≡ Menu

Cara Menginstall Dan Menggunakan Chainfire 3D

Chainfire 3D

Chainfire 3D adalah sebuah alat kecil yang memiliki kinerja yang besar terhadap ponsel. Dengan alat tersebut kamu dapat menjalankan setiap aplikasi/game yang besar yang tidak memungkinkan untuk diinstall, namun dengan Chainfire 3D, setiap aplikasi bisa dimainkan tanpa ada force close lagi. Alat ini bisa merubah atau bisa disebut memalsukan GPU yang ada pada ponsel tersebut menjadi seolah ponsel kelas atas. Dan kelebihan dari chainfire 3D ini dapat memaksimalkan dan menurunkan tekstur dari gambar dari setiap aplikasi dan dengan cara menurunkan tekstur tersebut alat ini dapat berfungsi pada game HD yang menggunakan grafik 3D.

Chainfire 3D atau yang lebih dikenal CF3D ini juga memiliki kekurangan yaitu hanya dapat dijalankan pada Android versi 2.3 kebawah saja, selain itu jika mencoba untuk menginstallnya, ponselnya bisa bootloop (soft brick). Selain itu ponsel yang bisa menginstall CH3D ini juga telah berstatus ROOTED, selain ponsel yang belum di ROOT tidak akan bisa mencicipi alat ini. Khusus bagi pengguna Low-end tentunya akan bisa dipermudah dengan alat ini karena ponselnya akan terasa berbeda dari sebelumnya dari segi kecepatan.

Kebanyakan ponsel Android yang menggunakan CH3D ialah sejenis ponsel yang hanya memiliki RAM 256Mb, Single core, dan pastinya termasuk jenis Spredtrum phone (ponsel kelas bawah), dan paling banyak digunakan oleh ponsel jenis Samsung Galaxy young Gingerbread. Di artikel ini akan Saya bagikan tata cara install Chainfire 3D dengan mudah dan hanya untuk ponsel yang sudah berstatus ROOT dan maksimal Android versi Gingerbread. Cara ini tidak akan bisa digunakan untuk Android versi Honeycomb, Ice Scream Sandwich, Jelly Bean, jadi supaya ponselnya tetap sehat jangan coba-coba cara ini kecuali sudah berpengalaman dalam soal backup & restore :mrgreen:

  1. Pertama – tama silahkan download dulu Chainfire 3D APK dan PlugIns CH3D. Selanjutnya install Chainfire 3D dan buka.
  2. Lalu pada aplikasi Chainfire 3D silahkan klik pada menu CF3D Driver dan klik Install. Maka ponsel akan reboot sekali dan jika berhasil reboot berarti proses instalasi sudah berhasil.
  3. Sekarang tinggal pemasangan plugin saja, silahkan extract file plugin tadi dan taruh pada directory awal SDCard. Ada tiga plugin didalamnya yaitu libGLEMU_NVDIA, libGLEMU_POWERVR, libGLEMU_QUALCOMM.
  4. Lalu silahkan buka Chainfire 3D dan klik Instal plugins / shaders selanjutnya tunggu hingga CH3D menelusuri pluginnya. Jika ketiga plugin sudah tampil, silahkan klik ketiga plugin tersebut secara bergantian, dan proses install plugin sudah selesai.
  5. Sekarang di step terakhir ialah buka Chainfire 3D dan klik pada menu Fix Market Settings. Dan selamat ponselmu sekarang sudah bisa menjalankan game-game HD 😀

Bagaimana ? cukup mudah bukan. Untuk mengatur supaya bisa menjalankan game HD silahkan buka Chainfire 3D dan klik pada menu Default OpenGL settings Lalu klik pada Reduce Texture Quality dan atur juga Use Plugin dan pilih QUALCOMM. Jika gamenya masih lemot, coba klik juga pada menu Reduce Texture Size dan lihat perbedaannya. Setiap kali menandai opsi “Reduce” maka gambar game akan dikurangi kualitasnya supaya berjalan normal pada ponsel. Tenang saja untuk game 3D meskipun dikurangi masih tetap bagus. Dengan menggunakan Chainfire 3D kamu tidak akan pernah mendapatkan force close (terpental dari game). Untu itu silahkan nikmati setiap game yang ada. Untuk saran Saya cobalah game ini: Assasin Creed, Gangstar 2, The Sims 3, Metal SLug 3, Spiderman Total Mayhem, N.O.V.A.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 20 comments… add one }
  • aril August 6, 2017, 2:43 am

    Bang klo buat hp kitkat bisa gk ya takutnya boot loop

    • rrobyf August 7, 2017, 10:23 am

      Sebaiknya jangan, karena metode ini hanya untuk Gingerbread kebawah. Untuk KitKat, silahkan menuju artikel yang membahas aplikasi GL Tools pada website ini.

