≡ Menu

Cara Memasang Custom ROM Melalui CWM Recovery

Custom ROM

Setiap ponsel Android dan ponsel yang lain pasti memiliki tampilan UI yang berbeda-beda setiap merknya dan kemungkinan besar dapat diubah sendiri themenya, Namun setiap theme hanya dapat merubah tampilan saja seperti gambar background, icon, loading, dan lain-lain namun tidak dapat mengubah menu-menu yang ada di sekitar ponsel itu. Tetapi jika kamu memiliki ponsel Android dan ingin merubahnya, tentu bisa karena sudah banyak sekali pengguna Android yang berkarya untuk membuat tampilan Android jauh lebih baik dari semuanya. Dan mereka menyebutnya “Custom ROM”.

Custom ROM hanya bisa diterapkan pada Android yang berstatus ROOT, dan sudah menginstall Recovery sejenis CWM/TWRP tanpa itu tidak akan berjalan dengan mudah. Jadi kamu tidak hanya bisa mengubah tampilan icon yang ada di ponselmu namun kamu bisa mengubah tampilan menu setting dari sekian banyak Custom ROM yang tersedia. Saya sendiri telah mencoba beberapa Custom ROM dan bahkan suka berganti-ganti supaya tidak cepat bosan. Keunggulannya misalnya seperti ingin mengubah UInya layaknya Android L (Lolipop) sedangkan ponselmu masih versi Jelly Bean. Tentu saja bisa dan sangat mudah sekali. berikut ini tata caranya silahkan lihat dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan download Custom ROM (berformat ZIP) dan jika sudah punya, silahkan pindah file tersebut pada directory awal pada SDCard alias tanpa folder.
  2. Lalu silahkan backup terlebih dahulu menggunakan CWM supaya jika terjadi kesalahan bisa dikembalikan ke ROM aslinya.
  3. Setelah itu silahkan menuju CWM Recovery dan silahkan Wipe Data/Factory reset, Wipe Cache, dan Wipe dalvik-cache terlebih dahulu. Jika sudah silahkan pilih pada menu Install zip
    from sdcard
    . Lalu akan ada menu lagi pilih lagi menu Choose zip
    from sdcard
    .
  4. Sekarang kamu ada pada directory awal SDCard, silahkan scroll kebawah dan cari Custom ROM tadi yang berformat ZIP. Jika sudah ketemu silahkan pilih file itu, kemudian akan ada menu lagi dan pilih saja YES
  5. Tunggu hingga proses selesi, ini memakan waktu sebentar kurang lebih 5 sampai 10 menit saja. Jika sudah Completed, silahkan pilih Reboot Now dan lihat hasilnya.

Jika diperhatikan cara diatas terlihat sedikit rumit, namun jika sambil mengerjakannya, Saya jamin akan terasa sedikit dan kamu akan terbiasa melakukannya jika sering mengganti-ganti Custom ROM. Dan Saya disini punya saran untuk tidak mengunduh Custom ROM asal-asalan karena setiap ponsel berbeda-beda dan jika memakai Custom ROM yang salah maka akan menimbulkan bootloop dan harus di restore melalui CWM. Jadi akan lebih baik menggunakan ROM dari suatu komunitas ponsel tersebut, contohnya difacebook, pasti ada grup yang membahas ponselmu dan disitu kamu dapat bertanya-tanya tentang Custom ROM yang cocok. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 68 comments… add one }
  • taufiq August 15, 2017, 1:12 am

    Ask
    Gan mau nanya nih kan saya udah ganti custom rom terus pas boot awal malah muncul dua logo ,yang logo asli & logo custom room baru,cara ngilangin logo aslinya gimana??

    • rrobyf August 15, 2017, 9:17 am

      Oh, itu harus memasang bootlogo melalui recovery. Banyak yang membagikan bootlogo ini dalam bentuk arsip ZIP dan tentunya memiliki resolusi yang berbeda-beda, silahkan cari di forum XDA atau di grup facebook yang membahas tipe ponsel agan.

