≡ Menu

Beberapa Situs Penyedia Cronjob Terbaik

Crontab

Cronjob ialah sebuah alat yang dapat mengeksekusi/menjalankan dalam waktu yang sudah ditetapkan. Tidak ada minimal/maksimal waktu yang dibatasi karena cronjob dapat berjalan diwaktu apapun sesuai yang telah diatur sebelumnya. Kegunaan cronjobs sangatlah besar karena bisa membuat server mendapati beban yang tinggi jika menggunakannya secara berlebihan. Untuk itu banyak yang menggunakan cronjob diberbeda server untuk mencegah terjadinya overload pada website yang dijalankan. Jika fitur cronjob dalam bahasa website hanya bisa ditemukan pada control panel, namun ada juga yang membagikan cronjob dari situs lain dan tidak perlu menggunakan hosting.

Cronjob atau biasa disebut juga sebagai Crontab, jika pada situs lain, pemanggilannya akan berbeda dari sebelumnya, jika cronjob biasa pemanggilan dapat dilakukan langsung dengan menyebutkan file dan waktu, namun jika pada situs lain akan disuruh untuk mengisiskan URL, jadi situs tersebut akan fetch/grab dari URL yang dicantumkan dan mengeksekusinya sesuai waktu yang ditetapkan. Tetapi jika cronjob dari situs lain, tidak sebaik cronjob yang ada pada control panel, karena waktu eksekusinya dibatasi kecuali sudah membayar fitur premium.

Contoh kegunaan cronjob yang paling populer ialah seperti membuat schedule artikel pada website, menghapus logs, menghitung data, dan sejenisnya. Bahkan ada yang menggunakan cronjob sebagai robot untuk melakukan sesuatu yang tidak-tidak. Itu terserah bagi yang melakukan sesuatu yang postif atau negative, semuanya dilakukan oleh berbeda-beda orang. Kalau Saya sendiri menggunakan cronjob untuk menghitung data dan sesekali menggunakannya sebagai robot di suatu jejaring sosial. :mrgreen: Baik, berikut ini beberapa situs yang paling bagus dari semua situs penyedia cronjob.

SetCronjob
Situs ini memberikan biaya tersendiri dari setiap fitur yang diberikan, untuk yang gratis maksimal eksekusi hanya dilakukan maksimal 25 – 30 setiap hari dan TimeOut dari script ialah 15 detik. Untuk mendapat kelebihan disarankan untuk meng-upgrade akun. Untuk mencobanya silahkan menuju website SetCronjob.com.

EasyCron
Situs ini banyak digunakan pengguna untuk melakukan eksekusi script sepuasnya dan tanpa batas, dibanding dengan setcronjob, Easycron lebih memajukan tingkat eksekusi script daripada Timeout. Dan Timeout yang diberikan pada setiap eksekusi yakni 10 detik. Hal ini sangat cocok digunakan untuk perbaruan script yang menyambung ke database. Untuk mendapatkan kelebihan disarankan untuk meng-upgrade akun. Untuk mencobanya silahkan menuju website EasyCron.com.

MyWebCron
Situs ini adalah situs yang menurut saya paling banyak digunakan oleh administrator website, karena sudah menyimpan begitu banyak URL eksekusi dari tahun 2009. Hingga saat ini situs Mywebcron masih tetap aktif. Kekurangannya terkadang mengalami offline satu hari dan kelebihanya ialah tidak membatasi jumlah eksekusi perharinya dan Timeout, asalkan status URL yang dimasukan memiliki response HTTP 200, maka Mywebcron siap menjalankan dengan baik. Saat ini sudah ada sekitar 500 Milion URL yang dieksekusi dengan baik tiap harinya. Untuk mencobanya silahkan menuju website MyWebCron.com.

CronLess
Situs ini memberikan fitur eksekusi script dengan sangat rendah, perhari hanya dapat melakukan 2 kali eksekusi saja, fitur ini cocok digunakan untuk memberikan schedule pembuatan artikel otomatis pada website. Untuk mendapat kelebihan disarankan untuk meng-upgrade. Untuk mencobanya silahkan menuju website CronLess.com.

OnlineCronTab
Situs ini masih banyak digunakan para administrator website untuk mengeksekusi script mereka. Kekurangan yang ada hanyalah minimal waktu eksekusi yang diberikan adalah 15 menit untuk setiap eksekusi, dan kelebihanya tidak membatasi jumlah eksekusi perharinya dan tidak membatasi Timeout pada script. Untuk mencobanya silahkan menuju website OnlineCronTab.com.

Hanya 5 yang Saya bagikan karena selain diatas fitur yang diberikan tidak bisa dibilang pantas, karena ada situs yang membagikan eksekusi satu perhari, jadi tidak Saya bagikan. Mungkin yng paling baik adalah mywebcron, sebab setiap crontab yang Saya generate dapat berfungsi sesuai waktu yang ditetapkan dan hanya untuk beberapa waktu situs ini kadang juga down untuk server cronjobnya saja. Dari kelima situs diatas kamu bisa mencoba semuanya dan memilih mana yang bagus menurutmu. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar. 🙂

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment