≡ Menu

Cara Mengganti Hostname WiFi Di Android

Hostname yang terdapat pada wifi memiliki makna tersendiri, hal tersebut bisa langsung dari username perangkat yang digunakan saat ini atau versi perangkat tersebut, semua perangkat pasti memiliki Hostname yang berbeda-beda, apalagi pada perangkat Android yang selalu menampilkan kode unik dibelakang tulisan Android berbentuk enkripsi. Jika di PC (Windows), Hostname yang ada didapatkan dari nama PC tersebut, jadi otomatis hostname pada wifi terdeteksi dengan nama yang sudah diatur dari PCnya. Sedangkan di Android tidak memiliki opsi untuk menamai perangkatnya dan harus menggunakan aplikasi phak ketiga.

Sebelum Saya membahas tata caranya, untuk melakukan pergantian hostname, ponsel Androidnya harus sudah berstatus ROOT, karena pergantiannya dilakukan dari folder sistem. Adapun cara pergantian secara manual menggunakan aplikasi file manager yang sering digunakan seperti Xplore atau ROOT Explorer, namun menurut Saya cuup rumit, karena dibeberapa versi Android berbeda-beda letak pergantian hostnamenya. Tapi dengan aplikasi yang akan Saya bagikan ini, untuk mengganti hostnamenya cukup sekali klik saja dengan maksud tidak perlu susah-susah mengedit file pada sistem.

Aplikasi ini bernama Change Hostname. Sebenarnya ada banhyak aplikasi dengan nama sejenis ini, namun menurut Saya yang ini jauh lebih sederhana dan memiliki ukuran kecil sekali, tidak sampai 200kb. Jadi dengan ukuran seperti itu tidak akan memenuhi Memory pada ponsel. Aplikasi ini dibagikan gratis dan hanya khusus untuk mengganti Hostname khusus WiFi saja, Jadi fiturnya tidak banyak, kurang lebih ada 3 fitur saja yang disediakan, yaitu mengganti Hostname, mereset koneksi WiFi, dan memulai aplikasi saat Android sedang booting. Berikut ini cuplikan gambar dari aplikasi Change Hostname yang sederhana, silahkan lihat dibawah ini.

Change Hostname Change Hostname Change Hostname Change Hostname

Untuk menggunakan aplikasi ini tidaklah sulit, cukup mengisi kolom dengan Hostname yang baru, lalu klik Save Changes, setelah itu akan tampil perijinan SuperUser silahkan Allow, dan Hostname berhasil diganti. Perlu diketahui Hostname tidak bisa diganti dengan simbol spasi atau simbol yang aneh-aneh, jadi untuk mengganti spasi silahkan gunakan simbol strep () atau underscore (_). Perlu diketahui juga bahwa pergantian ini bersifat sementara, ketika kamu meresstart Android, Hostname akan berubah menjadi nama semula dan untuk itu silahkan centang pada fitur Set on Boot. Untuk mengunduhnya silahkan lihat dibawah ini.

DOWNLOAD

Aplikasi Change Hostname ini memerlukan Android versi 2.1 keatas, memiliki ukuran sekitar 158kb saja, dan tidak memerlukan cache/data. Hanya berjalan pada ponsel berstatus ROOT. Saya menggunakan aplikasi ini hanya untuk bersenang-senang dengan teman saja, misalnya mengganti dengan teks lucu. Dan untuk membuktikan berhasil tidaknya silahkan unduh aplikasi Wifi Analyxer dan menuju LAN Neighbor, nanti akan tampil Hostname beserta Mac Address yang terhubung dengan jaringan WiFi saat ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment