak lagi menuliskan semua kata itu dan hanya menggunakan kode ini [akhir]. Jadi dengan kode yang kecil itu dapat menampilkan sesuatu yang besar. Baik, ini cara yang Saya gunakan. Sebelum itu silahkan lihat kode dibawah ini dan cara pemakaiannya ada dibawahnya.

function akhir_shortcode() {
return 'Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba';
}
add_shortcode('akhir', 'akhir_shortcode');
  1. Pertama-tama silahkan login menuju halaman Dasbor WordPress dan sorot menu Appearance lalu klik pada sub menu Editor.
  2. Lalu lihat pada bagian kanan pada teks Templates silahkan klik functions.php.
  3. Sekarang silahkan salin kode diatas tadi dan tempelkan pada bagian bawah setelah kode <?php dan jika sudah silahkan scroll kebawah dan klik Update File.

Kesimpulan dari kode diatas hanyalah sebuah function bernama akhir_shortcode dan Saya hanya menambah fungsi return langsung sebagai penampil, dan dibawahnya lagi adalah fungsi khusus WordPress yang kegunaanya mengubah function tadi menjadi shortcode, jadi diatas bisa dilihat bahwa function akhir_shortcode Saya ubah menjadi akhir saja, Jadi pemanggilannya nanti akan menjadi seperti ini [akhir]. Kamu dapat mengembangkan kode diatas menjadi sesuatu yang lebih besar dibanding dari sebuah text saja, diatas hanyalah sebuah contoh kecil saja, Shortcode API yang disediakan memiliki bermacam – macam fungsi ekstra dan kamu bisa melihatnya langsung pada Halaman ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 4 comments… add one }
  • FullApkZ October 2, 2017, 9:11 pm

    kalau membuat ShortCode di Blogspot gimana?

    • rrobyf October 3, 2017, 12:02 pm

      Wah kalau itu sepertinya tidak bisa dilakukan. Mungkin saja bisa tapi maksimal dengan javascript.

  • Download Movie Terbaru August 13, 2015, 6:01 am

    emm, ini kayak fungsi include yah kang?
    Jd misal di fungsi itu q isi kode iklan, nantinya di postingan aku bisa memanggilnya dengan [fungsi] ,, gitu kah?? #nubi

    • rrobyf August 13, 2015, 11:18 am

      Ya, layaknya seperti penggunaan BBCode.

Leave a Comment