  • Lingga August 12, 2017, 4:20 pm

    ask dong cara install custom rom yg ada tambahan zip file ny gmana?

    • rrobyf August 14, 2017, 10:02 am

      Tambahan ZIP file biasanya adalah patch yang mana harus dipasang setelah agan selesai memasang custom rom tersebut.

  • jordan April 7, 2017, 10:02 am

    Gan Ak kan mau ganti costum rom s5 Khusus samsung galaxy Fame GT-S6810 kenapa gagalya?Baru Reboot now malah Logo samsung Galaxy Fame GT-S6810 aja ya gmna gan mohon bantuannya:( .Hp ak samsung Galaxy Fame GT-S6810

    • rrobyf April 7, 2017, 11:37 am

      Bisa jadi custrom yang dipakai tidak cocok dengan ponselnya. Saran Saya carilah custrom pada komunitas yang membahas ponsel tersebut seperti di grup Facebook, supaya custrom yang didapat cocok.

  • hendra January 6, 2017, 12:36 pm

    Gan ane mau tanya,stelah instal costom room,data saya backup nnti hilang gk soalny saya pakai cwm,temporari.

    • rrobyf January 7, 2017, 10:56 am

      Saya tidak menyarankan menggunakan CWM Temporary gan dan kebanyakan CWM Temporary tidak bisa melakukan backup dan restore.

  • Andi zauqi December 10, 2016, 5:23 pm

    Gan bgini gan sya instal custom Rom tp kok saat di boot berhenti di gambar 3G tulisan Cina sih gan?
    Mohon bantuannya

    • rrobyf December 11, 2016, 7:10 am

      Bisa jadi custromnya tidak cocok atau mungkin ada step yang belum dilakukan, karena beberapa custrom memiliki update (ZIP) lain untuk menambah perbaikan.

  • Zaii November 18, 2016, 11:42 pm

    Gan ..kalo data original nya ke format. Bisa kembali ke data ory nya gmna ??

    • rrobyf November 19, 2016, 10:36 am

      Sekali telah memiliki backupan, data yang tersimpan walaupun keformat akan bisa dikembalikan lagi.

  • Agung November 10, 2016, 6:54 am

    Gan kalo hh ane pas klik file zip ( custom rom ) nya, ada tulisan “ROM Manager is unable to open this file. Please remove any spaces from your file and folder path. Or run it manually via CWM recovery”
    maksudnya harus gimana itu gan ??? Thanks

    • rrobyf November 10, 2016, 11:11 am

      Silahkan ubah nama pada file custom rom tersebut tanpa memakai spasi. Atau dengan maksud adalah hapus semua spasi yang ada pada nama file custom rom tersebut.

  • ARIS SAEPUL RIDWAN October 18, 2016, 7:56 am

    gan mau tanya , kalau simpan file zip nya di memory telepon apa bisa , soalnya memory kartu manapun gakbisa kebaca sama hp samsung saya alias tempat penyimpanan sd card hp nya sudah rusak gan , ditunggu balasannya

    • rrobyf October 19, 2016, 8:53 am

      Sepertinya tidak akan bisa, karena sistem di CWM menggunakan SDCard untuk melakukan sharing file.

  • lttlemnstr October 5, 2016, 7:36 am

    oiya gan ane kan masih newbie banget nih ane bingung CWM itu apa?udah search digoogle msh bingung nih :’3

    • rrobyf October 5, 2016, 9:54 am

      CWM adalah recovery yang telah diubah dengan fitur yang lebih banyak. Disini maksud recovery pada Android, bisa melakukan banyak hal seperti menginstall file ZIP, menghapus data sekaligus aplikasi (Factory Reset), dan masih ada banyak lagi. Lalu pada CWM ini akan diberikan fitur yang lebih banyak daripada recovery asli ponsel tersebut yang mana pengguna bisa membuat cadangan ponsel sehingga melakukan hal seperti memasang Custom Rom bisa tetap aman walaupun bootloop karena sudah memiliki cadangan dan cadangan tersebut lah yang akan mengembalikan sistem ponsel seperti sebelum memasang Custom Rom. Semoga bisa dimengerti

  • omin September 28, 2016, 5:17 pm

    gam maap ni q msh nuwbi klu kita ganti rom costum itu apa brubah cm tampilan aja ,apa smua sistem hh kita jg ikut brubah smua ya gan sy mohon jawabanya

    • rrobyf September 29, 2016, 10:31 am

      Tentu saja semuanya, termasuk file sistemnya yang akan berubah. Untuk itulah lebih baik untuk melakukan full backup terlebih dahulu.

