Cara Mengubah Ekstensi File Di PC Windows

Berkas File

Ekstensi atau yang biasa disebut sebagai format memiliki makna yang besar dalam berkas itu sendiri. Seseorang dapat mengganti nama secara langsung, namun dalam type, masih tergolong sama saja dari sebelumnya. Ekstensi terkadang berguna untuk orang yang sering mengedit sesuatu, dalam hal kecil contohnya Saya yang sering mengedit file .txt menjadi .html supaya dapat dilihat dalam bentuk konten HTML pada browser. Tentu setiap orang berbeda-beda kebutuhannya dalam pengeditan ekstensi, dan jika dibilang butuh, hal itu memang pasti.

Jika dibanding diponsel Android yang dapat langsung mengedit ekstensi file begitu mudahnya pada file manager, namun di PC (explorer) fitur tersebut disembunyikan guna untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Contoh hal kecil yang membuat komputer mengalami kegagalan ialah dari ekstensi berbentuk batch, jika di windows berupa file berformat .bat. Dengan script yang sedikit saja bisa merusak komputer, maka dari itu banyak antivirus yang memblokir file berbentuk .bat yang tidak normal supaya tidak merusak nantinya. Dan inilah cara sederhana untuk mengaktifkan pengeditan ekstensi di Windows silahkan lihat dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan hidupkan komputer dan klik Start.
  2. Kemudian ketikan Folder Option dan klik ENTER.
  3. Selanjutnya silahkan menuju tab View dan JANGAN centang pada opsi Hide extensions for known file types setelah itu klik Apply, Contoh seperti pada gambar dibawah ini.

    Contoh 1 Menonaktifkan Extensi

  4. Jika sudah silahkan menuju explorer dan ubah salah satu extensi file dan sudah bisa. Contoh berhasil bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

    Contoh 2 Menonaktifkan Extensi

Mudah sekali bukan ? Sama seperti pada Android, setiap pengeditan ekstensi akan diberikan peringatan guna supaya lebih teliti saat mengedit sesuatu. Jika bicara soal ekstensi pasti ada yang menganggap ini ekstensi untuk browser kurang lebih firefox! Untuk memahami lebih dalam tentang ekstensi yang Saya maksudkan di artikel ini bisa dilihat pada halaman Wikipedia. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *