≡ Menu

Cara Mengaktifkan Fitur WiFi Di PC

wifi 3D

Koneksi dari Wifi banyak yang mengatakan memang lebih cepat daripada modem biasa, dan setahu Saya itu semua juga tergantung sinyal dan kecepatan dari provider yang dipakai, jadi yang Saya maksud, keduanya sama-sama cepat dan selalu membutuhkan sinyal untuk bisa terhubung dengan baik. Di PC saat ini sudah banyak yang memberikan fitur Wifi, bisa untuk menghubung dan juga membuat sendiri virtual wifi sendiri, hanya saja untuk mengaktifkan wifi tersebut banyak yang bingung dan tidak mengetahui keberadaan untuk mengaktifkannya, jadi pengguna tersebut mengira PC yang dimilikinya tidak mendukung Wifi, padahal hanya perlu mengaktifkannya saja.

Ada banyak sebab semua SSID wifi tidak tampil, bisa dari fitur wifi dinonaktifkan, atau terjadi gangguan dari PC yang dimilikinya. Hal yang pernah Saya alami adalah terkena gannguan. Software yang ingin diinstall sebaiknya dicek dulu apakah terdapat virus atau tidak, karena bisa saja wifi yang tidak aktif atau tidak bisa aktif disebabkan oleh software saat menginstall yang mengharuskan mematikan antivirus, justru itu sangat bahaya sekali. Dan untuk masalah kecil seperti tiba-tiba Wifi mati dengan sendirinya, itu hanya kesalahan kecil dan cukup dihidupkan kembali.

Yang akan Saya bagikan kali ini bukan cara untuk mengatasi Wifi yang error disebabkan software lain, melainkan mengaktifkan fitur wifi yang ada di PC. Contohnya seperti pada taskbar pada bagian connection muncul tanda silang, tapi saat diklik terdapat tulisan Connections are available, itu berarti fitur wifi belum dihidupkan. Jadi jika kamu mengalami masalah seprti ini tidak perlu bingung, cukup mengaktifkannya kembali dengan sedikit step, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan klik Start dan ketikan Network and Sharing Center dan klik ENTER
  2. Selanjutnya silahkan lihat pada bagian kiri, silahkan klik pada menu Change adapter settings
  3. Sekarang akan ditujukan kehalaman dimana letak driver untuk menghubungkan ke internet yang sudah terinstall, termasuk modem. Silahkan cari Wireless Network Connection dan klik 2 kali.
  4. Tunggu hingga ikon sinyal wifi sudah nyala (berwarna hijau) dan lihat pada icon koneksi di taskbar apakah sudah berbeda dari sebelumnya ?

Cara diatas akan lebih mudah jika sambil dipraktekan, dan sebaiknya mendiagnosa pada troubleshoot problem juga apa yang terjadi hingga wifi tiba-tiba mati dengan sendirinya. Pada PC baru rata-rata fitur unggulannya pasti dihidupkan semua, dari Wifi, bluetooth, dan lain-lain, tapi jika kamu mengalami masalah seperti ini, silahkan pratekan cara diatas. Sebenarnya ada cara yang lebih sederhana dari menu Trouble Shooting, tapi sepertinya cara yang diatas lebih mudah untuk dilakukannya. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar. :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • sari May 30, 2016, 1:25 pm

    mas di saya kok gak ada tulisanya wireless dinpc. terima kasih minta infonya

    • rrobyf May 31, 2016, 10:09 am

      Kalo begitu PC yang dipakai saat ini tidak mendukung WiFi dan harus membeli WiFi dongle supaya bisa menikmati jaringan WiFi.

Leave a Comment