≡ Menu

Cara Melihat Source HTML Website Beserta HTTP Status

Source HTML

Semua website pastilah memiliki kelebihan tersediri, bisa dari kontennya, atau dari penampilannya, tentu semua itu dapat ditiru dengan mudah, namun meniru karya orang adalah hal buruk yang tidak perlu dilakukan, kecuali sudah meminta ijin pada sang pembuat, itu baru yang dinamakan legal. Saat ini mungkin sudah banyak tahu cara untuk melihat source suatu website, bisa langsung melalui browser atau dengan cara alternative, kebanyakan jika melihat langsung dari browser tidak bisa, karena ditolak oleh website, tapi itu hanya sebagian website saja yang tidak ingin kontennya disalin orang lain. Disini akan Saya bagikan cara alternative yang sangat mudah dan bahkan lebih banyak fitur yang ada.

Yang akan Saya bagikan ini buan alat untuk menyalin konten website, namun untuk melihat saja dan bisa juga untuk melihat HTTP response status, jadi kamu bisa melihat website dalam keadaan baik (200), atau error (404), melalui berbeda beda browser. Situs yang akan Saya bagikan kali ini adalah Web-Sniffer. Sebuah alat untuk melihat source website dengan banyak fitur, seperti penampilan HTTP status, pilihan UserAgent, dan lain-lain. Mungkin ada banyak situs yang seperti ini, tapi menurut Saya yang paling cepat dan mudah digunakan cuma di Web-Sniffer saja.

Di Web-Sniffer, selain penerapan konten yang cepat, disini kamu juga bisa meihat berapa KiB konten yang diencode atau dikompress, sebagian website memiliki cara untuk mengkompress tersendiri, kebanyakan menggunakan Gzip. Kode HTML yang ditampilkan akan langsung ada pada modus highlight untuk memudahkan pengguna menyalin kode. Ada berbagai macam UserAgent yang bisa kamu pilih. Ada berbagai macam modus pengambilan konten, bisa melalui GET, POST, HEAD dan lain-lan, tentu itu memudahkan beberapa orang untuk bisa melihat konten setelah input sesuatu dalam mod POST misalnya.

HTTP Header yang ditampilkan juga sangat lengkap. Web-Sniffer saat ini juga telah memiliki versi aplikasi untuk Windows dan Mac, pastinya itu akan memudahkan orang yang sering melihat source website. 😀 Selain dari fitur yang banyak, yang Saya sukai dari Web-Sniffer ini juga dari tampilannya yang minimalis, jadi setiap pengguna yang masuk pada situsnya tidak memerlukan pengeluaran bandwidth yang banyak, dan hanya membutuhkan sedikit hanya untuk menampilkan captcha saja. Contoh dari hasil yang Saya dapat, bisa diliha dibawah ini.

Contoh Penampilan

Jadi, jika kamu ingin melihat source webste lain, Saya lebih manyarankan untuk menggunakan Web-Sniffer, karena lebih effisien dan memiliki fitur yang khusus untuk melihat source suatu website. Sampai saat ini Saya menggunakan website ini untuk melihat response header, dan konten dari website Saya sendiri, dan kadang di pengujung hari juga melihat-lihat disitus lain (hanya melihat-lihat). :mrgreen: Langsung saja menuju http://web-sniffer.net. dan nikmati melihat isi konten website dilengkapi berbagai fitur yang istimewa.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment