≡ Menu

Cara ROOT Android China Spreadtrum Dengan Mudah

Spreadtrum Logo

Kemungkinan ROOT sudah menjadi kewajiban untuk ponsel berbasis Spreadtrum karena spesifikasi yang terlalu kecil hingga penggunanya susah untuk mengoperasikan secara multitasking karena terjadinya lemot. Dengan cara ponsel di ROOT, pengguna tersebut bisa membuat ponselnya sedikit lebih baik daripada sebelumnya seperti memindah aplikasi dari memory internal ke SDCard, dan menghapus aplikasi yang tidak penting yang datang dari ponsel itu. Di tahun saat ini banyak sekali game – game yang bagus dan seru untuk dimainkan, namun bagi pengguna ponsel Spreadtrum, hal itu bukan menjadi pilihan, karena tidak dapat memainkannya. Bukan sebab tidak bisa mengunduh game karena ukuran yang besar, namun karena game tersebut membutuhkan prossesor yang tinggi minimal Dual Core.

Ponsel Android yang di ROOT dapat diakali dengan cara memanipulasi OpenGL menjadi lebih tinggi, dan dengan bantuan itu ponsel berbasis Spreadtrum dapat memainkan game HD dengan lancar tanpa keluar sendiri. Contoh ponsel Spreadtrum bisa didefinisikan seperti RAM yang kecil dibawah 512Mb, Single Core atau kebawahnya, dan lain sebagainya. Sebagai contoh adalah ponsel buatan China yaitu Evercoss A5A, ponsel tersebut termasuk golongan ponsel Spreadtrum dan wajib untuk diROOT karena memiliki memory internal yang tidak pantas untuk ponsel Android, bahkan tidak bisa menyimpan file di Memory Internal. Jadi Memory internal hanya untuk aplikasi yang diinstall saja. Berikut ini tata cara untuk melakukan ROOT pada ponsel china sejenis ini, silahkan lihat dibawah ini.

  1. Pertama – tama siapkan komputer dan ponsel Android yang akan diROOT. Download dan install software ROOT Master pada bawah artikel ini.
  2. Lalu buka ponsel dulu silahkan centang USB Debugging pada menu Pengaturan => Aplikasi => Pengembang.
  3. Jika sudah silahkan buka software ROOT Master. Lalu sekarang tancapkan kabel USB kekomputer dan tunggu hingga ponsel terdeteksi. Apabila belum terdeteksi silahkan install driver ponselnya dulu, silahkan cari caranya di google karena beberapa ponsel memiliki driver yang berbeda-beda.
  4. Lalu jika sudah terdeteksi silahkan klik pada tombol hijau bagian dibawah dan jika ada notifikasi silahkan klik OK saja. Dan tunggu hingga proses selesai. Contoh tombol Hijau bisa dilihat dibawah ini.

    ROOT Master

  5. Proses selesai ditandai dengan ponsel yang mati dan hidup secara otomatis (Restart). Untuk mengetahui apakah ponsel telah berhasil diROOT silahkan buka menu aplikasi dan lihat apakah sudah terdapat aplikasi bernama SuperUser dengan icon berwarna Biru (Perisai). Jika ada berarti berhasil

Cara diatas berdasarkan pengalaman Saya sendiri yang berhasil ROOT ponsel china berbasis Spreadtrum, sebenarnya ROOT Master tidak dikhususkan untuk ponsel Spreadtrum saja namun semua ponsel china yang kurang populer bisa melakukan ROOTING dengan software ini. Sebenarnya cukup aneh juga, maksud Saya aplikasi ini sebenarnya bernama Vroot, namun banyak sekali yang menyebutnya ROOT Master, jadi Saya ikut-ikutan saja. Dan superuser yang terinstall masih bahasa china, jika ingin mengubahnya silahkan cari prosedurnya di google. Tapi jika ingin menggunakan yang China, biasanya jika menginstall aplikasi yang membutuhkan akses ROOT, superuser akan langsung merespon perizinan, dan untuk mengizinkn silahkan klik tombol kanan, dan untuk menolak silahkan klik tombol yang kiri. Aplikasi superuser ini memakan LOG yang banyak, jadi jangan lupa hapus data pada aplikasi superuser supaya LOG dapat dibersihkan. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini. Jika ada yang ingin sitanyakan silahkan berkomentar.

DOWNLOAD

Semoga bermanfat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Droid August 11, 2015, 12:30 am

    saya pake hp evercoss berhasil di root gan, makasih banyak

    • rrobyf August 11, 2015, 3:31 am

      Jangan lupa install CWM juga 😀

Leave a Comment