  • enchamon September 19, 2016, 2:11 pm

    gan blh tanya
    saya pnya 2 hp smartfren c1, yg satu sudah di custom room xperia yg satunya blum dikastum room, prtanyaan ane: apa bisa hh saya yg sudah custoom rom xperia tadi saya backup trus hasil buckupannya saya instal di smrtfren saya yg satunya tadi

    • rrobyf September 20, 2016, 11:50 am

      Boleh saja, tapi sebaiknya jangan walau sebenarnya bisa tapi suatu saat mungkin kendalanya ada pada md5 checksumnya.

  • Mamz August 15, 2016, 3:20 pm

    Gan knapayah hh maxc3 saya kalo udah ganti rom jadi susah instal app ? mohon bantuannys gan

    • rrobyf August 17, 2016, 11:50 am

      Itu dikarenakan CustRom itu sendiri, mungkin memiliki bug atau sejenisnya yang menyebabkan itu terjadi atau bahkan ada pula yang tidak bisa sama sekali memasang aplikasi dengan ukuran lebih tinggi dari 50Mb.

  • Arifu August 4, 2016, 9:13 am

    Gini ,pas udah selesai instal rom ,kok ada tulisan “Invailed IMEI” ,fixnya gimana min?

    • rrobyf August 4, 2016, 10:59 am

      Mengatasi Imei yang hilang saat ini tidak tergolong mudah untuk beberapa ponsel, apalagi setiap chipset memiliki cara yang berbeda-beda. Kecuali jika pengguna memiliki backupan Imei sebelumnya, pasti bisa direstore dengan mudah. Silahkan cari di Google untuk mengatasi permasalahan tersebut termasuk chipset yang tertera pada ponselnya. Atau silahkan kembali atau restore ke stock rom untuk mengatasi dengan cara yang cepat.

  • ihsan July 23, 2016, 5:00 am

    Ulasan yang gamblang mudah di pahami thanks…
    Di tunggu kunbalnya

  • febrian July 3, 2016, 3:58 am

    Gan mback up nya ampe ber Gb gb ya?

    • rrobyf July 3, 2016, 11:11 am

      Tergantung dari banyaknya aplikasi yang diinstall juga sih gan.

  • idien June 18, 2016, 6:57 am

    Gan klo sudah terinstal custom rom apkah cwcnya msih? Dan ketika wipe data factori riset cwcnya tidak kehapus?

    • rrobyf June 23, 2016, 11:38 am

      Mungkin yang dimaksud adalah CWM ya? Untuk custrom baru masih tetap aman dan meskipun dilakukan wipe data, CWM tidak akan hilang.

  • andy June 13, 2016, 7:38 pm

    Gan mau tanya kalau merubah rom di android apakah ram/memori internalnya juga ikut berubah? Semisalnya ram aslinya 1 gb/internalnya 8gb terus download rom samsung galaxy s6 itu internal/ramnya tetep yang awal atau ikut berubah sprti galaxy s6 gan?? Mkasih

    • rrobyf June 15, 2016, 11:34 am

      Mengubah custom ROM tidak akan mengubah kompoen dalam, jadi kapasitas RAM dan Internal akan tetap sama pada ponselnya saat ini.

  • akhmad miftah April 15, 2016, 9:18 am

    gan tanya. semisal hh kalau sdh di custom rom. lalu tak wipe data, wipe cache serta wipe data dalvik akan balik ke stock rom aslinya gak ?

    • rrobyf April 15, 2016, 10:28 am

      Melakukan wipe bisa diartikan menghapus seluruh data dan tidak berarti menghapus segalanya. Sedangkan sebuah custrom akan mengganti seluruh sistem dengan yang baru, itu sebabnya pengguna harus memilki backupan stock rom supaya bisa kembali ke stock rom asli.

  • rixki March 28, 2016, 3:51 pm

    Gan wipe dalvik-itu apa ya

    • rrobyf April 1, 2016, 6:37 am

      Untuk membersihkan cache/tembolok pada dex aplikasi pada sistem. Biasanya dalvik sendiri bekerja ketika ponsel sedang boot dan hal ini perlu dilakukan apabila ingin mengganti custom rom baru supaya tidak force close saat membuka aplikasi yang ada.

  • exo March 28, 2016, 3:41 pm

    Gan kenapa pd saat instal rom kesalaha truss?tapi romnya sudah berformat .zip tapi kok nggak bisa kenapa ya apa aplikasi root nya yg kurang bagus . aq pake king root mohon sarannya

    • rrobyf April 1, 2016, 6:39 am

      Cek pada bagian ZIP file apakah semua file sudah benar atau corrupt? biasanya kesalahan akan diketahui pada saat melakukan instalasi melalu CWM dan jika berkenan, kesalahan apakah yang tampil pada saat itu?

  • reza March 23, 2016, 7:04 am

    gan hh ane gak bsa buka kontak, sms, telpon, malahan sim cardnya gak kebaca, trus ada tulisn “sayangnya proses com.phone.android telah berhnti” ada lagi ” simcontact.apk telah berhenti” itu kenapa gan, mohon bantuannya hh ane udah di costum rom pula.

    • rrobyf March 23, 2016, 7:50 am

      Sepertinya kesalahan dari custom romnya. Untuk mengatasinya silahkan ganti ke custom rom yang baru atau mengganti APK kontak dan SMS sistem dari stock rom.

  • royhan March 2, 2016, 1:52 pm

    Gan, anekan masang Costum ROm. Tapi saat sya nyalakan Cuma berhenti di logo COSTOM ROMnya aja. Truz gmna tuhh gan? Balas di website

    • rrobyf March 4, 2016, 2:28 am

      custom ROM yang dipakai tidak kompatible dan jadinya bootloop, atau bisa jadi juga gagal porting. Jadinya ponsel mengalami bootloop/soft brick dan salah satu mengatasinya adalah restore data atau flash melalui PC.

  • ahmad yani February 23, 2016, 10:22 am

    mau nanya gan costum room berpengaruh pada ram dan kinerja android gax

    • rrobyf February 24, 2016, 7:18 am

      Tidak pengaruh pada RAM, bahkan banyak custom ROM yang membuat RAM semakin lega, tapi ya, ada pengaruh pada kinerja Android, salah satunya melakukan swap langsung dari sistem (zram) dan melakukan hal lebih pada sistem daripada stock ROM.

  • gusmang February 17, 2016, 11:16 am

    gan, gimana cara ngembaliin rom hp saya ke bawaan pabrik? saya lupa backup datanya. udh nyari stok rom kemana mana eh pas instal gagal mulu;(. apa harus sesuai versi kernel atau apa? saya pusing 7 keliling. mohon bantuanya:(

    • rrobyf February 18, 2016, 10:16 am

      Ya, untuk melakukan hal tersebut bisa dilakukan flash menggunakan komputer. Jadi pengguna bisa mencari firmware ponsel tersebut dan melakukan prosedur untuk flashing ponselnya.

  • Raihan February 12, 2016, 5:19 am

    Gan gini ya misalnya saya sudah melakukan custom rom terus bosen pengen ganti sama yang lain gimana caranya?

    • rrobyf February 12, 2016, 10:22 am

      Bisa mengganti lagi dengan custom rom yang lain dan menggunakan cara yang sama seperti diatas.

  • karimunjawa February 10, 2016, 7:41 pm

    ini baru mantap namanya. makasih artikel nya ya bos. sangat bermanfaat

  • Fawiizz February 1, 2016, 7:00 pm

    Min.. Data Internalnya perlu di Backup dulu gak ? Takutnya pas Choose zip terus selesai, apk yang terInstall di Internal pada Hilang..
    Mohon Fast Respond !!

    • rrobyf February 2, 2016, 9:46 am

      Jika sudah dilakukan wipe data, sama halnya factory reset. Jika tidak ingin hilang silahkan backup dahulu menggunakan titanium backup.

  • jainol January 25, 2016, 6:31 pm

    Gan .. Misalkn trjdi kesahan .. cara mengembalikan ke ROM aslinya. Gimana ??

    • rrobyf January 26, 2016, 10:27 am

      Sebelum melakukannya sebaiknya dilakukan backup, supaya jika terdapat kesalahan bisa dilakukan restore dari file backup tadi.

  • Billal January 10, 2016, 7:39 am

    Minta saran custom Room yang bagus buat andromax G apa namanya?

    • rrobyf January 11, 2016, 7:42 am

      Saat ini banyak sekali orang yang menggunakan custom ROM bernama MIUI, karena mendukung theme langsung dan ringan.

  • ola permadi December 19, 2015, 7:59 am

    hp saya bootlop truss download custom rom truss saya intal, pas mau instal gk bisa katanya ‘instal aborted’ kenapa nih

    • rrobyf December 20, 2015, 8:33 am

      Pastikan custom ROM yang diunduh memiliki format ZIP, dan lihat dalam file ZIP tersebut bisa dibuka atau corrupt ?

  • niconi November 30, 2015, 4:31 am

    gan??? ane udah ngerti tentang cmw,tweak ? Udah kena 3 kali bootlop :’) 😀 . gan download costum ram nya dimana. besar gk size nya

    • rrobyf December 1, 2015, 2:21 am

      Custom ROM kebanyakan yang membagikan pada grup Facebook atau silahakan cari di Google yang cocok dengan ponselnya. Tapi saran Saya lebih baik bergabung pada grup facebook sesuai tipe ponsel.

  • kencrut November 28, 2015, 11:19 am

    maaf gan mau numpang nanya..jadi kalo kita mau ganti ROM lewat cwm bisa ya? berarti tanpa PC kalo gitu,langsung dari hh.
    kebetulan ane udah instal cwm

    • rrobyf November 29, 2015, 2:33 am

      Iya tentu bisa, tapi khusus ROM yg udah dipack dalam arsip ZIP ya 😀

  • nandar supriadi November 13, 2015, 10:45 am

    maf penjelasan di atas aku ga ngerti. . . maksud d beck up ya. gmna. . . maf aku ke pengen ganti costom ROM

    • rrobyf November 14, 2015, 7:10 am

      Cara ini hanya khusus mengganti dari ponsel dan tidak melalui sofware flash PC. Untuk backup ini bisa dilakukan dari CWM Recovery, guna untuk membuat file cadangan ROM saat ini supaya jika ROM yang akan dipasang tidak cocok, masih bisa dikembalikan cadangannya melalui CMW. Jika belum tahu CWM Recovery, silahkan cari pada website ini ya 😀

      • Ardi March 23, 2016, 8:26 am

        caranya gimana backup melalui CWM itu?

        • rrobyf March 24, 2016, 9:52 am

          Silahkan cari pada website ini ya untuk melakukan backup lewat CWM. Hal ini supaya tetap aman dan tidak terjadi hal yang mungkin tidak sama sekali diinginkan.

  • Putra Kohler October 21, 2015, 7:13 pm

    Gan, di CWM sya, memori telepon berubah jd SD Card, jd maksudny pas di pilihan install from SD Card, nah yg keluar tuh file-file yang ada di memori telepon, klo di pilihan install from external SD Card, baru file-file yg ada di memori external, tp sya coba install from external SD Card gak bener-bener, mohon bantuannya gan!

    • rrobyf October 22, 2015, 1:20 am

      Kemungkinan itu kesalahan dari build.prop beberapa ponsel memiliki pengaturan yang berbeda-beda, silahkan bergabung pada Grup ponselnya di facebook atau komunitas lain untuk memecahkan masalahnya.

Leave a Comment