  • jjoy April 17, 2017, 10:13 am

    Sudah habis di reboot ,kok di buka lagi loading terus…

    • rrobyf April 17, 2017, 12:20 pm

      Maaf harus mengatakan ini, tapi ponselnya dalam situasi Bootloop. Pastikan melakukan cara diatas sesuai dengan perkataan Saya diatas bahwa jangan mencoba untuk ponsel diatas versi Gingerbread karena tidak akan cocok.

  • T4UR154 054M4 February 24, 2017, 3:43 am

    Kenapa chanfire 3d saya gak bisa waktu menekan instal tulisan nya space avaible padahal sudah root gimana ni,,mohon solusinya
    Saya mengunakan android lolipop hp evercoss a74a

    • rrobyf February 24, 2017, 11:27 am

      Maaf, Chainfire 3D hanya khusus untuk Gingerbread kebawah. Silahkan memakai GL Tools.

  • muhri September 25, 2016, 10:20 pm

    saya saat abis di reboot malah aplikasi chainfire 3D nya gk ada trus saat di instal ulang malah aplikasi cf3d keluar keluar sendiri tolong bantuannya hp saya galaxy mini gt s5570

    • rrobyf September 26, 2016, 10:34 am

      Bisa jadi aplikasinya tidak mendukung untuk ponsel tersebut.

  • isroy May 24, 2016, 8:01 am

    bang game apa aja yang berfungsi biar gak leg

    • rrobyf May 24, 2016, 11:09 am

      Untuk game, semua game pasti bisa diakali dengan aplikasi Chainfire, namun akan lebih terlihat efeknya pada game grafik 3D.

  • satrio May 7, 2016, 9:58 am

    Tanks gans lancar jaya gans di ram 256 maen gta sandreas gk leg hehehe mksi bnget

  • fajar aditya kurniawan March 25, 2016, 1:28 am

    gan kalo hp evercoss a5v. jelly bean bisa gk.saya takut nanti bootloop

    • rrobyf March 25, 2016, 7:17 am

      Tidak bisa karena sudah OS JB, maksimal gingerbread.

  • Edd March 23, 2016, 4:23 am

    Saya mengunakan hp kitkat dan hp saya bootlop. Dan hp saya sudah di root . Apa solusi nya ? (hp yang sudah di root apa bisa di flash ?) kira kira biaya flash berapa ya ?

    • rrobyf March 23, 2016, 7:51 am

      Tentu, semua ponsel yang sudah di root dan mengalami bootloop masih bisa dilakukan flash dengan menginstall ulang firmware. Kurang lebih tidak sampai 50rb di konter apabila hanya melakukan flash.

  • EkinNamikaze February 2, 2016, 6:09 am

    Makasih Gan Ini Sangat Berguna

  • my name January 12, 2016, 6:24 pm

    ko plugin nya ga bisa diinstal gan.

    • rrobyf January 13, 2016, 2:12 am

      Pastikan sebelumnya diextract dulu yang ada pada archive, bisa menggunakan ZArchivier.

  • fandi November 12, 2015, 2:32 am

    Tutor sudah sampai kehp reboot sendiri. Dan kemudian hp saya gk bisa hidup lg. Hidup tp menunya tdk muncuk. Jd bgaimna ni mas. Thx

    • rrobyf November 13, 2015, 5:30 am

      Boleh Saya tahu ponselnya apa ya ? Mohon diketahui cara diatas hanya dikhususkan untuk ponsel Android maksimal versi 2.3. Dan jika diatasnya tidak bisa. Untuk mengatasi hal tersebut yang dinamakan bootloop, harus diflash atau restore lewat CWM.

Leave a Comment