≡ Menu

Aplikasi Terminal / Command Line Untuk Android

Di Komputer berbasis Windows biasanya terdapat fitur bernama Command Prompt dan kegunaanya untuk melakukan suatu akses dari systems secara langsung disertai kode yang yang sudah disediakan, Biasanya orang menyebutnya CMD juga, sedangkan di Linux bernama Terminal dan kegunaanya pun juga sama. Saat ini ponsel Android menggunkan system berbasis Linux dan tentunya kurag lengkap juga jika tidak terdapat terminal supaya dapat bekerja layaknya komputer. Tentu ada aplikasi lain yang dapat melakukan hal serupa dan pastinya tidak terlalu lengkap layaknya seperti pada komputer, tapi hampir semua fungsi terminal pada Linux berfungsi dengan baik.

Aplikasi ini bernama Terminal Emulator. Dapat digunakan pada ponsel ROOT maupun tidak dan dapat dijalankan secara terus menerus, jadi jika kamu memiliki keahlian atau kebiasaan dalam mengedit suatu dari Terminal Linux, pasti kamu tidak akan bingung cara penggunaanya. Saya sendiri tidak begitu paham pada kode yang ada karena tidak pernah memiliki Komputer berbasis Linux, tapi Saya rasa aplikasi ini akan membantu untuk sebagian orang yang suka dengan keunikan. Pada dasarnya fitur yang disediakan tidak terlalu banyak karena ukurannya juga sangat kecil.

Jadi dengan Terminal Emulator ini kamu bisa melakukan sesuatu hal apapun yang berhubungan dengan system ponsel, jika ponsel sudah di ROOT tentu akan mendapat akses lebih besar, contohnya bisa membuat folder, menghapus file, menjalankan file dengan program lain, dan sebagainya. Dan yang tidak ketinggalan adalah kode ping yang memang bermanfaat bagi beberapa orang untuk mempercepat koneksi internet dari pemanggilan DNS yang dipakai. Aplikasi ini cukup banyak diminati karena mendapat rating 4.5 di apps store. Berikut ini beberapa screenshot dari aplikasi Terminal Emulator silahkan lihat dibawah ini.

Terminal Emulator Terminal Emulator Terminal Emulator Terminal Emulator

Ukuran yang dimiliki aplikasi ini tidak sampai 1Mb jadi dapat diperkirakan semua ponsel Android dapat menggunkan aplikasi ini dengan baik tanpa takut tidak kompatible. Disini Saya tidak menjelaskan kode yang tersedia pada aplikasi ini karena Saya kurang tahu lebih tentang operasi Linux, jadi lebih baik menuju ke Halaman ini dan lihat semua kode yang disediakan, halaman tersebut adalah asli dari developer aplikasi ini dan kemungkinan akan erus dikembangkan. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Aplikasi Terminal Emulator membutuhkan Android versi 1.6 keatas, memiliki ukuran sekitar 550Kb, dan tidak membutuhkan cache/data. Banyak kegunaan dari aplikasi ini dan kamu akan mengetahuinya dengan belajar pada halaman yang Saya berikan tadi. Sebaiknya install aplikasi ini pada memory telepon alias bukan pada SD Card supaya proses eksekusi dapat bekerja penuh contohnya seperti mengedit suatu file pada direktori system, jadi supaya tidak membuat kesalahan fatal akan lebih baik diinstall/pasang pada memory telepon.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment