≡ Menu

Inilah 2 Wapbuilder Terbaik Sepanjang Masa

Website Builder

Wapbulider adalah salah satu sebutan dari situs pembuat website berbasis WAP, yang sangat dikhususkan untuk pengguna mobile untuk berkreasi membuat website dengan cara yang mudah karena hanya perlu mengerti HTML dan Javascript saja. Mungkin ada banyak sekali wapbuilder yang ada di internet, tapi kali ini akan Saya bagikan 2 wapbuilder saja yang menurut Saya sangat luar biasa dalam pengelolaan dan perbaruan dari tahun ke tahun. Tentu setiap tahunnya wapbuilder yang akan Saya bagikan ini memiliki fitur yang baru dan saling bersaing untuk mendapatkan pengguna yang lebih.

Ada 2 wapbuilder yang berbeda dari yang lain dan memiliki keunggulan tersendiri, misalnya wapbuilder A tidak memiliki fitur yang dimiliki B, dan sebaliknya. Yang akan Saya bagikan ini bukan maksud untuk melebih-lebihkan ketimbang yang lainnya, namun memang dari segi fitur yang banyak serta perbaruan yang meningkat setiap bejalannya waktu. Sudah lebih dari 5 wapbuilder yang Saya coba saat ini dan hanya 2 yang menurut Saya paling baik dan mudah untuk digunakan, dengan maksud pengguna yang akan mengedit, tidak akan kesusahan ketika menambah elemen baru, dan lain-lain.

Selain kemudahan, yang membuat Saya menyukai salah satu dari kedua ini adalah kerumitan yang ada. Jadi tidak semua pemula dapat langsung mengerti cara membuat halaman baru, menambah fitur autokonten seperti header dan footer dan lain-lain. Tapi jika pengguna sudah mengerti sepenuhnya, maka setiap pengeditan akan semakin mudah dan bisa saja terjadinya ketagihan. Saya juga pernah mengalami ketagihan terhadap kedua situs wapbuilder yang akan Saya bagikan ini dan perlu waktu laa sekali untuk mengerti semua fiturnya dan memahami kekurangannya. Berikut ini ekdua situs wapbuilder yang Saya maksud tadi silahkan lihat dibawah ini.

XTGEM.COM
XTGEM screenshot
Ini yang Saya utamakan karena fiturnya yang banyak serta pengguna’anya yang tidak terlalu sulit untuk pemula, karena setiap pengeditan HTML dapat dibuat sendiri elemen dalam sebuah line. Jadi setiap pengguna akan sangat mudah untuk melakukan pengeditan dan mengelompokan setiap kode HTML dalam setiap line yang berbeda. Ada berbagai widget yang sudah disediakan seperti kode untuk menampilan Waktu, permainan tic tac toe sederhana, dan lain sebagainya. Di XTGEM dapat membuat banyak site dalam satu akun, ini adalah fitur baru kurang lebih awal tahun 2013. Dan tersedia juga XTScript untuk pengguna yang sudah paham setiap variable yang ada di XTGEM. Di situs in juga tersedia forum bernama XTBoard, yang memungkinkan pengguna dapat menanyakan bebas dan menjalin pertemanan sesama wapper. Awal pembuatan situs di XTGEM akan disuguhi semacam tempalte blog yang tampilannya responsive untuk pengguna smartphone, kamu bisa mengaturnya sendiri setelah itu dan mengubah apapun yang diinginkan.

WAPKA.MOBI
WAPKA screenshot
Dan ini adalah yang terakhir yang menurut Saya terbaik karena fiturnya yang sedikit rumit, tidak banyak orang yang mengerti tata caranya seperti menambah halaman baru, menambah template, dan lain-lain. Karena di WAPKA penggunanya harus melakukan semuanya secara manual dari bagian CSS hingga konten. Jika di XTGEM, pengguna sudah dipermudahkan dengan adanya autoblog ketika wal pembuatan website, namun jika di WAPKA harus melakukan secara manual dan hanya terbantu dari kode tag yang sudah disediakan. Meski WAPKA ini tampilannya sangat minimalis, namun fiturnya lebih banyak dibanding XTGEM. Terdapat Exloader untuk grab website sesama wapka atau dapat dikombinaasikan pada website lain, terdapat fitur File manager untuk mengatur dan menggolongkan file, dan banyak lagi. Di situs ini setiap wap yang dibuat berbentuk XHTML, jadi ada sedikit perbedaan dari HTML, dan lebih sensitif jika terdapat error pada tags HTML seperti tanda penutup dan lain-lain. Forum juga disediakan dan juga sangat minimalis, jadi pengguna dapat menanyakan apa yang diinginkan tentang WAPKA.

Kedua wapbuilder diatas sudah Saya coba dan memang yang terbaik dari wapbuilder yang pernah Saya coba. Sekarang Saya tidak bermain wap lagi dan melanjutkan ke blog wordpress. Kedua website diatas sangat cocok untuk pemula dan bagi yang ingin memahami lebih tentang HTML. Jujur saja, Saya mengerti banyak kode HTML dari kedua website diatas, dulu setiap Saya mendapatkan kode tags HTML baru, pasti ingin mencobanya dan mengerti akan hasilnya. Seperti pembuatan link, penampilan gambar, pembuatan paragraf, dan masih banyak lagi dapat dipelajari sedikit demi sedikit pada kedua wapbuilder diatas. Setiap wapbuilder pasti menginginkan yang terbaik untuk penggunanya dan memberikan kemudahan dengan caranya sendiri, dan menurut Saya kedua wapbuilder diatas sudah lebih dari cukup, dilihat sebagaimana adanya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Yakhamid Atjindo December 13, 2015, 1:27 am

    mywapblog juga terbaik,

    • rrobyf December 14, 2015, 8:30 am

      Iya, Untuk MyWapblog masih dalam kategori Blog Builder ya, sedangkan kedua diatas termasuk pembuatan wap yang bisa digunakan lebih dari sekedar blog 😀

Leave a Comment