≡ Menu

Cara Mengatasi Teks Kotak-Kotak Di Android GB

Font

Android adalah Smartphone yang lagi populernya saat ini, banyak dari semua pengguna ponsel lama memilih untuk memakai ponsel ini sebagai penerusnya karena hal yang mudah untuk dilakukan seperti operasi yang mudah, mengunduh game yang mudah dan tersedia banyak sekali, dan lain-lain sebagainya. Di Android menurut Saya kurang smart kalo belum ROOT ponselnya karena fitur tersembunyi akan bisa digunakan seperti memindahkan aplikasi dari sistem ke SD Card, atau sebaliknya, tidak hanya itu, semuanya bisa dirubah drastis, termasuk adalah font. Mungkin sebagaian orang pernah melihat tulisan kotak-kotak yang berarti simbol tersebut tidak diidukung pada font yang digunakan diponselnya, namun disini Saya akan mambagikan cara untuk membuatnya tidak kotak-kotak dan menampilkan simbol yang asli.

Di beberapa ponsel Android ada yang bisa mengubah font tanpa ROOT akses, seperti pada ponsel Samsung Galaxy, hampir semuanya dapat mengubah font dengan bantuan aplikasi. Tentu yang akan Saya bagikan ini ponselnya harus berstatus ROOT karena akan mengedit sistemnya dengan font yang baru dan saat ini Saya hanya membagikannya khusus Android Gingerbread. Ada banyak aplikasi untuk mengubah font Android, yang paling banyak digunakan ialah Font Installer, sebuah aplikasi yang dapat mengubah font dalam sekali klik, banyak digunakan, banyak juga yang mengalami bootloop termasuk Saya. Tapi hal yang diperlukan untuk setiap pengeditan sistem adalah membackup (full). Jadi jika terjadi bootloop dapat diatasi dengan restore lewat recovery (CWM/TWRP). Oke berikut ini tata caranya silahkan disimak dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan full backup dulu melalui CWM dan jika sudah silahkan download font ttf pada bawah artikel ini.
  2. Lalu silahkan salin font tadi dengan Root explorer atau Xplore, silahkan salin font pada direcory /system/.
  3. Disini silahkan ubah permission font tersebut menjadi 644. Atau jika bingung silahkan lihat seperti gambar dibawah ini.

    Font Permission

  4. Jika sudah silahkan pindah langsung font dari directory system tadi ke directory /system/fonts/. Jika ada notifikasi silahkan klik OK atau timpa filenya saja.
  5. Sekarang tahap terakhir silahkan matikan ponsel dan hidupkan kembali. Dan jika proses booting berhasil, sekarang coba tes dengan simbol dibawah ini. apakah sudah bisa membacanya ?

    Simbol: Ⅰ Ⅱ Ⅲ ∂ ∆∈∏ ∑ − ∕ ∘ ∙ ∝ ∞ ⊿ ⋲
    ⌂ ⌐ ⌒ ⌠ ⌡ ① ② ③ ⑴ ⑵ ⑶ ⒈ ⒉ ⒊ ▐ ░ ▒ ▓ ▔ ▕ ■ □ ▪ ▫ ▬ ▲ △ ► ▼ ▽ ◄ ◅ ◆ ◇ ◊ ○ ◌ ◎ ●◘ ◙ ◢ ◣ ◤ ◥ ◦☀ ★ ☆ ☉ ☺ ☻ ☼ ♀♁♂♠ ♣ ♥ ♦ ♪ ♫ ✽

Cara diatas tergolong sangat mudah dan aman untuk dilakukan karena mengedit perizinan menjadi 644 yang tidak mengakibatkan kejadian bootloop ketika menimpa file pada font. Jadi dengan ijin 644, file tersebut akan terasa hasilnya ketika mematikan ponsel dan menghidupkannya ulang atau bisa disebut reboot. Sampai saat ini Saya tidak pernah lagi menemukan tulisan kotak-kotak lagi, dan kemungkinan akan menemukannya tapi pada emoji saja, karena font ini masih tidak bisa membaca emoji dan jadilah tulisan kotak-kotak :D. Tapi tdak perlu khawatir font ini mendukung semua simbol, maka sebab itu font ini dijuluki “Unicode“. Untuk mengunduh fon silahkan klik pada banner dibawah ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar. :mrgreen:

DOWNLOAD

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment