≡ Menu

Cara Menginstall CWM Recovery Dengan Mudah (ROOT)

CWM Recovery

Beberapa ponsel Android pasti sudah menyediakan recovery bawaan dari HP itu namun recovery tersebut tidak memiliki banyak fitur yang khusus untuk para pengguna yang suka modding. Contohnya seperti jika ingin mengganti custom ROM, flash aplikasi dari update ZIP, dan lain-lain sebagainya. Ada ponsel yang sudah menyediakan recovery namun ada juga yang belum menyediakannya dan ketika menuju recovery akan dibawa ke fastboot saja, kebanyakan ponsel yang belum terinstall recovery ialah HP china berbasis spreadtrum. Tapi tidak perlu khawatir untuk itu karena bisa diinstall sendiri dengan mudah dan sederhana sekali.

Jika kamu belum tahu apa itu recovery ? Recovery menurut Saya ialah jalan pintas yang digunakan pengguna untuk melakukan sesuatu ketika ponsel dalam keadaan mati. Dapat digunakan untuk saat tertentu ketika ponsel memiliki masalah contohnya bootloop dan dapat menghapus data (hard reset) untuk menghapus kunci pola yang lupa contohnya. Namun jika kamu menginstall Clock Work Mod (CWM) Recovery, kamu bisa melakukan hal yang lebih seperti dapat membackup ponsel Androidmu termasuk dari sistem hingga aplikasi original pada user phone, Custom ROM, dan lain-lain. Sebenarnya tidak hanya CWM saja yang bisa melakukan lebih namun TWRP juga bisa, hanya saja saat ini banyak sekali yang menggunkan CWM karena mudah digunakan.

CWM Recovery ini wajib diinstall ketika Androidmu dalam status ROOT. Karena kamu tidak perlu lagi pergi ke counter untuk flash ponselmu akibat bootlopp, karena kamu bisa merestore system dari backupan yang kamu buat dan ponsel dan keseluruhan sistem akan kembali seperti semula. Lewat CWM ini kamu juga bisa menginstall updateable ZIP yang didalamnya termasuk file dari system, entah itu aplikasi atau itu adalah system yang lain sejenis framework-res, atau systemUI. Hampir setiap ponsel banyak yang membagikan CWM yang mereka gunakan dan disini Saya tidak menjelaskan cara untuk membuat CWM melainkan cara untuk meginstall CWM. Untuk itu silahkan lihat tata caranya dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan download dan install Mobile Uncle, silahkan download pada bagian bawah artikel ini.
  2. Pastikan kamu sudah menyiapkan file CWM recovery berformat .img. dan taruh file tersebut pada directory ROOT di SDCARD, contohnya pada “/mnt/sdcard/“. Jika belum meiliki file tersebut silahkan cari digoogle sesuai ponselnya
  3. Lalu silahkan buka Mobile Uncle dan klik pada “Recovery Update” dan pilih pada recovery.img yang tampil.
  4. Jika ada notif pemberitahuan silahkan klik YES saja dan tunggu hingga proses selesai. Ketika proses selesai, ponsel akan Reboot secara otomatis dan akan dibawa kehalaman Recovery Mode. Jika dibagian atas suda terdapat teks Clock Work Mod, berarti kamu berhasil menginstall CWM dengan sempurna. Dan sekarang coba skroll kebawah dan keatas dengan menggunakan tombol volume, untuk klik oke bisa menggunakan tombol power atau home. Jika sudah bisa langsung saja klik Reboot System, dan ponselmu akan dibaw kehalaman menu Android seperti semula.
  5. Untuk menuju halaman Recovery silahkan matikan ponselmu dan klik tombol volume down atau up dan dibarengi tombol power pada ponsel. Jika tidak berhasil silahkan cari kode untuk menuju recovery digoogle, karena setiap ponsle memilik kode yang berbeda-beda.

Cara diatas harus dilakukan dengan sabar dan tidak perlu ragu karena cara ini aman, Jadi kamu hanya perlu mengetahui berhasil tidaknya saja dan dengan menginstall CWM ini pastikan storage penyimpanan di system ponselmu memadai supaya tidak terjadi out of memory saat menginstall. Dan perlu diketahui juga dengan menginstall CWM saja tidak akan membuat ponselmu menjadi bootloop. Jika sudah menginstall silahkan backup ponselmu, Untuk mengetahui cara backup silahkan cari pada kolom pencarian blog ini karena sudah Saya bagikan. Untuk mengunduh Mobile Uncle silahkan klik pada banner dibawah ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar. :mrgreen:

DOWNLOAD

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 25 comments… add one }
  • adam August 31, 2017, 6:20 pm

    min kalo cwm buat brandcode b11 pake rom manager kok no support ya ?

    • rrobyf September 1, 2017, 10:23 am

      Tidak semua CWM yang diberikan pada aplikasi ROM Manager bisa cocok gan. Lebih baik agan gabung di grup yang membahas sesuai tipe tersebut dan barangkali didalam grup tersebut sudah tersedia CWM yang cocok.

  • Faisal February 25, 2017, 10:42 am

    Gan di grup fb tipe hh gue , cwm nya semuanya format zip , cara ngubah zip ke img gimana yakk??

    • rrobyf February 25, 2017, 11:19 am

      Cukup extract memakai aplikasi sejenis Zarchiver atau Unzip & Unrar

  • Ruslan February 23, 2017, 4:05 pm

    Gan,bagi2 tutor aman dan lengkap cara root android marshmallow tanpa pc dong gan…di google bnyak tutor tp gk ada yg selugas dan sejelas kaya postingan agan,saya suka bgt postingan agan. Tlong y gan…

    • rrobyf February 24, 2017, 11:28 am

      Akan Saya usahakan gan, karena Saya hanya menyediakan postingan yang berdasarkan pengalaman saja hehe.

  • mmday January 26, 2017, 6:52 am

    Bang kalo recovery modenya ada kesalahan gimana cara memperbaikinya ?

    • rrobyf January 26, 2017, 10:54 am

      Tidak perlu khawatir selama ponsel masih hidup silahkan install recovery yang baru, bisa jadi itu dikarenakan recovery yang tidak cocok.

  • Timothy January 6, 2017, 3:22 am

    Ane udh pake cara ini dan berhasil juga 🙂

  • Rio Nandito December 20, 2016, 7:58 pm

    Kok saat instal mobileuncle ada masalah mengurai paket

  • one November 1, 2016, 7:53 pm

    Bang klo mau instal CMW penyimpananx hrus d kosongin brapa MB?trus yg d kosongin penyimpanan telp to mmry sd

    • rrobyf November 2, 2016, 7:51 am

      Tidak perlu dikosongin gan kalo hanya ingin menginstall CWM, tapi kalo ingin melakukan backup dari CWM harus ada kapasitas kosong kurang lebih 1.5Gb.

  • Newbie June 6, 2016, 12:44 pm

    Gan mksd nya langkah no. 2 apaan yak?
    Masih bingung

    • rrobyf June 7, 2016, 11:54 am

      Disarankan untuk memindah file recovery.img pada direktori utama SDCard, dengan maksud diluar semua folder. Jadi pengguna tidak akan kesulitan ketika hendak mencari file recovery.img ketika melangsungkan proses pemasangan CWM.

  • shandy alif al fajr May 18, 2016, 7:44 pm

    hp ace 2 sy tidak bisa bisa memory card, apakah hp sy bisa di root tanpa di pasang memory card..trmksh..mohon solusinya

    • rrobyf May 19, 2016, 10:56 am

      Bisa saja, tapi untuk melakukan full backup ponsel harus menggunakan SD Card.

  • Akbar April 3, 2016, 12:57 pm

    Recovery imgNya Dpt Dari Mana?

    • rrobyf April 4, 2016, 7:00 am

      Bisa didapat dari grup Facebook atau Penacarian Google. Lebih disarankan mencari pada grup Facebook karena sudah banyak yang memakai recovery yang hendak diunduh.

  • mnputra December 16, 2015, 12:58 am

    tipe ponsel sy tdk ada di grup fb, sy cba instal cwm tdk ssuai ponsel yg sy miliki trnyta gagal dan recovery mode bawaan jd hilang, mau kmblikan ke awal tdk punya file backup stock recoverynya, bgmn cra mmprbaikinya? sy brniat utk download firmware spc s15, kira2 jka sy ekstrak mnggunakn aplikasi yaffs apkh di dlm nya ada file stock recoverynya?

    • rrobyf December 16, 2015, 8:26 am

      Lebih baik saat melakukan flash lebih baik menggunakan PC saja supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, serta lebih mudah. Dengan melakukn flash atau menginstall firmware, sama halnya ponselnya dikembalikan seperti semula layaknya ponsel baru, dan recovery tentu akan ada lagi. 😀

  • mnputra December 14, 2015, 5:58 am

    min punya cwm buat spc s15 gk? nyari di googld gk ada

    • rrobyf December 14, 2015, 8:28 am

      Mohon maaf Saya tidak membagikan CWM untuk setiap ponsel. Silahkan gabung pada grup difacebook sesuai tipe ponsel pasti ada cwm yang membagikan.

  • ozy December 2, 2015, 5:17 pm

    Gan bisa pasang cwm pada hp sony experia m yg kena virus ebola

    • rrobyf December 3, 2015, 1:08 am

      Wah kalo terkena ebola sulit dihilangkan, tapi sepertinya bisa diperkecil dengan memasang custom rom baru. Silahkan dicoba memasang CMW dengan cara diatas.

Leave a Comment