≡ Menu

Cara Mengecek Jumlah Halaman Yang Terindex Google

Google

Membuat website memang tidak terlalu sulit, namun untuk mendapatkan pengunjung bisa terbilang sedikit sulit karena pemilik website harus menyediakan konten yang cukup dan memadai, tidak hanya konten saja tapi tampilan website juga harus dipikirkan sebagaimana pengunjung akan menilainya nanti. Misalkan dilihat dari segi berat ukuran website, pada dasarnya website akan lebih baik jika lebih minimalis tapi telihat bagus, dibanding website yang memiliki tampilan berlebihan yang memiliki ukuran lebih dari 1Mb per halaman, tentu itu perlu diatur ulang supaya pengunjung tetap senang saat mengunjungi website tersebut.

Website tidak memerlukan halaman yang banyak untuk bisa mendapatkan pengunjung yang banyak pula. walaupun punya satu halaman saja, namun konten dari halaman tersebut memiliki kegunaan yang tinggi, maka akan banyak juga yang mengunjunginya setiap hari. Contoh jika kamu memiliki satu halaman yang populer, dengan maksud sudah memiliki pengunjung tetap, cobalah membuat halaman lagi dengan konten yang berbeda, pasti jika konten kedua yang kamu buat memiliki sisi positive, maka pengunjung yang kamu dapatkan akan berlipat ganda. Dan seterusnya hingga kamu bisa membuat konten yang banyak dari setiap halaman.

Sama seperti pada blog, setiap kontennya dihasilkan dari setiap halaman berbeda, dan untuk meninjau apakah website tersebut halamannya sudah ditelusuri mesin pencari seperti Google, hal itu sangatlah mudah, cukup buka google dan ketikan keyword site:situsmu.com maka akan tampil berapa halaman yang sudah teindex dari situs tersebut, namun ada beberapa halaman yang mungkin tidak benar dalam penampilan SERP, dan untuk itu akan Saya bagikan cara alternatif dan termudah mengetahui seberapa besar halaman yang sudah terindex di Google. Berikut ini tata caranya.

  1. Peertama – tama silahkan menuju situs ini. https://northcutt.com/tools/free-seo-tools/google-indexed-pages-checker/.
  2. Lalu silahkan isikan URL pada kolom yang tersedia, dan klik Continue.
  3. Maka akan tampil hasil dari penghitungannya.

Mudah sekali bukan ? Situs diatas menghitung halaman secara nyata dan terbukti berdasarkan Google. Bisa digunakan sebagai pencocokan dari semua mesin pencari lainnya. Jika misalkan kamu memiliki result halaman lebih dari 10.000, lebih baik dikurangi, mungkin itu konten otomatis dan lama-kelamaan website tersebut bisa dikutuk Google 😀 dan tidak akan tampil lagi. Lebih baik menampilkan halaman yang penting-penting saja di mesin pencari, seperti hanya artikel saja itu lebih baik. Contoh kecilnya blog ini yang hanya menampilkan 250+ halaman saja dan meskipun begitu, pengunjung yang dihasilkan lebih dari hasil halaman.

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi SERP dan itu dihasilkan seberapa besar pengunjung yang didapatkan dari halaman tersebut. Berhati-hatilah jika website yang kamu miliki, telah memiliki halaman yang sangat besar yang sudah terindex di Google, karena website tersebut tidak akan berlangsung lama. Karena konten yang ada hanya dianggap sebagai sampah oleh Google. Ini hanya saran saja :mrgreen: karena website Saya sudah pernah dikutuk oleh Google sebanyak 2 kali.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 6 comments… add one }
  • zam roni August 7, 2017, 3:36 pm

    Bagus artikelnya, ada yang belum faham dikit untuk masalah keindex harus berapa aturannya

  • Ratno January 11, 2017, 10:25 am

    Ya. Saya baru mengerti.. Sekarang, terimakasih infonya, sangat berguna, tapi kenapa google mganggap itu spam ya..?

    • rrobyf January 12, 2017, 11:48 am

      Maaf, boleh dijelaskan lebih rinci mengenai spam? Karena hal tersebut sepertinya tidak dibahas pada artikel ini.

  • Iwan July 20, 2016, 5:28 am

    sangat membantu sekali

  • Tutorialogue February 26, 2016, 2:48 pm

    Gan, apa original content juga mempengaruhi posish di google?

    • rrobyf February 27, 2016, 10:08 am

      Ya, duplikat konten dengan domain yang sama ataupun tidak akan mempengaruhi SERP.

Leave a Comment